RSS

Penangkaran Buaya Tritip

15 Mar

Hari Sabtu, 14 Maret 2009 gue dan lima temen BPS Keuangan jalan ke Penangkaran Buaya Tritip, Balikpapan Timur. Kita naek angkot (yang di sini lebih kondang disebut taksi) no.7 dari Terminal BP. Karna jauh, tarif angkot yang normalnya 3K jadi sekitar 5-6K per orang.

Di depan kompleks penangkaran, kita disambut oleh dua patung buaya yang lucu nan imut. Yang sebelah kiri buayanya pake rompi. Yang kanan buayanya berpose duduk santai. Postur mreka gemol-gemol.

Tiket masuk ke dalam sebesar 10K per orang. Ga tau kenapa kita yang berenam seharusnya bayar 60K, didiskon jadi cuman 50K. Alhamdulillah. Kita juga ditemani guide Pak Rony yang dah kerja di situ selama 16 taun.

Kita langsung digiring ke dalam lorong berbentuk U tempat kandang-kandang buaya. Kandangnya berupa kapling-kapling yang dipagari biar pengunjung ga kena bahaya buaya. Ada tulisan peringatan kok dilarang masukin tangan ke dalam kandangnya itu. Kalo pengen tau makannya buaya, di situ disediain ayam per potong seharga 10K untuk dilempar ke mereka.

Rupanya, kaplingan itu digolongkan berdasarkan jenis dan umur buaya. Ada jenis buaya muara (yang punya bakat perawakan lebih gede) dan buaya air tawar. Panjangnya bisa mencapai 10 meter dan lagi-lagi tergantung jenisnya. Jenis kelamin bisa diliat dari bentuk rahangnya. Kalo rahangnya lebih besar dan kokoh, itu lah jantannya. Kalo betina biasanya rahangnya lebih lancip.
buayaPenggolongan umur cuman dibagi tiga, yaitu anak-anak, remaja, dan dewasa. Sebenernya umur buaya paling lama sekitar 25 taun. Karna tempat penangkaran ini emang ditujukan buat bisnis, buaya yang umurnya mencapai tiga taun langsung dibunuh. Buaya yang dewasa sengaja dijadiin emak-emak buat reproduksi. Fyi, buaya kawin enam bulan sekali. Setiap bertelur bisa menghasilkan 30-70 butir.

Buaya-buaya itu sengaja diambil kulit, daging, alat kelamin, dan beberapa bagian tubuhnya. Di tempat penangkaran juga dilakukan kegiatan penyamakan kulit sampe siap dijadiin tas, sabuk, dan dompet. Kulitnya sampe diekspor segala ke Jepang lho. Kalo pengen nyoba makanan produk buaya di situ ada kok sate buaya, krupuk buaya, dsb. Alat kelaminnya disebut tangkur konon bisa berfungsi sebagai vitamin dan penguat badan. Eh, kata temen-temen alat kelaminnya kecil loh dan ga sebanding ama ukuran tubuhnya yang umurnya 25 taun wuehehehe…..πŸ˜‰
tangkurSlaen buaya, ada tontonan tambahan. Ada beberapa kandang yang letanknya agak depan. Isinya ada ular piton, monyet (gue ga tau tepatnya jenis apa), dan luwak. Ada juga atraksi menunggang gajah. Sayangnya, dua gajah yang available kali ini masih anak-anak jadinya ga bisa ditungganin. Takutnya dituduh mempekerjakan anak di bawah umur kali ye…. :p

Di situ keknya lagi ada progres pembangunan rumah khas Kalimantan. Mungkin itu mo dijadiin hall ato museum sebagai pusat per-buaya-an. Kalo kesempatan brikutnya kalian pergi ke sana, lemme know lah rumah itu akhirnya dijadiin apa. Skalian tanya donk, kalo buaya darat dikandangin di sebelah mana? ;D

 
7 Comments

Posted by on March 15, 2009 in daily, traveling

 

7 responses to “Penangkaran Buaya Tritip

  1. aryo

    March 18, 2009 at 7:21 am

    waaw..buayanya ganteng-ganteng ya…

    *ga penting

     
  2. Wina Dahlan

    March 19, 2009 at 4:41 pm

    Gantengan buayanya daripada kamu yah wekekek :p

     
  3. Allhands

    March 23, 2009 at 12:31 pm

    Ends alias tujuan dari postingan ini mau ajarin calonmu supaya pake tangkur buaya yah? He..he..he..

     
  4. Wina Dahlan

    March 25, 2009 at 11:53 am

    @Allhands: Loh kok jadi gitu siy pikirannya?

     
  5. Rizal

    November 24, 2009 at 12:40 pm

    bro coba tanya Nomer tlp Perkajanya Saya mau Hub ???πŸ˜€

     
  6. Tedja

    December 18, 2009 at 10:14 am

    saya ada lahan 5 ha lebar di tepian sungai kapuas 130 m x panjang 400 m.ada kah investor /pemodal yg berminat di bisnis ini..?
    oh ya lupa domisili saya di Pontianak(KalBar) carikan pemodal yang berminat thx

     
  7. kulit buaya

    September 17, 2010 at 10:27 am

    kasih mkan dulu dong buaya nya

    bkin serem liat nya nganga trus tuch
    hihi

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: