RSS

Deplu Stuffs: Kalo Gue Jadi Diplomat Wanita

21 Aug

Dalam rangka peringatan ultah Deplu tanggal 19 Agustus 2002 diadain Foreign Policy Breakfast. Presiden SBY juga dateng ke acara itu. Yang menarik bagi gue tuh sambutan Menlu Pak Hassan Wirajuda yang sedikit nyinggung banyaknya diplomat wanita sekarang ini. Bahkan, diramalin (sejak kapan Menlu ngerangkap jadi peramal yak?) 20 taun ke depan dubes Indonesia tuh wanita yang dominasi. Selengkapnya sambutan Menlu bisa dibaca di sini. Yuk mari!!

Emang sekarang Deplu lebih ngasi kemudahan buat diplomat wanita. Yang gue tau ada peraturan dari Deplu sejak taun 2004 ngatur tentang pasangan suami istri yang sama-sama diplomat. Peraturannya istri harus ngikut suami tugas dan bisa ngambil cuti di luar tanggungan. Well, rada ga adil juga siy kalo istri wajib ikut suami. Gimana kalo seandainya sang suami lah yang sekali-sekali pengen ikut istri? Trus ga enaknya lagi bisa cuti tapi di luar tanggungan. Unpaid leave kali yah istilah di kantor gue. It means penghasilan berkurang dunk. Menurut gue mungkin peraturannya gitu soalnya bisa jadi dah ada tunjangan sendiri buat keluarga (istri dan anak-anak) diplomat. Tunjangannya keknya gede deh hehehehe.

Gue jadi inget pengalaman gue taun lalu yang nyaris jadi diplomat wanita wekekekek. Believe it or not, taun lalu gue ikutan tes Deplu untuk jadi PDK (Pejabat Diplomatik dan Konsuler) dengan semangat bonek iseng-iseng berhadiah wekekeke. Siapa tau gue bisa jadi diplomat which I thought it was really impossible. Bisa jadi juga gue ga jadi diplomat tapi justru dapet jodoh diplomat wekekeke *impian traveler yang pengen traveling gratisan mode on*

Anyway,  gue sempet dikasi info ama temen deket, yang kebetulan emang layak ketrima di Deplu jadi PDK, kalo ikutan tes ini ga usah belajar. Kuncinya cukup satu, yaitu ngikuti berita (khususnya isu internasional) selama setaun terakhir dan aware ama hal-hal yang bakal terjadi setaun ke depan. Gue yang dasarnya emang demen baca koran jadi nambah porsi nonton berita di tipi-tipi, including Dunia Dalam Berita TVRI (kalo ini rada terpaksa siy secara channel yang paling jelas di kosan emang TVRI ;P).

Dengan nothing to lose, gue lolos seleksi administrasi ke tes tahap  kedua which was written test. Selama ngerjain gue senyum-senyum mulu. Senyumnya senyum ga bisa dan ngerasa konyol. Gue jawab sekenanya lah. Pokoknya waktu itu gue bener-bener pengen bisa keluar dari sana.

Ternyata eh ternyata gue lolos bo!! Kok bisa? Well, mungkin gue punya bakat terpendam jadi diplomat kali (geer mode on). Tes selanjutnya adalah TOEFL. Keknya TOEFL gue di atas 550 jadinya gue lolos deh. Sumpah gue bener-bener ga nyangka soalnya waktu ngerjain gue sempet rada tidur-tidur ayam secara abis lembur mampus gue.

Pas tes terakhir niy banyak rangkaiannya. Pokoknya total empat hari. Gue asli dari awal tes secara psikolog gue ga sehat. Bukan berarti gue dah gila yah tapi gara-gara omongan temen deket gue yang di Deplu duluan itu. Gue ga tau ucapannya emang sengaja ngintimidasi gue ato cuma ngasi wacana ajah, yang jelas gue jadi pikir-pikir. Katanya, biasanya jadi diplomat wanita tuh biasanya ga bakal merit alias ga bakal punya suami. Para pria kan biasanya suka jiper kalo liat wanit ayang ‘levelnya’ di atas si pria sendiri. Rite, guys??

Eventually gue dah bisa ngendaliin emosi dan psikologi gue. Gue inget, masalah lahir, jodoh, dan mati kan udah ditentuin ama Allah SWT sebelum kita diciptain. Tiga hal itu dah tertulis di dalam kitab Lauhul Mahfudz. Jadi kesimpulannya, jodoh bukan di tangan Deplu kan??!!! Walhasil, gue masih ditakdirin jadi auditor kok alias ga dapet PDK itu wekekeke. It’s ok I’ve learnt a lot ever since.

Anyway, seandainya gue taun lalu dah mulai bisa jadi diplomat gue nyante ajah. Maksudnya, gue dah ga terpengaruh ama isu-isu wanita karier, including diplomat, biasanya ‘ga laku’. Lagian gue sendiri dah punya prinsip as long as I’m single, I can achieve whatever I want. Kalo dah berkeluarga baru lah gue gpp ngorbanin karir (glass ceiling syndrom deh). Kalo gue jadi diplomat wanita dan ternyata suami gue bukan diplomat, gue dengan sukarela bakalan brenti somday. Ga mungkin kan suami gue yang ikut gue tugas keliling dunia dan dia nikmatin tunjangan suami diplomat dari negara. Kalo gue jadi diplomat wanita dan dapet suami diplomat juga, dengan senang hati gue ambil cuti di luar tanggungan asal bisa get together with my hubby. Gue ga mempermasalahin peraturan dari Deplu itu. Inti dari nikah kan membentuk keluarga sakinah mawaddah warrahmah. Buat apa nikah long distance, rite?

 
7 Comments

Posted by on August 21, 2008 in happening

 

7 responses to “Deplu Stuffs: Kalo Gue Jadi Diplomat Wanita

  1. rikawardhani

    August 21, 2008 at 2:29 pm

    Setuju bgt ma prinsip “masalah lahir, jodoh, dan mati kan udah ditentuin ama Allah SWT sebelum kita diciptain. Tiga hal itu dah tertulis di dalam kitab Lauhul Mahfudz. Jadi kesimpulannya, jodoh bukan di tangan Deplu kan??!!!” emang nyah yg nentuin jodoh Deplu?!?!hehehe…

     
  2. torret

    August 21, 2008 at 10:53 pm

    stuju juga win, & nambah lagi, kalo pekerjaan juga salah satu jodoh buat kita. cmiiw:)

     
  3. disty

    August 22, 2008 at 4:07 pm

    Iyalah.. obsesi sih boleh dan sah2 aj.. tp yang terpenting harus diingat banyak hal yg lebih penting drpd karir, karir, dan karir, apalagi wanita🙂

     
  4. Trisna Utamasari (@trisndut)

    December 31, 2011 at 3:21 pm

    pengen jd diplomat
    kk share lagi dong

     
  5. khansa

    April 26, 2012 at 9:14 am

    setuju banget kaka.. klo dah berkeluarga, itu yg utama..
    ijin buka2 rumahnya ya..😉.. salam kenal..

     
  6. cornel

    May 5, 2014 at 10:55 pm

    kak,boleh tanya gak kayak gimana tipe2 soal tes tesnya?dari tes pertamanya gmn terus yang tes written and last test nya?aku penget banget jadi diplomat soalnya..hehehe

     
    • Wina Dahlan

      May 16, 2014 at 12:58 pm

      Soal tesnya tentang pengetahuan umum misal UN, ASEAN, dan kejadian aktual setaun belakangan. Kalo kamu rajin ngikutin berita, pasti bisa jawab. Trus ada juga TOEFL dan tes pengetahuan IT. Terakhir pasti interview ama diplomat beneran (dan mantan diplomat kalo ga salah). Kuncinya pede, tegas, analitis, dan jawabnya tentu pake bahasa Inggris donk. Good luck!

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: