RSS

Mengejar Laitul Qadr

16 Sep

Sejak dahulu kala saya punya keinginan terpendam tapi belum kesampean tatkala bulan Ramadhan tiba *hiyahhh bahasanya kok agak resmi yah*. Saya dari dulu pengeeeeeeeeennn banget bisa i’tikaf pas malem ganjil supaya bisa dapet lailatul qadr. Sebenernya  beberapa orang di sekitar saya juga punya keinginan sama tapi mereka sibuk sendiri-sendiri. Personally, saya belom punya keberanian bermalam di masjid sendirian, tanpa temen.

Alhamdulillah Senin, 14 September 2009 saya dapet tawaran bareng shalat lail di Istiqlal. Saya diajak bareng ama senior-senior saya *both senior kuliah dan kantor*, Mas Dimas dan Mas Yohan. Belakangan si Rinda ikutan juga. Mumpung malem ke-25 dan ada temennya hayokk ajah.

Saya  ‘pulang kantor’  jam 11 malem. Saya cuman tidur satu jam. Jam 12 lebih dikit saya dah dibangunin dan siap-siap berangkat ke Istiqlal. Sebenenrnya acara shalat lail berjamaah mulai jam 1 dini hari. Saya saranin mending dateng sebelumnya karena kita bisa punya kesempatan shalat tahiyatul masjid, ngaji, merenung, dan sebagainya yang masih ada hubungannya ama ibadah.

mlm ganjilBanyak orang yang dateng sejak tarawih dan bermalem di situ. Makanya meskipun dini hari, tempat shalat dipenuhi lautan manusia. Impact-nya, masjid jadi lebih kotor. Ya iya lah orang-orang pasti ada yang makan dan buang sampah sembarangan. Banyak juga yang bawa anak kecil so bawa skalian ‘peralata’n tempur’ anaknya kek bantal, mainan, dsb.

Shalat lail ini berlangsung sekitar jam 1 sampe 3 dini hari. Shalat lali terdiri dari 10 rakaat tahajud dan 1 rakaat witir. Surat yang dibaca total 1 juz. Bisa bayangin kan betapa lamanya kita berdiri??!! Kalo saya amatin, rata-rata satu rakaat menghabiskan 5-10 menit. Khusus witir malahan 1 rakaat tapi ngabisin waktu 15 menit soalnya ada doa qunut plus doa-doa di dalemnya.

Terus terang saya berat banget jalaninnya. Mungkin ini karna waktu pertama buat saya. Lagian saya kurang tidur karna kerjaan menuntut saya kerja rata-rata pulang jam 11 malem, even on weekends!!! secara fisik yang bikin berat tuh nungu pak imam baca surat yang ayatnya panjang-panjang. Kalo ga konsen, pikiran ini bisa berkelana ke mana-mana. Trus kaki ini pegel man!!!!! Kerasa banget darah ngumpul di kaki sampe cape.

Well, that’s my experience. Saya ga kapok mo ikutan kalo ada waktu lagi. Yang jelas minggu ini belum bisa deh keknya soalnya masih bingung packing *maklum lah saya kan nomaden dalem satu taun ini*. Regardless dapet lailatul qadr ato ga, semoga ibadah kita semua diterima Allah SWT *amin*🙂

 
2 Comments

Posted by on September 16, 2009 in happening, special occasion, thoughts, traveling

 

2 responses to “Mengejar Laitul Qadr

  1. Yuanita

    September 16, 2009 at 7:55 pm

    Yg kek gini kykna g perlu dipublish dech,,,khawatir jd riya’..,dan postingannya g manfaat. jaga keikhlasannya,meski tanpa tidur..biar Allah yg ngasi point.
    Eniwei,QL biasanya 8 rakaat,dan witir yg 3 rakaat dibagi 2-1.
    Kapan-kapan bole cb di Baitul Ihsan QL 3 juz..

     
    • Wina Dahlan

      September 16, 2009 at 9:19 pm

      Mungkin ada perbedaan rakaat di masjid-masjid.
      Saya cuman mo sharing terutama ama keluarga dan temen-temen deket yang nun jauh di sana. Thanks anyway buat masukannya😉

       

Leave a Reply

 
