RSS

Obama by Landslide & Krisis Finansial

09 Oct

Begitu gue liat artikelnya Bang Wimar yang ini, gue jadi inget berita yang pernah gue liat di TV. Berita itu gue denger pas gue membuka mata pertama kali di taun baru 2008. Biasalah kalo dah masuk new year’s eve celebration pasti ada ramal-meramal. Berita itu ngelaporin ada cenayang asal Prancis (gue ga tau namanya) yang ngeramalin Obama bakal jadi next president of USA. Honestly gue waktu itu gue ga percaya secara waktu itu Hillary Clinton masih dominant di Partai Republik. Lagian gue juga baru denger nama Barack Obama. Tapi, gue sempet mempertimbangkan ramalan cenayang itu (but it doesn’t mean that I’m into psychic stuffs like that!) secara dia punya ‘prestasi’ ngeramal Nicolas Sarkozy jadi presiden Prancis. And indeed it did come true eventually.

Sekarang, 10 bulan setelah ramalan itu gue jadi makin yakin Obama bisa jadi menang telak atas McCain. Dengan penampilan karismatik dan bekron pribadi yang ‘unity in diversity’ which I think it’s advantageous, Obama berhasil menghimpun simpatisan. Pilihannya terhadap Biden buat dampingi jadi cawapres juga oke, dibandingin ama cawapresnya McCain, si Palin yang kurang berwawasan luas. Gue kemaren, 8 Oktober, sempet liat bentar live debate mereka berdua. Seru juga ngeliat mereka saling menghujat. Kliatan banget deh McCain orangnya ambisius banget. Obama lebih calm.

Gue pribadi ga peduli-peduli amat siapa the next president of USA. All I care about is whoever the president will be, he must bring world peace. Gue maunya USA ga mentang-mentang sok kuasa lagi, ga lagi maen serang nagara laen (baca: perang), ga lagi intervensi urusan dalam negeri negara-negara laen (khususnya developing country), ga lagi nyetir UN, ga lagi rese deh intinya terhadap urusan dunia. Dan yang urgent niy dia bisa mulihin finacial crisis USA supaya keadaan finansial dunia juga jadi normal.

Speaking of which, sometimes I think it’s not fair that USA is the one that suffers this crisis, but Indonesia suffers financial crisis as well. Dibandingin bursa di Negara-negara laen, BEI drop banget lebih dari 10% sampe-sampe BEI di-suspend. Nilai rupiah terancam jatuh juga soalnya investor pada rame-rame beli dollar dan narik invesnya keluar Indonesia. Meski pemerintah bilang krisis kali ini ga kek krismon sepuluh taun yang lalu, menurut gue kalo keadaannya bisa bikin perekonomian Indonesia jatuh yah sami mawon to yo.

Tadi pagi gue sempet tanya ama financial planner gue tentang pengaruh krisis finansial terhadap keadaan inves gue. Secara ga langsung terpengaruh dan nilainya drop tapi overall masih aman kok. Ya iya lah inves gue kan nilainya ga material. Yang paling terpengaruh tuh yang punya dana material di bursa kan.

Yang jelas ini bisa dijadiin (seharusnya siy) buat pemerintah kita. Pemerintah jangan hobi ngejual saham BUMN-BUMN kita dunk!! Kalo gini pemerintah juga kan kewalahan mo buyback. Trus kalo BI mo intervensi mbok yo yang mateng to perencanaannya. Bank sentral di dunia pada mangkas suku bunga kok malah BI naekin suku bunga. Kasian kan para pelaku bisnis. Kalo mereka jadi makin drop keadaannya kan ujung-ujungnya bisa PHK-in para pegawainya. Kalo gini kan lagi-lagi korbannya rakyat kecil 

 
7 Comments

Posted by on October 9, 2008 in happening, thoughts

 

7 responses to “Obama by Landslide & Krisis Finansial

  1. bootdir

    October 9, 2008 at 6:19 pm

    Saya ga paham soal ekonomi, tapi kalo nilai saham2 BUMN lagi anjlok kenapa ga dibeli aja? Jadinya biar balik lagi ke tangan kita.

     
  2. dnial

    October 10, 2008 at 7:14 am

    Belum tentu Obama menang. Siapa tahu ada hacker yang menghack sistem pemilu di Amrik dan menangin McCain.

    btw, don’t trust the American voters, some of them are too ignorant or too stupid to find the election cube. Presentase pemilih di AS nggak sampek 60%.

     
  3. rika wardhani

    October 10, 2008 at 8:16 am

    orang2 di kantorku para pemain saham lagi garuk2 hehehe….krn BEI sempet ditutup…tp tadi liat berita hari ini dah dibuka lagi…
    Setuju, world peace!!!!

     
  4. Allhands

    October 10, 2008 at 8:44 am

    Hillary Clinton itu dari Dems, bukan GOP.Suaminya kan presiden dari Dems. Hillary senator dari negara bagian NY dari Dems.
    Kalau soal krisis, itulah resiko dari integrasi ekonomi dunia. Kalau Amerika sakit, Indonesia sudah masuk ICU. Saya orang awam soal investasi, dan berdasarkan keawaman itu apa tidak lebih baik investasi di emas daripada dollar? Atau kalau punya uang lebih banyak, investasi di rumah sakit bersalin aja. Selama masih ada manusia di muka bumi ini, bisnis itu nggak ada matinya. He…he…he…

     
  5. Wina Dahlan

    October 10, 2008 at 10:17 am

    @Bootdir: Kalo pemerintah dah buyback semoga ga dijual ke pihak asing lagi.

    @Dnial: I don’t give a damn bout da election. As I told u b4, all I care abouy is da world peace.

    @Rikul: Makanya jangan terlalu banyak naruh inves di saham kalo ga mau rugi besar. Emang high risk, high return, tapi juga high loss.

    @Allhands: Correction accepted. I think I was mistyped. Thanks anyway.

     
  6. dnial

    October 10, 2008 at 12:29 pm

    As I told u b4, all I care abouy is da world peace.

    Now you sound like cliche miss-universe-thingy…

    Now.. now..

    All I care about is whoever the president will be, he must bring world peace.

    My prediction is :
    McCain : More war.
    Obama : More (silent) war.

    So there will be no world peace.

     
  7. Wina Dahlan

    October 11, 2008 at 11:00 am

    @Dnial: Kan mirip Miss Universe😉

     

Leave a Reply

 
