RSS

Donor Oh Donor

17 Jun

Sejak dulu saya pengen banget jadi donor darah rutin. Kebetulan di SMA saya, SMUN 6 Surabaya, tiap taun ada kegiatan donor darah. Menginjak kelas 3, saya genap ganjil berumur 17 taun. Fyi, pendonor kan minimal umur 17 taun. Saya inget persis waktu itu sebenernya lagi puasa sunnah demi melaksanakan niat akhirnya batalin puasa. Alhamdulillah saya sehat boleh donor darah.

 Setelah itu saya beberapa kali dateng sendiri ke PMI. Sejak lulus kuliah saya agak ga rutin donor. Pernah niy suatu saat saya dinyatakan ga boleh donor karena Hb saya ga mencukupi syarat minimal. Hb minimal untuk donor kan 12. Waktu itu emang saya lagi banyak-banyaknya kegiatan dan makannya ga teratur.

Ada peristiwa yang bikin saya agak lama ga donor. Kejadiannya pertengahan taun 2007. Ga tau kenapa waktu itu saya sampe pingsan beberapa menit setelah donor. Pokoknya saya ngerasa susah bernafas banget. Akhirnya sampe ga sadar diri. Untungnya (biasalah orang Jawa kalo pun kena musibah pasti ada hal yang masih kudu disyukuri), waktu itu saya lagi pergi ama nyokap jadi ada yang dampingi.

Niat saya untuk donor lagi-lagi gagal, bahkan beberapa kali. Alasannya tak lain dan tak bukan karna kurang Hb. Saya ngerasa pola hidup saya waktu itu fine-fine aja. Sempet terpikir saya ngalamin degradasi kesehatan hehehe….

Kemaren saya ikut kegiatan baksos donor darah di kantor saya. Thanks to bapak yang satu ini, saya jadi tau ada donor darah di kantor. Kebetulan temennya bapak itu jadi dokter dalam kegiatan ini. Saya coba-coba ikut kegiatan ini even agak batuk. Alhamdulillah kali ini saya lolos😀 Bahkan tensi saya pun normal, padahal biasanya tensi saya cenderung rendah.

donorAda hal yang baru waktu donor ini. Biasanya darah diambil dari tangan kanan tapi kali ini dari tangan kiri. Dah bisa ditebak siy kalo nyari pembuluh darah di tangan kiri saya agak susah dan alirannya kecil. Wajar siy tangan kiri kan lebih jarang gerak dibandingin ama tangan kanan. Solusinya, saya dikasi bola karet buat diremas-remas. Alhamdulillah semua bisa tuntas. Dan yang lebih menggirangkan niy, dari pihak perusahaan ngasi bingkisan yang isinya kue kotakan dan dua kotak susu Dancow (both white and chocolate milk) masing-masing ukuran 400 gram. Hmm…luamayan lah buat sarapan😉

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: