RSS

KPU Keliling Dunia

02 Sep

Gue kaget baca judul itu di media online pagi ini. Yang terlintas pertama kali di pikiran gue begitu baca judul itu gini, ngapain yah KPU dinas ke luar negeri? Apakah mungkin cari-cari alesan skalian berlibur gitu yah? Yang jelas menurut gue kerjaan KPU di dalem negeri masih buanyak banget yang harus dislesein.

Setelah gue perdalam berita itu, ternyata KPU mo sosialisasi soal pemilu di luar negeri. Emang bener siy ada sebagian WNI yang tinggal di luar negeri. Sosialisasi emang perlu banget siy, tapi menurut hemat gue ga perlu lah personil KPU heboh pergi melakukan kunjungan ke 14 negara pula. Anehnya, ada beberapa kota kek Cape Town yang ga begitu banyak WNI justru dikunjungi. Sedangkan Hongkong yang lebih banyak WNInya justru luput dari rencana kunjungan. Gue jadi penasaran apa dasar mereka ambil sampling 14 negara itu. Seharusnya pake cara audit sampling kan lebih jelas mengutamakan daerah yang material pengaruhnya.

Gue setuju ama pendapat Pak Jeirri Sumampouw, Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), lebih baek KPU mentingin sosialisasi dalam negeri dulu. Kan masih banyak penduduk di daerah terpencil yang belom familiar ama pemilu 2009. Lagian sebagian besar pemilih kan emang tinggal di Indonesia kita tercinta.

Kalo pun urgent banget sosialisasi di luar negeri, KPU cukup ngasi SK. Pelaksanaan teknis didelegasiin ama KBRI ato KJRI setempat lah. Kalo KPU sendiri yang pergi ke masing-masing negara, bisa membengkak tuh budget yang dipake. Tim KPU yang pergi ke luar negeri kan terdiri dari 8 orang. Itu belom staf dari departemen-departemen yang berkaitan mesti ikut, kek Deplu dan Depkum&HAM. Gue sebagai rakyat jelata ga rela duit negara dipake dinas yang mengada-ada.

 
2 Comments

Posted by on September 2, 2008 in happening

 

2 responses to “KPU Keliling Dunia

  1. dnial

    September 2, 2008 at 1:33 pm

    Pil KB bisa menunda lho Win…
    Layak dicoba…😀

     
  2. dnial

    September 2, 2008 at 1:38 pm

    Wups… salah comment, yang di atas dihapus saja.😀

    Komennya adalah :
    Sekali2 Win…
    Jadi KPU plg cuman 5 tahun, masak nggak boleh ke LN.

    Refeshing setelah mentelengi daftar Caleg segitu banyaknya, trus verifikasi parpol2, jalan2 lah mereka.

    Bayangkan harus melakukan itu semua, ya udah sekarang, liburanlah mereka. Dan ke KBRI mbikin panitia di LN sebagai bonus.

    Lumayan kan?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: