RSS

Memori Balikpapan

23 Feb

Apa yang terlintas pertama kali begitu kalian denger Balikpapan? Pasti jawabannya ga jauh-jauh dari salah satu kota di Kalimantan Timur yang jadi basis banyak perusahaan minyak dan pertambangan. Yah kan, ngaku aja…..!!!

Kalo denger kata Balikpapan, gue agak merinding disko. Bukan karna gue pernah punya pengalaman yang spooky di sana, tapi karna gue pernah ngalamin…hmmm…bisa dikatakan musibah. Kalo gue inget ampe sekarang keknya bulu kuduk bisa berdiri dan air mata bisa leleh.

Back to December 2006, I was assigned to Balikpapan in order conducting stock take for one of mining companies there. Gue dijadwalin berangkat Senin, 4 Desember 2008 dan pulang 4 hari kemudian. Gue berangkat ama tiga orang laen. Lucunya, dan emang dah jadi tradisi kali yah di kantor lama gue, walopun kita berangkat as a team tapi kita baru ketemuan dan kenal di bandara itu pas mo berangkat. Sebelumnya kita cuman sms dan telfon-telfonan tanpa pernah tau muka.

Waktu itu gue dah agak ga enak feeling. Gue masih kebayang ada sedikit goncangan kluarga. Plus waktu itu posisi gue kan bisa dibilang karyawan baru (masih anak bawang gitu loh), rekan satu tim baru kenal pula. Kebetulan juga, gue satu-satunya yang pribumi dan muslim di antara rekan satu tim dan klien. Bukan maksud saya rasis gitu yah tapi yah itu tadi…karna ga enak feeling jadinya adaaaa aja yang dipermasalahkan jadi ga nyaman deh.

Anyway, hari itu juga kita mulai kerja. Asyik juga ngeliat lokasi pertambangan gitu. Sayangnya waktu itu gue belom punya digicam jadi ga punya kenangan dokumentasinya wekekekeke…. Alhamdulillah kerjaan kelar pas sore jam 5 WITA. Gue buru-buru nyari tempat shalat ashar (alhamdulillah ada beberapa karyawan situ yang muslim jadi emang ada space kecil yang walopun menurut gue kurang layak, bisa dijadiin tempat shalat).

Begitu slese shalat, gue balik ke arah perlengkapan kerja termasuk ngecek ponsel yang gue tinggal di dalem tas. Gue dapet banyak miskol dari A. Gue dah ga enak feeling dan sempet kepikir kemungkinan terburuk. Ada sms juga dari dia. Pas gue baca smsnya, gue gemeteran dan langsung mengalir lah air mata gue (geezzz….even my tears almost drop when I’m writing now).

Gue sengaja ga ngapus sms itu lamaaaaaa banget. Sms itu ilang seiring dijualnya ponsel gue. Waktu masih pake ponsel itu, tiap kali gue baca sms itu ‘feel’-nya masih kerasa merinding. Gue lupa tepatnya kata-kata dalam sms itu. Intinya kek gini isinya: “Win, papa meninggal barusan. Kamu cepetan pulang ya!”

Tiba-tiba gue ngerasa jadi orang terpencil di dunia. Barusan nyampe di tempat yang asing dikelilingi oleh orang-orang yang masih asing juga, gue ngerasa dikutuk pas denger kabar itu. Alhamdulillah orang-orang di situ helpful banget berusaha nyariin tiket pulang ke Surabaya. Bahkan, teman-teman E-6 yang di Jakarta dan yang lagi tugas di Papua ikutan bingung nyariin tiket.

Gue go show aja dianterin ke Bandara Sepinggan. Alhamdulillah gue dapet one last seat of last flight to Surabaya. Itu pun karna sebelomnya dah di-booking-in ama Ndit dari Jakarta. Last flight masih jam 10an WITA. Gue diajakin klien gue yang orang British makan steak. Yah jelas gue ga selera dan ga konsen diajak ngobrol. All I wanted is to be home😦

Alhamdulillah pas landing malem-malem di Surabaya gue dapet kemudahan juga. Gue ga perlu naek taksi sendirian soalnya ada Fikky yang bawa temen segengnya ngejemput gue di Bandara Juanda (padahal bisa dibilang gue baru kenal Fikky, thx guys :D).

Gue nyampe rumah hampir jam 12 malem. Surprisingly, ada beberapa temen SMA gue yang ngelayat dan nungguin gue sejak sore. Gue ngerasa kek orang hilang. Ketika orang tua gue sendiri ‘gak ada’ gue malah jauh. Orang-orang yang ga da hubungan darah malah ikutan bermalem di rumah hiks…hikss..😦

Semoga aja pengalaman gue jauh di luar pulau ga akan terulang tragisnya. Amin

 
10 Comments

Posted by on February 23, 2009 in family & relatives, office, thoughts, traveling

 

10 responses to “Memori Balikpapan

  1. galihsatria

    February 23, 2009 at 3:04 pm

    Balikpapan, yang pertama terlintas adalah Bandara Sepinggan, lalu kepiting kenari, abis itu pasar kelandasan.:mrgreen:

     
  2. dnial

    February 23, 2009 at 5:21 pm

    Ndak pernah😀

     
  3. Aris Kumara

    February 24, 2009 at 12:12 am

    Win, denger2 kamu OJT disono ya?

     
  4. Aris Kumara

    February 24, 2009 at 12:23 am

    Btw Win, alamat blog-ku ganti. Please di-update ya🙂

     
  5. Wina Dahlan

    February 24, 2009 at 10:33 am

    @Galih: Pengen nyoba kepiting kenari & mblusuk2 ke pasar
    @Dnial: Kapan2 ke sana deh
    @Aris: Insya Allah. Punyaku belom di-link lho

     
  6. Rika Wardhani

    February 26, 2009 at 11:58 pm

    Jadi inget pas itu aq lagi di BPN juga….stock take jugak…gilo yo?!?!?!bnr2 bisa ngerasain perasaan mu pas itu, i was crying too..then i aseked my mom bwt ngelayat ke tmptmu, ama sadit jugak…gila aja?!?!!semuanya asing…ya tempat, temen…nge plek bgt…aq kenal tmn stock take ku ya pas baru di BPN itu…

    Hoahhhh, naudzubillah….semoga itu ga terulang lagi n qt bisa selalu dkt ma orang2 yang qt cintai *lagimellow*

     
  7. Wina Dahlan

    February 27, 2009 at 7:16 am

    @Rika: Emang yah kul, comfort zone tuh deket ama the beloved ones meski di ujung mana pun di dunia ini. Mungkin bener kata Slank, makan ga makan asal kumpul😀

     
  8. aryo

    February 27, 2009 at 10:02 am

    mudah-mudahan yang ini lancar smua deh..

     
  9. Wina Dahlan

    March 3, 2009 at 2:55 pm

    Amin…makasi doanya🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: