RSS

WOC ga semeriah UNFCC

19 May

Tahun 2009 Indonesia punya gawe besar. Lebih tepatnya tanggal 11-14 Mei 2009 Manado jadi tuan rumah WOC (World Ocean Conference) yang pertama. Kita boleh bangga donk Indonesia sebagai penggagas sekaligus tuan rumah yang pertama bagi konferensi internasional ini.

WOC merupakan pertemuan tingkat tinggi Kepala Pemerintahan yang punya wilayan laut dan pantai yang jadi bagian komunitas kelautan dunia. Penyelenggaraan konferensi ini jadi komitmen buat manajemen lautan yang berkelanjutan, dan pentingnya peran kerjasama internasional dalam mengatasi perubahan iklim terhadap masing-masing negara, ekonomi dan umat manusia.  Komitmen ini dirangkum dalam Manado Ocean Declaratin (MOD) yang bakal dibahas lagi kelanjutannya dalam UNFCC (United Nations Framework of The Convention of Climate Change) di Kopenhagen Desember ini.

Emang WOC dan UNFCC ini hubungannya sangat deket. Ide awal WOC tercetus pas diadakan UNFCC di Bali, Indonesia Desember 2007 kemaren. Intinya, WOC ini concern masalah kelangsungan hidup kelautan demi usaha ngurangi efek negatif climate change.

Selama WOC berlangsung, gue ngamatin gongnya kurang meriah deh dibandingin ama UNFCC di Bali. Pemeberitaan di koran Kompas misalnya, cuman dikasi 1-2 halaman khusus. Beritanya pun ga masuk dalam headline utama. Padahal dulu UNFCC beritanya gede-gedean. Bahkan di Kompas online beritanya tiap menit selalu ada dan ada page khusus ngebahas serba-serbinya.

Departemen yang terlibat langsung ama WOC kan Depbudpar (Departemen Budaya & Pariwisata) dan DKP (Departemen Kelautan & Perikanan). Dalam dua situs departemen itu juga ga ngasi porsi khusus pemebritaan itu. Dalam situs Deplu (Departemen Luar Negeri) ada sedikit berita tentang WOC. Coba bandingin dulu pas UNFCC, dalam situ Deplu selalu apdet beritanya.

Mungkin timing WOC ga pas ama kejadian nasional yang terjadi di Indonesia. Kebetulan taun 2009 kan Indonesia punya gawe demokrasi alias pemilu legislatif dan pemilu presiden. Pas hari H WOC pemberitaannya jelas kalah ama persiapan koalisi partai-partai buat milih capres & cawapres. Sebelum hari H, WOC kalah beritanya ama kasus dugaan cinta segitiga Antasari Azhar, Nasrudin Zulkarnaen-yang tewas dibunuh, dan Rani Juliani. Masyarakat lebih demen ngikutin cerita bagaikan sinetron ini dibandingin mikir ‘berat’ tentang usaha penyelamatan laut.

Gue ga tau deh WOC ini bisa dibilang sukses apa ga. Pihak penyelenggara dan pihak-pihak yang terkait sendiri keknya kurang ‘heboh’ dalam mempersiapkan ini. Media dan masyarakat sendiri kurang aware ama konferensi internasional ini. Beyond that, moga-moga hasil WOC bisa bermanfaat banget buat kehidupan kelautan yang ujung-ujungnya mempengaruhi kesejahteraan dan keamanan hidup kita juga kan.🙂

 
4 Comments

Posted by on May 19, 2009 in special occasion, thoughts

 

4 responses to “WOC ga semeriah UNFCC

  1. bootdir

    May 19, 2009 at 7:39 pm

    Yup sepertinya memang kurang bergaung, kalah sama berita politik. Padahal Pemda Manado sudah habis-habisan bangun infrastrukturnya. Bikin jalan akses ke bandara sampai mengerahkan tentara siang-malam.
    BTW, kenapa kamu concern ma WOC? Karena keterlibatan DKP? :p

     
  2. Wina Dahlan

    May 20, 2009 at 8:23 am

    Iya percaya orang PU pasti lebih tau pembangunan jalan akses di sana.
    Saya concern tentang isu nasional. Saya sendiri lebih semangat ngikutin berita UNFCC.

     
  3. Allhands

    May 21, 2009 at 9:48 pm

    Itulah bukti bahwa masyarakat Indonesia, termasuk pers, tidak punya preferensi terhadap laut. Biasanya cuma memmbanggakan nenek moyangnya seorang pelaut. Yang dibanggakan kok nenek moyang, bukannya diri sendiri????

     
    • Wina Dahlan

      May 22, 2009 at 8:31 am

      Makanya bangsa ini juga ga maju-maju padahal negara kita ini negara maritim. Sayang banget yah…. Apalagi masih banyak pulau-pulau yang terpencil gara-gara terpisahkan ama laut.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: