RSS

Sop Kimlo

Gue baru liat resep di kompas. Gue tertarik bikin sop kimlo yang dari Solo itu soalnya gue doyan ama makanan itu. Kalo dibaca keknya gampang kok, tinggal praktek aja.

Bahan:
1 ekor ayam, potong 4 bagian
2 ltr air
200 gr udang, kupas
10 bh bakso ikan, belah dua
50 gr sedap malam, rendam, tiriskan
50 gr jamur kuping, rendam, tiriskan
100 gr soun, rendam, tiriskan
2 bh wortel, iris melintang tipis
50 gr kapri
3 sdm margarin
3 bh bawang putih, cincang
6 bh bawang merah, iris tipis
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt garam
1 bh kaldu blok (bila suka)/gula pasir
1/2 sdt bunga pala

Cara membuat:
1. Masak air hingga mendidih, masukkan ayam, rebus hingga matang, angkat ayam, ambil dagingnya, potong dadu. Sisihkan. Biarkan kaldu ayam tetap dalam panci
2. Sedap malam dibuat tali simpul sisihkan. Jamur kuping, iris kasar, sisihkan
3. Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan udang, aduk hingga berubah warna, tuangkan kedalam kaldu panas.
4. Didihkan kembali kaldu, masukkan daging ayam, wortel, jamur kuping, bakso, dan sedap malam, masak terus hingga mendidih, masukkan lada halus, bunga pala, garam dan kaldu blok aduk rata, terakhir masukkan kapri dan soun, biarkan mendidih sebentar, angkat.

 

2 responses to “Sop Kimlo

  1. wanabuana

    April 20, 2010 at 4:23 pm

    setau saya Timlo bukan kimplo……
    bener ga yah….??
    biar salah sebut nama, semua mengakui makanan yang satu ini memang
    sedap sedap sedap

     
    • Wina Dahlan

      April 21, 2010 at 7:03 am

      Ada yang bilang Timlo ada yang nyebut Kimlo tapi maksudnya sama kok hehehe

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: