RSS

Temanya Tauge Teri

19 Jan

Setiap wiken saya slalu ngusahain masak. Ini jadi kebiasaan *dengan catetan saya ndak males loh yah :p* sejak saya jadi anak kos. Wiken kemaren saya niat masak. Kali ini saya mikir masakan yang berbahan dasar tauge dan teri.

Saya pergi ke pasar tradisional terdekat. Kebetulan baru kali ini saya ke sana. Sebelumnya ga tau, malahan saya pergi ke pasar yang agak jauh. Hati ini girang banget begitu nemu pasarnya. Emang bener menyenangkan blanja bahan makanan di situ soalnya kumplit dan murah pastinya.

Saya sengaja ga beli banyak-banyak. Lha wong cuman buat wiken artinya dua hari aja kok. Sabtu dan Minggu aja kan saya sempet masak. Blanjaan saya wiken kemaren adalah:

  1. Tauge   (Rp1.000)
  2. Kacang panjang 2 ikat (Rp2.000)
  3. Teri (Rp2.000)
  4. Bawang merah dan putih (Rp2.000)
  5. Telur 2 biji (Rp1.500)

Menu pertama saya buat adalah tumis tauge teri. Ini salah satu maskan sederhana andalan saya. Sebenernya masakan ini mirip Oseng Kacang Panjang yang pernah saya tulis resepnya di sini. Inti cara bikinnya pertama pasti iris tipis-tipis bawang merah dan putih. Trus dimasukin ke wajan yang udah dipanasi ama minyak goreng. Setelah baunya harum, masukin kacang panjang yang dah dipotong-potong, trus masukin juga tauge dan teri yang udah direbus setengah mateng. Tambahin air dikit dan tunggu sampe mendidih. Jangan lupa ditambahin gula, garam, dan merica secukupnya dan sesuai selera🙂

Menu kedua adalah nasgor (nasi goreng) teri. Caranya pasti goreng bawang merah dan putih yang dah diiris tipis. Masukin telur dan diorak-arak supaya jadi scrambled. Trus masukin nasi putih dan aduk sampai rata sambil dimasukkan bumbu nasgor instan (Saya belom sanggup bikin bumbu nasgor sendiri heheh). Jangan lupa masukin tauge dan teri secukupnya. Rasanya dah sedep banget loh tanpa ditambahin gula dan garam atopun bumbu penyedap laennya🙂

Menu ketiga adalah pecel. Ini pecel simpel kok soalnya bumbu pecelnya sudah ada. Bumbu pecelnya yang bikin sodara saya di Surabaya hohoho *dan saya menantikan bumbu pecel Madiun, kampung halamannya keluarga besar Gentleman*. Saya emang suka bawa bumbu pecel soalnya praktis. Bahan sayurannya tauge dan kacang panjang kan tinggal negerebus doank. Seharusnya ada sayur bayem ato kangkung sebagai sayur wajibnya. Berhubung tema saya minggi ini cuman tauge dan teri ya sud lah. Inilah pecel ala Chef Wina Dahlan Dewa😀

 
6 Comments

Posted by on January 19, 2010 in daily, girly, trivial

 

6 responses to “Temanya Tauge Teri

  1. Ade Dewa

    January 19, 2010 at 7:23 pm

    wah maknyus tuh…mmmm…jadi pengen dibikinin hehehe🙂
    ga sabar pengen nyobain😉 aq pesen masing2 1 porsi yah, yank

     
    • Wina Dahlan

      January 20, 2010 at 3:43 pm

      Pastilah massssss ;D

       
  2. rika wardhani

    January 23, 2010 at 11:34 am

    Hikss…jadi kangen masakin bwt suami ku jugak….*ndak mole2 mas’e…*

     
    • Wina Dahlan

      January 27, 2010 at 12:16 pm

      sabar yah buk

       
  3. anggra

    January 27, 2010 at 11:55 am

    aku diajari amal masak nasgor : bawang putih 1, bw merah rada akeh. iris tipis2. goreng sampe harum + gosong titik. masukin tomat (bukan tomat merah besar) sing wis diris2 (nek wes dadi enak ono rasa kecut). tambah kecap + sambel abc botolan + garam. masukin nasi. wes iki enak tenan. lengkap rasane manis, kecut, asin, pedes. nek ono daun bawang yo iso ditambahno. simpel tanpa banyak usaha.

     
    • Wina Dahlan

      January 27, 2010 at 12:44 pm

      Kalo gitu ketemu di rumah, aku bikinin yah itung2 sebagai tester😉

       

Leave a Reply

 
