RSS

Aku vs Gue

17 May

Hometown gue ada dua, yaitu Surabaya dan Jakarta. Gue lahir dan besar di Surabaya selama 22 tahun. Trus gue pindah ke Jakarta demi mencari sesuap nasi seonggok berlian. Namanya pindah ke kota len, pastilah adaptasi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bahasa pergaulan, ada perbedaan yang mencolok di antar kota Surabaya dan Jakarta.  Khususnya dalam penggunaan kata pengganti orang pertama dan kedua (waduw, gue jadi inget pelajaran Bahasa Indonesia!). Kata ganti orang pertama di Surabaya pake kata “Aku”, sedangkan di Jakarta lebih suka pake kata “Gue”. Kata ganti orang kedua di Surabaya pake kata “Kamu” dan di Jakarta pake kata “Loe”. Kalo di Jakarta kata “Aku” dan “Kamu” khusus dipake buat orang pacaran ato dipake antar-anggota keluarga.

Makanya kalo di Jakarta lebih aman pake kata “Saya” kalo baru pertama kali kenalan. Trus kalo mo nyebut lawan bicaranya mending pake kata “Masnya” ato “Mbaknya” deh hehehehe…..

Beneran lho ini berdasarkan pengalaman pribadi gue. Ga lucu kan kalo baru kenalan, SKSD (sok kenal sok deket, red) pula dengan pake kata “Aku-Kamu” tapi dipandang aneh ama lawan bicara. Gue pernah tuh ngalamin kek gitu. Setelah gue tau masalah ini, gue baru nyadar makanya tatapan temen yang gue ajak kenalan dulu aneh. Mungkin mereka jijay ngeliat gue yang ber-“Aku-Kamu”, dipikirnya gue lebong kaleeeee……

Anyway, intinya gue mo ngasi tau bahwa di blog ini gue pake istilah “Gue” soalnya gue lagi tinggal di Jakarta. Kalo blog di friendster gue dulu masih pake kata “Aku” soalnya dulu masih tinggal di Surabaya. Setelah gue pindah di Jakarta pun gue masih pake kata “Aku” semata-mata untuk memepertahankan konsistensi penulisan (cieeeehh……).

Kalo suatu saat gue tinggal di Arab mungkin gue pake kata “Ana”. Kalo gue tinggal di Makassar mungkin gue prefer pake kata “Saya”. Kesimpulannya gue ngikut aja kebiasaan tempat gue tinggal.

 
2 Comments

Posted by on May 17, 2008 in announcement

 

2 responses to “Aku vs Gue

  1. adecede

    May 19, 2008 at 3:57 pm

    makasih ween buat bagi2 pengalaman pribadinya, sapa tau kita da di negeri antah berantah pastinya cerita pengalamanmu ini berguna banget. emang sih kita bisa aja bawa identitas diri asal kita, tapi ga sepenuhnya sesuai saat kita di tempat lain ato di negeri lain so ngikut aj kebiasaan ditempat kita sekarang. majemuk tetep aj majemuk, klo kita “satu” jadi bagian yang majemuk ga akan mati sama kemajemukan itu sendiri ya.
    last but not least, jangan sampai jadi kacang lupa kulit, hujan emas di negeri lain lebih enak dari pada hujan batu di negeri sendiri [hehehehe… ;)] sama2 sakitnya kena timpuk tapi yg satu cepet bikin kaya raya hahahaha….

     
  2. winadahlan

    May 19, 2008 at 5:29 pm

    Makasi banyak AC/DC (heheh can I call u dat?). Jangan kuatir aku masih tetep pake bahasa Jawa Suroboyoan kalo ngomong sesama orang Jawa. Apalagi ngomong ama temen satu kampung, pasti jargon Suroboyoan-nya keluar semua soalnya ga ada padanan kata Bahasa Indonesia yang pas hehehe…

     

Leave a Reply

 
