RSS

Proses Pembuatan Paspor – Hari I

22 Jun

Gue yakin bikin paspor dengan cara ngurus sendiri di Kantor Imigrasi lebih baik daripada pake jasa calo. Waktu normal yang dibutuhkan adalah tiga hari, yaitu pas hari I, hari III, dan hari V. Total waktu 5 hari untuk dapet paspor.

Gue mulai ngurus paspor hari Selasa, 17 Juni 2008. Meskipun KTP gue masih alamat Surabaya tapi gue ngurus paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Yang penting bawa persyaratan yang komplit dengan ngelampirin:
1. Formulir permohonan pake huruf cetak
2. Fotokopi KTP atau tanda bukti penduduk di suatu Negara bagi WNI yang tinggal di luar negeri
3. Fotokopi identitas diri berupa:
a) Akte kelahiran
b) Ijazah pendidikan terakhir
c) Surat nikah ato surat baptis
4. Surat keterangan permohonan paspor dari kantor bagi yang udah kerja
5. Surat keputusan ganti nama bagi yang pernah ganti nama
6. Bagi anak yang belum umur 17 taun pake ngelampirin:
a) KTP ortu
b) Surat nikah ortu
c) Surat pernyataan/izin dari ortu (ditandatangani di atas materai 6000)
d) Paspor ortu
7. Surat rekomedasi dari Depnaker bagi TKI
8. Buku pelaut, crew list, surat rekomendasi dari nahkoda atau agen perusahaan perkapalan bagi anak buah kapal (ABK).

Kalo orang pada umumnya yang bikin paspor kek gue, cukup bawa dokumen nomer 1,2,3 dan 4. Yang perlu diperhatiin adalah jangan lupa bawa dokumen aslinya. Petugas bakal ngecek data ke dokumen aslinya.

Prosedur pelayanan di hari pertama gini:
1. Isi formulir pendaftaran
Formulir pendaftaran diambil di loket formulir dengan bayar Rp7.000
2. Ambil nomer antrian
Ada touch screen buat cetak nomer antrian.
3. Kumpulin berkas (formulir dilampiri fotokopi persyaratan plus bawa yang asli juga donk) ke loket 2 ato loket 3 setelah nomer antrian kliatan di layar monitor
4. Kita bakal dapet tanda terima buat ambil berkas yang dikumpulin 2 hari lagi.

Simpel kan prosedurnya di hari pertama. Yang bikin nguji kesabaran tuh antrinya bo lama banget, terutama antri ngumpulin berkas biasanya makan waktu lama. Gue aja kesandung masalah pas ngumpulin berkas di Loket 3. Masalah surat rekomendasi dari kantor gue kena masalah. Petugas di Loket 3 namanya Yuni keknya rese’ deh. Katanya surat rekomen gue kurang detil. Padahal Diah, temen kantor gue yang barengan ngurus dan dapet antrian di Loket 2, ga masalah tuh ama surat rekomen. Surat rekomen kita kan sumbernya sama dan isinya juga sama persis (kecuali data diri la yauw). Ya sud lah gue ngalahin ngerubah isi surat balik ke HRD.

(to be continued)

 
Leave a comment

Posted by on June 22, 2008 in daily

 

Leave a Reply

 
