RSS

PT (tanpa titik) bukan PT. (dengan titik)

20 Aug

Gara-gara gue baca artikel di sini, gue jadi pengen nulis. Artikel itu ada dalam situs Depkeu. Sayangnya salah tulis. Gue geli aja liat tulisan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ditulis salah jadi PT. Telekomunikasi Tbk. (setelah PT ada titik dan setelah Tbk ada titik juga). Ini kan ga sesuai ama kaidah Bahasa Indonesia yang baek dan benar.

Kebetulan kerjaan gue ada hubungannya ngebuat report dan tulisan-tulisan yang harus sesuai ama kaidah penulisan yang baek dan benar, either in english or bahasa. Khusus untuk report gue pasti sangat peka dalam tulis-menulis nama perusahaan yang seharusnya ditulis PT xxx atao PT xxx Tbk bagi go public company.

Keknya kaidah ini ga begitu diperhatiin ama orang pada umumnya. Gue aja beberapa kali ngasi testi buat temen-temen di friendster yang nulis nama kantor mereka dengan cara PT. (pake titik). Jangankan temen-temen penulis ato dari karyawan perusahaan aja ga semua tau tentang ini. Yah contohnya yang nulis artikel di situs Depkeu tadi.

Bagi yang baca postingan gue ini dan sebelumnya demen nulis PT. (pake titik) pliz yah tolong diubah kebiasaannya. Gue ga segan-segan ngasi testi (bagi yang punta friendster) buat ngebenerin tulisan yang salah hehehehe piss!!

 
46 Comments

Posted by on August 20, 2008 in thoughts

 

46 responses to “PT (tanpa titik) bukan PT. (dengan titik)

  1. torret

    August 20, 2008 at 5:39 pm

    smangatt!!!

     
  2. Dani

    August 20, 2008 at 8:04 pm

    hidup pemberantas titik!!!

     
  3. adecede

    August 26, 2008 at 6:09 am

    ngomong2 tentang “titik” buat aku jadi rada sensi. gara-gara yang namanya “titik”, “titik suryani”. semuanya jadi berubah dalam hidupku, hancur kayaknya kata yg tepat lho…lho…aku kok jadi ngelantur gn ;P gpp mumpung ada media nulis gratis wekekeke…
    pisss….weeena baek kok ga bakal marah…hehehehe…
    btw klo “titik” penulisan ga bakal bikin aku sensi kok, hahaha…
    mesti belajar EYD lagi ya, abisnya aku kena audit dari PEMBERANTAS TITIK* (kata dani dibawah) hahahahaha…😀
    pissss….ngasih komen blognya weena yg lain ah… dadah ween…

     
  4. roby

    November 10, 2009 at 2:26 pm

    Saya juga belum lama ini tau kalau kaidah yang benar tanpa titik, sebelumnya saya berpatokan pada kaidah penulisan singkatan dimana harus ada titik setelahnya seperti Jl. a.n. Yth. dan sejenisnya, tapi rupanya untuk PT dan Tbk merupakan pengecualian tersendiri. Bisa tolong dijelaskan alasan mengapa tanpa titik, atau paling tidak contoh lain selain PT dan Tbk agar lebih dimengerti. terima kasih.

     
    • Wina Dahlan

      March 18, 2010 at 11:01 am

      Menurut EYD, tanda titik ga dipake di belakang singkatan kata yang terdiri atas huruf-huruf awal kapital. Thus, penulisan singkat Perseroan Terbatas yang benar adalah PT (tanpa tanda titik).

       
  5. SOSOOSOSO

    December 8, 2009 at 3:56 pm

    Boleh tanya donk, kl nulis tbk di bagian akhir pk titik juga ga kl itu judul?
    ky gini bener?

    Analisis Keuanggan PT Telkom, Tbk. Tahun 2006

     
    • Wina Dahlan

      March 18, 2010 at 11:03 am

      Seperti yang saya tulis di atas, kalo perusahaan go public nulisnya kek gini: PT xxx Tbk
      Ga perlu pake koma (,) di depan Tbk dan titik (.) di belakang Tbk

       
  6. ANAK GAUL

    March 11, 2010 at 8:44 am

    terima kasih

     
  7. shynta

    May 20, 2010 at 5:51 pm

    Sorry Mbak, sourcenya untuk penulisan PT xxxxx Tbk ini (tanpa titik dan koma) dapat dari mana ya? Karena kebetulan saya perlu banget. Terimakasih.

     
    • Wina Dahlan

      May 24, 2010 at 6:33 am

      Kalo source pastinya saya kurang tau yah. Yang jelas itu ilmu udah saya dapetin waktu belajar di bangku sekolah dan aplikatif waktu saya kerja jadi auditor. Mungkin Shynta bisa cari sendiri di buku pelajaran Bahasa Indonesia.
      Semoga bisa membantu.

       
      • Leo

        January 21, 2014 at 3:08 pm

        Quote “Kalo source pastinya saya kurang tau yah”
        Jangan pake kebiasaan aja ya atau merasa udah bener…😉 harus ngikutin PERATURAN
        MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
        REPUBLIK INDONESIA

        NOMOR 46 TAHUN 2009

        TENTANG

        PEDOMAN UMUM
        EJAAN BAHASA INDONESIA
        YANG DISEMPURNAKAN

        Quote “Menurut EYD, tanda titik ga dipake di belakang singkatan kata yang terdiri atas huruf-huruf awal kapital. Thus, penulisan singkat Perseroan Terbatas yang benar adalah PT (tanpa tanda titik).” yang ini udah benar (periksa II.H.b)

        Untuk Tbk. (periksa II.H.c.1)

         
  8. goran

    September 22, 2010 at 8:35 pm

    Bagaimana dengan singkatan di alamat seperti:
    Jl. Abdul Muis no 3 dan
    Jl. Jend Sudirman kav 56-58
    Setelah no dan kav, harusnya ada titik kah?
    dulu sepertinya ada titik, sekarang semakin jarang.
    Yang benar yang mana?

    Trima kasih

     
    • Wina Dahlan

      September 23, 2010 at 12:26 pm

      Menurut saya yang benar:
      Jl. Abdul Muis No. 3
      Jl. Jend. Sudriman Kav. 56-58

       
      • Abah Etet

        June 20, 2013 at 3:22 pm

        singkatan “jalan” yang benar adalah “jln.”

         
  9. Ddeani

    September 7, 2011 at 2:17 pm

    mau tanya dong ka .
    Untuk kalimat
    1. Ibnu telah memapankan sistem baru dalam penyelidikan ilmiah, sehingga ahli sejarah mencatat ia sebagai “ilmuwan pertama di dunia”.
    2. Prof. Dr. Sartono -ahli geologi kuarter- mengajar di Fakultas Pascasarjana
    tanda baca yang tepatnya bagaimana ya ka ?

    terima kasih

     
  10. Wina Dahlan

    September 7, 2011 at 3:26 pm

    1. Ibnu telah memapankan sistem baru dalam penyelidikan ilmiah sehingga ahli sejarah mencatat ia sebagai ilmuwan pertama di dunia.
    2. Prof. Dr. Sartono, ahli geologi kuarter, mengajar di Fakultas Pascasarjana.

     
  11. iqeqo789

    September 23, 2011 at 11:28 am

    Ibu Wina Dahlan,,,

    Spertinya ibu mahir sekali dalam masalah EYD,,,boleh minta tolong untuk mengkomentari format salah satu dokumen di kantor saya? Sapa tahu ada tambahan / koreksi yang bagus dari Ibu,,,

    Klo bersedia saya minta alamat emailnya,,, Gak banyak koq,,, paling cuman dua / tiga lembar F4 dokumennya… Nanti saya emailin…

    Terima Kasih🙂

     
  12. Bas

    October 13, 2011 at 10:14 am

    untuk penulisan nomor surat dalam kalimat / paragrap yang manakah yang benar?

    Sesuai surat saudara Nomor : xxx/111/sss/2011 tanggal 12 Oktober 2011, bla bla bla…

    apakah “Nomor :” atau “Nomor:” atau “Nomor” atau “nomor:” atau yang lainnya?

    kemudian setelah tanggal 12 Oktober apakah harus diberi tanda koma atau tidak?

     
    • Wina Dahlan

      October 25, 2011 at 12:54 pm

      Sesuai surat Saudara Nomor: xxx/111/sss/2011 tanggal 12 Oktober 2011, bla bla bla.

       
  13. agungh

    November 22, 2011 at 12:17 pm

    Mbak Wina,
    Kalau menurut EYD, singkatan kata yang berupa gabungan huruf diikuti dengan tanda titik (contohnya jml., kpd., tgl.,). Kalau Tbk itu apakah tidak termasuk dalam singkatan kata yang berupa gabungan huruf? Apakah tidak seharusnya ditulis dengan Tbk. (dengan tanda titik)?

    Mohon advice-nya. Trims

     
    • Wina Dahlan

      November 22, 2011 at 12:41 pm

      Iya juga sih tapi prakteknya pada kerjaan saya tanpa titik. Prakteknya kalo nulis kan tanpa titik juga, misal: ” Apakah itu yg (tanpa titik) kau maksud?.”

