RSS

Pahlawannya Mbak Mira

12 Jan

Kamis, 8 Januari 2008 gue liat ada seorang perempuan muda yang stand by di PMI Kramat. Dia (sebut aja namanya Mira), udah dua hari di situ demi dapet donor darah golongan B. Ternyata bokapnya yang bergolongan darah B lagi sakit lever parah dan terbaring di RS Fatmawati. Bapak ini butuh sekitar 15 pendonor darah buat dimasukin ke dalam tubuhnya.

Mbak Mira hubungin semua temennya. Yang gua tau ada satu network yang menarik bagi gue. Mbak Mira punya temen, sebut aja namanya Neni. Neni menghubungi cowoknya, sebut aja namanya Dino. Dino ini dengan cepet sms-in temen-temen kerjanya. Padahal Dino ini baru pindah kerja ke perusahaan sekarang dua bulan ini. Dia berhasil dapet tiga orang (including himself) yang bergolongan darah B.

Setelah pulang kerja, ada temen Dino ikutan juga ke PMI. Sebut aja namanya Manda. Dia sebenernya bergolongan darah O, tapi dia melibatkan cowoknya (anggep aja Oki) yang bersedia jadi donor darah B juga. Jadi mereka berangkat berlima menuju PMI Kramat.

Ternyata niat mulia mereka ga semulus itu. Dari mereka berempat, yang lolos kualifikasi cuman satu orang, Mas Oki. Donor ini ternyata yang dibutuhin cuman trombosit jadi diambil kantong besar 350 cc instead of 20 cc. Makanya, berat badan minimal adalah 60 kg. Dua temen Dino beratnya cuman 50 kg jadi dah ‘gugur’. Dino sebenernya memenuhi syarat itu tapi ternyata dua taun yang lalu dia kena Hepatitis A. Minimal lima taun setelah sakit itu baru si Dino bisa jadi donor.

Apparently emang relawan yang didapet Mbak Mira itu kek gitu. Misalnya kemarennya tuh ada 15 orang yang dateng ternyata eh ternyata yang berhasil lolos jadi donor cuman lima orang. Hmm…it’s ok lah.

Yang penting niat mereka udah mulia. Menurut gue walopun si Oki hubungannya jauh ama Mbak Mira (mungkin istilah friendster-nya 5th degree friend) tapi dia bisa jadi pahlawan, at least pahlawan buat Mbak Mira & keluarganya. Pasangan Neni dan Dino juga jadi pahlawan meskipun status akhir mereka cuman sebagai penghubung.

Yup, istilah pahlawan sekarang ga terbatas pada pembela kebenaran dan keadilan dalam suasana perang. Kalo loe udah melakukan sesuatu yang berarti bagi orang laen, apalagi nyangkut nyawa orang laen, menurut gue loe bisa jadi pahlawan. So, whose hero are you?

 
2 Comments

Posted by on January 12, 2009 in daily, friends, thoughts

 

2 responses to “Pahlawannya Mbak Mira

  1. dnial

    January 12, 2009 at 10:03 am

    Dino sebenernya memenuhi syarat itu tapi ternyata dua taun yang lalu dia kena Hepatitis A. Minimal lima taun setelah sakit itu baru si Dino bisa jadi donor.

    Damn! Berarti aku harus nunggu sekitar 2 tahun lagi baru bisa ndonor darah..😦

     
  2. bootdir

    January 14, 2009 at 10:09 am

    Waktu istriku mo melahirkan, aku juga disuruh sedia darah. Dan karena golongannya beda, aku cuma jadi ‘panitia’. Sempat terpikir untuk jadi donor, darahku pasti berguna, entah buat siapa. Tapi begitu liat jarum segede gaban, ciut juga nyali :))

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: