RSS

Proses Pembuatan Paspor – Hari III

24 Jun

Seharusnya gue balik hari Kamis, 19 Juni 2008. Karna surat rekomen gue belom jadi hari itu, gue baru balik ke Imigrasi besoknya, hari Jumat. Ada kabar buruk dari HRD bahwa surat rekomen gue ga bisa diubah jadi yang dimaksud Yuni soalnya itu dah standar global dari kantor gue. Ya sud lah gue harus bersilat lidah ama Yuni, lagian dari dulu kantor ngeluarin surat kek gitu a ada masalah. Diah aja yang persis barengan ama gue ngurusnya ga ada masalah.

Prosedur di hari ini:

  1. Serahin tanda terima di Loket 4 buat ditukerin ama berkas yang udah diproses. Karna berkas gue sempet bermasalah, surat rekomen gue diperiksa ama Yuni lagi. Gue bilang ama Yuni kalo surat rekomen Diah yang sama persis ama gue dan waktunya barengan ama gue, bisa lolos karma dia antri di Loket 2. Ini kan berarti beda personil beda standar donk. Yuni bilang surat rekomen ada standarnya. Gue tantangin kalo ada standarnya mana keputusan resminya dan mana contohnya. Dia langsung diem dan nyuruh gue nunggu. Abis itu gue dipanggil dan bisa dilolosin berkas gue. Dasar petugas rese’. Gue udah niat kalo berkas gue ga lolos hanya karna masalah kecil, gue bakal komplen lewat surat pembaca.

Kebetulan gue nonton acara Legal Voice di Metro TV hari Senin, 16 Juni 2008. Kata Pak Andi Mattalata, Menkum & HAM, kalo ada petugas imigrasi yang ga bener silakan dilaporin. Berdasarkan itu, gue berani-berani aja ngelaporin Yuni.

  1. Bayar pembutan paspor di loket lantai 2. Bayarnya cuman Rp270.000 doank kok. Ga mahal kan. Kalo lo pake jasa calo bisa 3 kali lipat bayarnya.
  2. Ambil nomer antri di Loket 6 buat foto biometric, sidik jari, dan interview.

Lagi-lagi gue kudu ngantri banget apalagi waktu itu hari Jumat jadi istirahatnya lebih panjang.

(to be continued)

 
Leave a comment

Posted by on June 24, 2008 in daily

 

Leave a Reply

 
