RSS

Outing Anak Jalanan & Kaum Dhuafa: Kembali Ke Kampung

26 Aug

Hari Minggu tanggal 24 Agustus 2008 jam 5 subuh gue dah cabut ke Sekar Pedongkelan. Hari itu gue dampingi anak-anak ke acaranya Kelompok Kerja Sosial (KKS) Melati. Acaranya berjudul Outing Anak Jalanan & Kaum Dhuafa dengan mengungusung tema Kembali Ke Kampoeng. Konsep acaranya ngundang 13 anak dari masing-masing tujuh rumah singgah buat outing dengan memperkenalkan praktek kehidupan di pertanian. Lokasinya ada di Kampung 99, Depok.

Sebelum acara dimulai, anak-anak dikasi sarapan dulu. Trus anak-anak dibagi dalam empat kelompok, which were kelompok Cangkul, Alu, Bajak, dan Tanam,  yang terdiri dari 3-4 anak dari masing-masing rumah singgah. Tujuan anggota dicampur supaya anak-anak lebih berinteraksi dengan temen-temennya dari rumah singgah yang laen. Selama acara mereka kan terlibat dalam games yang membutuhkan kerjasama yang baek antaranggota. Gue sendiri jadi Relawan Pendamping (RP) kelompok Bajak ama Putri. Tim Bajak terdiri dari 22 anak.

Games yang di pagi hari anak-anak diajak memasuki ke empat wahana secara gantian. Kelompok bajak kebagian wahana pertama membajak sawah. Anak-anak seneng bisa membajak pake kebo beneran. Kedua, anak-anak diajarin menanam padi. Gue sendiri dapet ilmu kalo nanam padi pake ukuran. Ukurannya pake “penggaris” yang terbuat dari bambu/kayu yang dibikin mirip penggaris gede. Ketiga, anak-anak diajak banyak-banyakan nangkep ikan. Alhamdulillah tim Bajak megang rekor nangkep ikan paling banyak sejumlah 101 ikan. Sebelum memasuki wahana keempat, anak-anak wajib mandi dan ganti baju biar bersih. Wahana keempat adalah membuat cincau. Gue bisa metik pelajaran juga sebenernya bikin cincau itu gampang. Gue pengen deh nanem pohon cincau supaya gue bisa bikin cincau alami dan bisa dijual juga😀

Ishoma siang kita smua duduk di pinggir sawah sambil makan bersama. Trus acara diisi acara sante dengan nyanyi-nyanyi. Kebetulan salah satu anak gue dari Sekar, Laila, bawa gitar dan ngegenjreng lagu-lagu yang happening so smua ikutan nyanyi. Smua pada kagum dengan kemampuan nggenjreng gitar cewek pengamen ini.

Acara berikut anak-anak disuruh bikin yel-yel. Yel-yel yang paling bagus bakal dapet hadiah. Gue yakin tim Bajak bakal menang soalnya anak-anak nyanyi pake gaya dengan ngerubah lirik lagu Becak jadi gini:

Kami ada di sini
Di tim Bajak
Belajar berprestasi 
Bermain berkreasi
Siapa mau pintar
Ayo gabung di tim Bajak
Bajak
Bajak
Oh Yes
Salah satu anak treak: BAJAK!!
Yang laen nyahut: Peace, Love, and Gaul!!!

Alhamdulillah kenyataannya anak-anak menang🙂

Acara berikutnya adalah LKA (Lembar Kerja Anak). Anak-anak disuru jawab soal-soal yang berkaitan ama kegiatannya seharian tadi. Yang dapet nilai paling bagus pasti dapet hadiah donk. Sayangnya, anak-anak gue belom bisa menang.

Acara terakhir adalah acara kreasi dari masing-masing rumah singgah trus baru deh pengumuman para pemenang. Smua kegiatan kelar sore. Anak-anak dan para RP kliatan banget capek tapi seneng bo. Sebelum pulang, anak-anak dikasi sangu berupa ikan. Ikan ini buat ajang belajar anak-anak biar bisa memelihara sesuatu dengan baek. Semoga bermanfaat deh🙂

 
1 Comment

Posted by on August 26, 2008 in daily, Rumah Singgah Sekar

 

One response to “Outing Anak Jalanan & Kaum Dhuafa: Kembali Ke Kampung

  1. disty

    August 26, 2008 at 10:18 am

    Wah enak jg ya win…
    Semoga mereka bs menjadi manusia2 yg bisa menggenggam dunia tp hanya Alloh yg bertahta di hatinya,amin

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: