RSS

Dinner at Dinar

03 Feb

Banyak orang di kantor yang bilang seafood di Makassar emang wuenak-wuenak. Bahkan ada yang bilang, gara-gara penempatan di Makassar jadi bisa ngerasain nikmatnya seafood yang asli enaknya. Kalo dah gitu, begitu balik Jawa dan maem seafood langsung deh seleranya jadi jual mahal. Udah terlanjur ngerasain nikmatnya seafood Makassar, selera makan seafood-nya jadi jual mahal dan ngerasa seafood di Jawa kurang nendang semua.

Itulah yang mulai saya rasain juga. Saya emang baru tiga bulan di Makassar tapi dah beberapa kali nyobain seafood dari warung ampe resto mahal, tapi saya ngerasa emang seafood di sini lebih asyik masyuk hihihihi… Yang jelas ukurannya lebih gede-gede. Masaknya juga lebih alami ga pake sikasi bumbu-bumbuan kalo dibakar.

Saya dapet rekomen suatu resto di deket kantor. Katanya ada ikan yang khas di situ yang namanya Ikan Kudu-kudu. Ikannya unik berkulit keras kek kerang. Nama restonya Dinar. Saya googling ternyata ada alamat situsnya tapi itu di cabang Jakarta. Cabang Jakarta datengin ikannya dari Makassar dwonk😀

Kebetulan banget wiken kemaren wakumi (waktu kunjung suami hehehe). Secara Gentleman orang yang seafood mania (but crab yah soalnya dia alergi), jadi dia hayok aja semangat 45 mo nyobain resto yang ngetop. Jadilah kita Sabtu bermalming 30 januari 2010 dinner at Dinar.

Menu kita waktu itu: Ikan Kudu-kudu (32,5K), Cumi goreng mentega yang maknyus (25K), cah kangkung (8K), dan tentunya makanan pokok kita nasi (3,5K) plus minum es kelapa (12K). Ternyata harganya di bawah prediksi. Gw pikir harga ikannya ampe ratusan ternyata ga. Bisa dibilang harganya murmer. Saya cuma kurang puas ama harga nasi ga setimpal ama kuantitasnya :p

Saya baru tau ada ikan yang namanya Kudu-kudu. Bentuknya kotak dan kaku. Beneran loh kulitnya keras banget. Saya jadi penasaran pake alat apa buat mecah kulitnya. Waktu itu siy bagian atas ikan dah dipecah jadi kita bisa ambil daging di dalemnya. Dagingnya putih bersih dengan kekenyalan kek daging ayam. Serius loh!!! Mungkin karna itu jadi dagingnya gampang bikin kenyang. Kita aja makan semua menu itu gag bisa abis bersih. Kita dah keburu kekenyangan ampe seolah-olah ga kuat ngangkat perut.

Kita ada rencana lagi mo ke sana. Pengennya nyoba ikan apaaaa gitu, lupa gue namanya. Yang jelas itu juga ikan khas sana. Huhhh ternyata banyak ikan yang belom saya kenal. Ternyata Indonesia emang bener-bener kaya akan sumber alam hayati🙂

 
 

9 responses to “Dinner at Dinar

  1. endahhh

    February 3, 2010 at 4:34 pm

    Mauuuu… kapan ya ada dines ke makassar?? temen gue yg di makassar jg bilang seafood dsana paling mantap..

     
    • Wina Dahlan

      February 4, 2010 at 7:30 am

      Hayukkkkk ke sini, jangan lupa hubungi gw😀

       
  2. Allhands

    February 4, 2010 at 8:39 am

    Wah belum isi rekeningmu yah buat kirim ikan sunu.
    Win, kalo makanan tuh paling enak ikan laut. Baru tahu yah nikmatnya masakan ikan laut dari Sulawesi? Ha…hal…ha…

     
    • Wina Dahlan

      February 4, 2010 at 9:47 am

      Kapan hari aku nemu penjual ikan sunu tapi jauhhhhh di ujung pelabuhan. Kalo niat mo beli keknya harus naek taxi trus langsung menuju Tiki.

      Yoi man. Seafood Sulawesi emang top markotop dan asli😀

       
  3. amnah-mama raihan

    February 7, 2010 at 7:41 pm

    halo winda met kenal..ketagihan ikan kudu2 goreng tepung ya?? hmm..samma donk..enak banget sih..
    makan seafod di dalah satu resto di daerah Paotere enak juga loh, ikannya segar2..
    ada juga sup kepala ikan yang maknyus di Jl Pettarani..woa ngomongin makanan terus..jadi laper nih hehehe
    btw aku nge-link yah blognya..

     
    • Wina Dahlan

      February 8, 2010 at 7:45 am

      Salam kenal, Mbak Amnah. Namaku Wina loh bukan Wina hehehe

      Yup udah pernah kok maem di Paotere & Ulujuku Pettarani. Enak2 semua kok tapi belom ada kesempatan foto2 di sana buat dimasukin blog😀

      Silakan di-link. Ternyata sama2 LDR ama misua yah, Mbak.

       
  4. loveablerocha

    February 11, 2010 at 1:23 am

    Mbak.. penampakan ikan kudu-kudunya lucu.. So innocent. dan matanya lebar gitu, hehehehe.. Ternyata enak yah dimakan.. Aku orang sulawesi tapi udah lama gak pulang. Dan walau puluhan tahun di Jawa, Papa-Mamaku gak bisa kalo gak makan ikan. hehehehe.. Jadi ngiler nih pengen ke Makassar..

     
    • Wina Dahlan

      February 11, 2010 at 8:40 am

      Ho’oh emang tampangnya melas dan agak nggobloki menurutku (dan suamiku) hehehe…. Oooo dirimu orang Makassar to (bukan Bugis kan?) ayok mudik ke sini ajah!!
      Prasaan orang Sulawesi asli di mana pun juga tinggal pasti ga bisa ga makan ikan😉

       
  5. Astrid

    February 16, 2010 at 9:45 pm

    Mamaku orang Gorontalo, papaku orang Luwuk-Banggai.. Sodara2 ada jg yg orang Bugis.
    Pengennya mbak kesana.. Keburu hamil, hehehhe..
    Tahun ini sudah nyiapin list jalan2 tapi buyar dulu sementara, wekekekek..
    Insya Allah kalo ada waktu pengen banget kesana.
    aku orang Sulawesi tapi lidah Suroboyo.. hihihihi

     

Leave a Reply

 
