RSS

Resepsi ala Toraja

09 Feb

Rabu malem tanggal 3 Februari 2010 saya ada undangan. Kali ini undangan resepsi pernikahan rekan sekantor, Mbak Asni namanya. Jelas saya ga mau ketinggalan acara dwonk. I might be a party goer but definitely not a party thrower wuekekeke…..

Saya pengen tau aja gimana resepsi pernikahan di kalangan suku Toraja. Kebetulan adat yang dipake kan Toraja dengan pake pakaian apaaa gitu, lupa gue namanya di sini. Pokoknya maksudnya pake baju ala western. The bride pake gaun putih dan the groom pake setelan jas. Saya suka baju yang dipake pagar ayunya. Bajunya etnik banget tapi slim dan keknya ga seribet kebaya hehehe

Acaranya diadain di Restoran Bamboden III di Jl. Gunung Latimojong. Terus terang saya suka konsep tamunya bagai duduk di resto. Selama ini resepsi adat Jawa kan lebih banyak yang standing party alias makan sambil berdiri. Menurut saya cara itu kurang Islami. Sebaliknya, adat Toraja ini para tamu duduk di meja-meja yang disediain. Makanan yang disajiin tetep prasmanan. Walhasil, tamunya duduk manis dan rapi di kursi-kursi yang udah disediain dan ga ada yang ‘kleleran’.

Rangkaian acaranya dimulai satu jam setelah jam dimulai acara sesuai yang dicetak di undangannya. Wuehehehe…yah namanya orang Indonesia pasti ada aja jam karetnya😛 Acara dimulai dengan datangnya pengantin. Trus sambutan (baik dari pihak keluarga mopun pendeta) dan potong kue pengantin. Setelah itu, pengantin dan ortunya gabung duduk di meja yang disediain untuk makan bersama.

Setelah makan ada acara santai yang diisi oleh Tarian Modero. Tariannya simpel kok. Siapa aja yang ikut saling bergandengan tangan membentuk lingkaran trus goyang-goyang sambil bergerak seolah-olah lingkaran itu berputar counter clockwise. Semakin banyak yang ikutan semakin besar juga lingkarannya. Konon, di beberapa suku di Sulawesi ada yang mempertunjukkan tarian itu untuk pemakaman. Lho kok bisa, padahal kan lagu pengiringnya riang gembira ala pop dangdut (bayangin aja Poco-poco)? Ternyata filosofinya keluarga yng dapet musibah kematian kan sedih, nah mreka harus dihibur ama musik & tarian yang riang supaya ga sedih lagi. Ooooo begityu🙂

Setelah itu, baru deh tamu-tamu dipersilakan salaman dan ngasi ucapan. Setelah itu baru bisa pulang. Oia pas salaman, di kanan kiri pengantin ada celengan tempat angpauw. Ini lah bedanya ama adat Jawa. Kalo Jawa kan tempat angpauw ada di bagian terima tamu😉

 
6 Comments

Posted by on February 9, 2010 in friends, special occasion, traveling

 

6 responses to “Resepsi ala Toraja

  1. Wina Dahlan

    February 9, 2010 at 3:28 pm

    Ternyata istilah buat pakaian pengantin ala western di sini adalah SELOYOR. Saya baru confirm ke orang asli sini heheh😀

     
  2. anggra

    February 11, 2010 at 3:20 pm

    memang aku ga pernah ke bambuden. tp kt temenku makanan e ga halal

     
    • Wina Dahlan

      February 12, 2010 at 6:45 am

      ga ada issue begitu di kantorku. bahkan orang2 yang aktif di masjid pun juga dateng. wallahua’lam

       
  3. Yusran Darmawan

    February 12, 2010 at 4:13 pm

    maafkan karna saya balas melalui blog anda. untuk ke sengkang, anda tak usah repot. cukup ke terminal daya, maka semua rute ke daerah manapun di sulsel, akan tersedia. thanks yaa

     
    • Wina Dahlan

      February 12, 2010 at 6:05 pm

      Sip oke makasi. Saya tinggal cari waktu buat menjelajahi Sulsel.

       
  4. pepsi

    August 16, 2011 at 2:05 pm

    sekedar konfirmasi soal tarian yang melingkar yg bebas siapa aja blh masuk (dero) krn kebetulan aq org Toraja. dero tdk sm dengan ma’ badong yg juga membuat lingkaran tapi langkahnya berbeda… dero alsinya dr Toraja Bare’e (Pamona/Poso) Sulawesi Tengah… dan itu hanya boleh ada di acara pernikahan atau syukuran dan merupakan tari pergaulan (poco-Ambon; lulo-Sulawesi Tenggara) tdk blh di acara pemakaman(org mati) dan ma;badong itu dr taoraja Tae’ Sulawesi Selatan yg khusus hanya ada pada saat acara pemakaman (orang mati)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: