RSS

Holimoon Hari Pertama – Rute: SUB-JHB-KUL

10 Jan

Saya suka nyebut holimoon. Kalo dirumusin Holimoon = Holiday + Honeymoon. Perjalanan kita (Gentleman & I) terjadi dia akhir taun kan yang identik ama liburan. Ini sekaligus jadi honemoon kita kok soalnya kita baru satu hari nikah langsung berangkatšŸ˜‰

Kalo pasangan newlywed pada umumnya suka honeymoon ke tempat romantic dengan fasilitas hotel yang nyaman buat berduaan, tapi as you know kita ini pasangan apa adanya hehehe. Kebetulan kita berdua sama-sama demen jalan (literally) jadi kita sepakat buat bekpeking ke Malaysia tanggal 21-25 Desember 2009.

We departed from Surabaya to Johor Bahru about 10 am. Ini sama-sama pengalaman pertama kita ke luar negri. Makanya ga tau apa-apa soal keimigrasian di bandara. Setelah check in, kita mesti lapor ke bagian pajak yang letaknya persis di depan counter check-in bandara Juanda Surabaya. Di situ data kita diverifikasi termasuk free fiscal or not. Karna kita ga bawa fotokopo paspor dan NPWP, jadinya terpaksa fotokopi di salah satu pegawai bandara. Masak cuman satu lembar aja dikenain cost 5K!!!! Saya curiga dia manfaatin peluang buat nambah pos account other-income pribadi. (Tips: Sediakan fotokopi paspor, NPWP, dan KK bagi yang bawa keluarga supaya dapet free fiscal).

Trus kita menuju ke ruang tunggu. Sebelumnya tiket boarding pass & tiket kita diperiksa apakah dah dapet stempel free fiscal or nt. Tak lupa petugas periksa paspor kita juga. Alhamdulillah kita dapet stempel juga di paspor hehehe dasar wong katrok iki :p Then kita jalan ke ruang tunggu. Sebelum masuk as usual barang-barang kita di-scan x-ray. Ternyata kalo intā€™l flight ga boleh bawa air mineral sodar-sodara. Kalo mau aernya diabisin di situ juga ato diikhlasin ditinggal. (Tips: Bawa botol air mineral kosongan aja tanpa merk gpp. Di ruang tunggu disediain air mineral gallon kan, di situ bisa refill. Lagian pas di tujuan kita bisa refill kalo ada air kran yang bisa langsung diminum).

Perjalanan dari SUB ke JHB sekitar 2,5 jam. Pas mengudara, waktunya lunch kan. Saya kasian ama GentlemanĀ  kalo dah laper. Saya agak nyesel ga beli makan di pesawat. Kita sebenernya ga tau juga bakal gitu soalnya flight kita kena reschedule tiba-tiba ama AirAsia. Awalnya jam 7an tapi tiba-tiba digeser jam 10an.

Waktu yang berlaku di Malaysia adalah satu jam lebih cepet dari Surabaya. In other words, waktunya sama kek WITA (Waktu Indonesia Tengah). Ā Kita landing sekitar jam 2 pm di Sultan Ismail (gag pake Hidayat soalnya kalo pake artinya nama papa mertua saya heheh) Airport, Senai, Johor. Kita langsung cari musholla dulu. Trus baru deh kita cari bis.

Sebelumnya kita lewat keimigrasian Malaysia. Ternyata kita disuruh ngisi form laporan kedatangan di sana. Sebenernya sama kek form waktu kita bertolak dari Surabaya. Kesimpulan saya setiap ninggalinĀ  dan dateng ke negara laen, kita wajib ngisi masing-masing form keberangkatan & kedatangan dalam satu lembar. Yang diambil satu aja sesuai dengan keadaan. Contoh, waktu berangkat di Juanda kita nyerahin form keberangkatan buat pemerintah RI. Kalo nyampe di Johor, kita serahin form kedatangan buat pemerintah Malaysia. Form ini adalah dua form yang beda dan dibikin masing-masing oleh pemerintah setempat.

Meskipun bandaranya kecil tapi penataannya bagus, rapi, dan bersih.Ā  Cuma dengan baca papan petunjuk, kita bisa digiring ke tempat nunggu taxi, bis, dan/atow sewa mobil. Kita milih bis yang ke KL. Kita sengaja ngabisin sebagian besar waktu di KL aja soalnya lebih menarik. Kita milih bis yang resmi aja jadi kita beli tiket bis ke Larkin Terminal dulu di Johor Bahru then ganti bis yang menuju KL. Enak banget bisnya terjadwal.

Dari Senai ke Larkin makan satu jam perjalanan. Sepanjang jalan saya liat emang Johor ga ada apa-apa yang menarik. Keadaannya ga jauh beda ama Indonesia kok. Plusnya, di sana lebih rapi, tertib, dan so pasti bersih banget. Larkin kan terminal buat bis-bis yang mau ke luar kota atow ke luar negri. Yang namanya terminal bis di Indonesia mesti kan kumuh. Kalo di sini mah bersih abis dan tertib. Bis punya schedule masing-masing. Yang jualan di sana pun bersih dan layak dikonsumsi. Ada musholla juga lhošŸ™‚

Larkin ke KL butuh waktu sekitar empat jam perjalanan. Itu ga termasuk istirahat bentar di toilet umum. Tau ga, sepanjang perjalanan saya sempet panik ga bisa dapet penginapan. Soalnya hostel yang saya buking kan ada tulisan saya janji check-in jam 1 pm. Gara-gara jadwal AirAsia molor kita nyampe KL jam 9 malem lebih. Gentleman dah punya alternatif yang cukup menenangkan hati sayašŸ™‚

Kita turun di Puduraya station. Kebetulan hostel kita di daerah Bukit Bintang yang lumayan deket. Kita jalan kaki menuju hostel sambil liat kanan-kiri sepanjang jalan Bukit Bintang. Saya jadi inget kawasan Kuta square gitu deh.

Akhirnya kita nyampe di Combo Guesthouse di Jalan Changkat Bukit Bintang (Jalan Hicks) jam 10 lebih. Juju raja, hostelnya di luar ekspektasi saya. Tempatnya kek ruko yang nyempil heheheā€¦ Tapi begitu masuk kamarnya (kebetulan kita buking yang double private ensuite room), jadi inget kamar kos-kosan seharga 2jutaan di Jakarta. Alhamdulillah lah lumayan, kan kit aniatnya dari awal bekpekinganšŸ˜‰

Oia, saya pernah denger colokan di luar negri pada pake colokan tiga kaki. Kita orang Indonesia kan kebiasaan pake colokan dua kaki. Saya pernah ngingetin Gentleman supaya beli adapter buat converter colokan (plug) Ā tiga kaki ke dua kaki. Sayangnya Gentleman ga beliin tuh. Ini yang bikin saya gondok. Walhasil, kita lima hari di Malaysia idup tanpa listrik. Kebetulan semua ponsel dan digicam yang kita bawa batrenya kagak full semua. Malahan ponsel saya dah lowbet L Jadinya kita mesti hemat energi. (Tips: Kalo pergi ke luar negri beli colokan buat convert colokan tiga kaki ke dua kaki).

6 Comments

Posted by on January 10, 2010 in special occasion, thoughts, traveling

6 responses to “Holimoon Hari Pertama – Rute: SUB-JHB-KUL

1. Aris Kumara

January 11, 2010 at 2:02 am

Lho, win..kenapa ga beli aja konverter colokan disana? Banyak kok yang jualan.
    Btw kamu nginep di Bukit Bintang? Itu kan kawasan red-distrik-nya KL, Win..Tp aman2 aja kan disana?

Lagian kok aneh ya di Juanda, pake acara fotokopi NPWP ama KTP segala..selama ini ga pernah kaya gt sih win Cuma nunjukin aja udah beres ga bayar apapun.

2. Wina Dahlan

January 11, 2010 at 7:14 am

1. Kita ga kepikiran beli heheh
    2. Owyah red district? Wowww…pantesan… Aman kok, yang penting sama2 ga rese’
    3. Iya Ris emang gitu sekarang. Aku sebelumnya tanya temen2ku juga ga pake fotokopi2an gitu. Kenyataannya pake tuh. Ga cuman aku tok, orang-orang lain juga kena tuh. Terpaksa ngeluarin duit dengan jumlah yang unreasonable.

3. Allhands

January 12, 2010 at 2:31 pm

Win, colokan kaki tiga sih bukan cuma di luar negeri. Di Batam dan Tanjung Pinang juga pake kaki tiga. Makanya di koperku selalu siap colokan kaki tiga….

• Wina Dahlan

January 12, 2010 at 3:08 pm

Aku kan belom pernah ke Batam. Di Hotel Borobudur juga pake tiga kaki semua loh, tapi di situ kan bisa pinjem plugšŸ˜€

4. elyawati

February 16, 2010 at 3:19 pm

AWW.
    mbak wina salam kenal,saya dapat alamat anda hasil search nih.
    mau tanya kalo nginep di combo waktu itu ratenya berapa, waktu itu lsg dayang ato bisa booking dulu gak. alamat e-mailnya ada gak dan kl booking pake CC.

saya rencana 2-5 maret mau ksn, juga mau second honey moon.
    thanks banget buat informasinya.

wass, elly

• Wina Dahlan

February 16, 2010 at 3:28 pm

Wass.
      Salam kenal juga Elly. Saya lupa waktu itu berapa RM tapi kalo dikurskan mungkin sekitar 200an per malem buat double private ensuite room.
      Coba aja buking via hostelworld.com