RSS

Laskar Pelangi, Inspirational Movie

28 Sep

Jumat malem tanggal 26 September 2008 gue janjian ama Anton Jemblunk dan Rosyid nobar di TP XXI. Gue ngajak A nonton juga secara gue dulu dah janji nraktir nonton Laskar Pelangi kalo di Surabaya.

Sebenernya gue belom baca novel Laskar Pelangi tapi gue penasaran ama filmnya. Gue denger banyak yang bilang film besutan Riri Reza ini pasti bagus. Gue baca majalah Cita Cinta rekomennya juga oke banget regardless kita dah baca ato belom novelnya. Apalagi ceritanya sarat makna secara berdasarkan kisah nyatanya Andrea Hirata, si penulis novel.

Cerita filmnya tentang 10 anak miskin yang sekolah di SD Muhammadiyah. Sekolah ini jauh dari keadaan layak di Pulau Belitung, Sumatera Selatan. Mereka dibimbing belajar ama guru muda yang cantik, Bu Muslimah, yang yakin akan kemampuan mereka buat meraih kehidupan yang lebih baek. Bu Muslimah ini manggil mereka dengan sebutan Laskar Pelangi secara mereka suka ngeliat pelangi pas nongkrong di pinggir sungai.

Gue terharu banget begitu mereka bisa ngalahin sekolah elit pas acara karnaval. Dengan perlengkapan seadanya plus kreativitas Mahar si murid nyentrik, mereka berhasil ngasi tontonan yang out of the box. Gue salut juga ama kepintaran Lintang si jago matematika (I wish I could be that genius!!) yang bisa bawa kemenangan SD Muhammadiyah menang lomba cerdas cermat. Tangis gue pecah pas adegan Lintang ga pernah ketemu ayahnya lagi untuk selamanya kelar cerdas cermat itu. Untung nontonnya malem bo soalnya kalo siang bisa-bisa puasa gue batal gara-gara nangis.

Selama nonton film ini, gue inget ama murid-murid gue di Rumah Singgah Sekar Pedongkelan. Gue belom bisa sepenuhnya kek Bu Muslimah yang mendedikasikan waktunya penuh buat ngedidik anak-anak miskin. Yang pasti gue yakin mendidik anak-anak miskin itu investasi. Priceless investment. Gue bisa ngasi ilmu, ngarahin mind-set mereka supaya bisa memperbaiki nasib mereka, dan ngajari hal-hal baru bagi mereka merupakan kenikmatan tersendiri. Insya Allah itu bisa jadi amal jariyah buat gue sendiri. Lagian kalo berhasil, secara ga langsung juga bisa membawa perbaikan kepada lingkungan anak-anak dan bangsa ini. Amin.

Wajah pemeran Lintang mirip ama salah satu murid gue, Jaji. Jaji ini lebih pinter daripada temen-temennya. Ada juga beberapa anak yang gue pikir punya potensi maju either di akademis dan kesenian. Gue jadi beranda-andai kalo saja anak-anak didukung ortunya konsen belajar aja, tanpa disuru nyari duit tambahan (baca: ngamen dan ngemis), Insya Allah mereka bakal bisa bikin maju keluarganya kok. Duh, gue jadi kangen ama anak-anak. Pengen deh ngajak mereka nonton film Laskar Pelangi. Siapa tau mereka jadi lebih termotivasi buat belajar.🙂

 
4 Comments

Posted by on September 28, 2008 in happening, movie, Rumah Singgah Sekar

 

4 responses to “Laskar Pelangi, Inspirational Movie

  1. outofthemind

    September 29, 2008 at 9:12 am

    Wah……
    hebat juga Ibu satu ini….
    kayaknya seru juga ngajak mereka nobar LP ini
    itung-itung hadiah lebaran bu…🙂

     
  2. Wina Dahlan

    September 29, 2008 at 2:56 pm

    @Rifqa: Biar ga repot, nonton DVD aja di Rumah Singgah.

     
  3. outofthemind

    September 29, 2008 at 4:44 pm

    Win, kalo mau naruh jadwal di wp.com, aku sih ga yakin, soalnya bentuk kodenya dalam bentuk frame. kayaknya sih enggak bisa. Enggak butuh kode2 html kok, kalo mo pake mesin wp sendiri, tinggal sewa hosting, yg gratisan ajah, trus download theme yang kamu mau, udah deh, utak-atik dikit, dah jadi kok🙂

     
  4. torret

    September 30, 2008 at 11:08 am

    LP yah…
    wis, ga komen macem2 deh;p

     

Leave a Reply

 