       
  14. andiky

    February 2, 2012 at 2:47 pm

    Bagaimana jika di akta notaris ditulis PT. Xxxxx bukankah kalau di akta perusahaan yg ditulis merupakan suatu nama perusahaan?

    Artinya kalau sudah ditulis di akta seperti itu apakah kita merubah sendiri menjadi PT Xxxxx (tanpa titik) ? Sehingga secara hukum bisa dikatakan perusahaan yg berbeda?

    Mohon penjelasan, tks.

     
  15. Rani

    July 2, 2012 at 2:15 pm

    makasiih infonya..
    saya juga termasuk yang suka geregetan kalo ada penulisan yang tidak sesuai EYD, ya contohnya kaya penulisan PT. kadang ada orang yang susah dikasih tahu, udah salah, malah ngotot. haha😀
    oke deh..

    Hidup bahasa Indonesia..
    Bahasa mencerminkan Bangsa🙂

     
    • lusiany

      July 31, 2012 at 9:58 am

      sepengetahuan saya penulisan yg benar untuk singkatan PT itu adalah:
      1. PT (tanpa titik); atau
      2. P.T. (kalau mau pakai titik)

      Sedangkan penulisan Tbk yg saya dapat pelajari dari dulu adalah …, Tbk. (pake koma dan titik)

      Jadi hasilnya: PT Berkarya Mandiri Sentosa, Tbk.

      Pls advise yach…

      Tq

       
    • Wina Dahlan

      August 13, 2012 at 7:04 am

      Tetap semangat!

       
  16. ninda

    July 31, 2012 at 12:34 pm

    ternyata selama ini saya menulisnya salah.
    seharusnya tanpa titik bukan menggunakan titik.
    terimakasih…

     
    • Wina Dahlan

      August 13, 2012 at 7:04 am

      Sama-sama🙂

       
  17. cisaomora

    August 8, 2012 at 5:55 pm

    Wah tulisan PT trus pake titik tuk dah mewabah kemana – mana kalau di ibarat kan penyakit kangker itu udah stadium akhir.

     
    • Wina Dahlan

      August 13, 2012 at 7:04 am

      Yoi

       
  18. Reno S. Anwari

    September 1, 2012 at 9:37 am

    Pedoman lengkapnya bisa dibaca di sini:
    http://id.wikisource.org/wiki/Pedoman_Umum_Ejaan_Bahasa_Indonesia_yang_Disempurnakan

    Semoga semua dapat berada di jalan yang lurus dan benar😀

     
  19. aan

    October 15, 2012 at 1:13 pm

    maish bingung penulisan singkatan “jalan” yang bener

     
  20. admirador secreto

    October 28, 2012 at 11:19 pm

    bu saya mau nanya…
    singkatan dari tbk itu sendiri apa sih ?
    hatur nuhun sateuacana🙂

     
    • Wina Dahlan

      October 29, 2012 at 6:19 am

      Terbuka

       
  21. Buddy

    November 29, 2012 at 4:18 pm

    lebih mantap lagi dari ini linknya :

    http://www.sisminbakum.go.id/berkas/pp43-2011.pdf

     
  22. Ririz

    December 19, 2012 at 10:51 am

    Mbak win saya mO nanya ne,,kalau setelah Tbk tu ada kalimat lagi,mis :
    PT TELKOM Tbk Divre 1 Sumatera.
    Atau PT TELKOM Tbk adalah…
    Nah..ntu,,
    Apakah perlu dberi tanda titik koma mbak win setelah Tbk nya!!
    Trus lau penulisan jalan,mis:
    Jln.Prof.H.M.YAMIN No.2 MEDAN
    2)Apakah setelah titik itu diberi spasi satu kali atau tidak.
    3)Trus dalam penulisan gelar apakah benar jika penulisan’y seperti ini:
    Hj.Hafsah, SE., M.si., selaku Dosen…
    ( apakah setelah SE,atau M.si tu diberi tanda titik koma )atau penulisan yg bEnar kyak gmana ea mbak,,tOlong d jwab ea mbak..THANKS mbak win…

     
  23. Arif Susanto

    January 25, 2013 at 11:10 am

    Pasal 8 dalam PP 43/2011 tentang tata cara pengajuan dan pemakaian nama perseroan terbatas mencantumkan:

    (1) Pemakaian Nama Perseroan harus didahului dengan frase “Perseroan Terbatas” atau disingkat “PT”.

    (2) Bagi Perseroan Terbuka selain berlaku ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pada akhir nama Perseroan ditambah singkatan “Tbk”.

    (3) Bagi Perseroan Persero selain berlaku ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah penulisan kata “Persero”.

    Dari peraturan pemerintah ini dapat disimpulkan bahwa singkatan “perseroan terbatas” ditulis “PT”, bukan “PT.”, “P.T.”, atau “P.T”. Ini sejalan dengan penjelasan dan contoh yang tertera dalam bagian “Singkatan dan Akronim” Pedoman EYD:

    Singkatan nama resmi lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, badan atau organisasi, serta nama dokumen resmi yang terdiri atas gabungan huruf awal kata ditulis dengan huruf kapital dan tidak diikuti dengan tanda titik.

    Kata “Persero” ditulis dengan diapit tanda kurung setelah singkatan “PT” dan nama perusahaan. Aturan ini dapat dilihat pada pasal 12 ayat 1.b dalam PP 45/2005 tentang pendirian, pengurusan, pengawasan, dan pembubaran Badan Usaha Milik Negara yang mencantumkan:

    Penulisan nama Persero dilakukan sebagai berikut: … dalam hal penulisan nama Persero dilakukan secara singkat, maka kata “(Persero)” dicantumkan setelah singkatan “PT” dan nama perusahaan.

    PP 43/2011 menunjukkan bahwa singkatannya adalah “Tbk” tanpa tambahan titik di belakang. Daftar perusahaan tercatat pada situs Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan bahwa pola umum penulisan perusahaan persero terbuka adalah “PT … (Persero) Tbk”. Situs-situs perusahaan tersebut pun umumnya menggunakan pola penulisan yang sama, yaitu singkatan “Tbk” ditulis paling belakang, tanpa tanda koma sebelumnya, dan tanpa tanda titik setelahnya.

    Nah, singkatan “Tbk” ini agak membingungkan. Pedoman EYD menyatakan bahwa, “Singkatan kata yang berupa gabungan huruf diikuti dengan tanda titik.” Bila mengikuti Pedoman EYD, singkatan “Tbk” perlu diikuti oleh tanda titik, sama halnya dengan singkatan “No.” (nomor).

    Saya pikir sebaiknya kita menuruti kebiasaan umum dan tidak mengikuti ketentuan pemberian titik di belakang singkatan “Tbk” dalam Pedoman EYD. Jadi, contoh penulisan nama yang benar adalah:

    PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk
    PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk

    Sumber : http://iknow.apb-group.com/pt-persero-tbk/

     
  24. Jual Mesin

    February 6, 2013 at 4:59 pm

    Saya juga sering banget nemu org yang salah nulis PT

     
  25. snippetjournal

    April 29, 2013 at 2:37 pm

    artikel nya membantu sekali thx

     
  26. P. Paul J.

    May 31, 2013 at 1:09 am

    Bagaimana dengan tulisan PT atau CV dibelakang nama perusahaan,apakah diperkenankan jika itu tercetak sebagai Kop Surat? bagaimana hukumnya?
    contoh: MAJU JAYA pt. atau SUMBER MAKMUR cv.
    Mohon pencerahan. terima kasih

     
  27. TariMAN

    October 28, 2013 at 6:14 pm

    Tq infönya sangat bermanfaat sekali.
    Semangat berantas titik:D

     
  28. Leo

    January 21, 2014 at 2:56 pm

    Baru nemu nih, saya kira Anda juga salah. Tbk maksudnya terbuka kan? Akronim kan? Jadi sesuai EYD harus Tbk. (pake titik)

    PP 43/2011 tidak boleh menjadi acuan untuk penulisan yang sesuai EYD, dia hanya mengatur penyingkatan-penyingkatan akan tetapi masalah sudah sesuai atau belum dengan EYD ya harus mengikuti kaidah EYD itu sendiri.

     
  29. SkripsiLover

    March 24, 2014 at 7:01 am

    yang betul adalah “PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.”

    sehabis Tbk, PAKE TITIK. soalnya itu adalah gabungan honey. bukan akronim.

     
  30. ramlee

    June 11, 2014 at 10:07 am

    wew

     
  31. ramlee

    June 11, 2014 at 10:09 am

    yang begini diributin, hari ini benar besok belum tentu bener. ganti pemimpin ganti aturan ganti kebijakan
    mo pakai titik ataau ga , ga ada yang salah. zaman dulu pakai titik adalah sesuatu yang benar,.sekarang jadi salah kan manusia aturan nya rubah terus

     
    • Wina Dahlan

      June 19, 2014 at 1:05 pm

      Iya betul sekali. Itu kan tulisan saya beberapa taun lalu. Kalo sekarang beda ya mohon maaf.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: