RSS

Ternyata Bantimurung

20 Apr

Sabtu, 10 April kemaren saya tiba-tiba aja berwisata ama temen-temen. Kali ini kita wisata ke Bantimurung. Dari dulu saya emang belom kesampean ke sini. Saya ngajak Gentleman ke sini pun belom sempet terealisasi.

Kenapa saya ngebet banget ke situ? Coba deh googling sendiri. Bantimurung yang letaknya di Kabupaten Maros terkenal ama air terjun dan goanya. Yang bikin saya penasaran tuh Bantimuurng adalah kingdom of butterfly. Konon, Mr. Wallacea (inget garis Wallacea gak?) menghabiskan sebagian besar hidupnya di sini soalnya tertarik neliti spesies kupu-kupu yang paling banyak di dunia. Indonesia bangga dwonk😀

Wisata kita pertama mampir ke Goa Saripa. Goa ini letaknya di antara pemukiman penduduk jado no cover charge. Banyak pecinta alam, pramuka, dsb yang kemping di situ *tapi waktu saya ke sana sepi-sepi ajah siy*. Uniknya, di dalem sana ada permukaan datar yang luas yang bisa dijadiin tempat pertemua. Orang-orang nyebutnya aula. Kita ga ‘khatam’ masuk ke dalem soalnya bisa ngabisin waktu empat jam. Lagian saya kasian ama badan saya sendiri yang lagi bunting. Saya ga tega juga temen-temen saya ngawal bumil terus :p

Goa Saripan bisa nembus ke area wisata Air Terjun Bantimurung. Dalam area ini juga ada museum kupu-kupu, beberapa macem goa (yang tersohor Goa Mimpi), air terjun dan pemandian. Ternyata yang saya harapkan ga ada tuh😦 Kupu-kupu yang berkeliaran di situ cuman beberapa ajah. Bayangan saya banyak kupu-kupu bersliweran menghiasi pemandangan rindang di situ. Yang ada pemandangan rindangnya doank. Icon kupu-kupunya dah abis keknya😦 Saya curiga jangan-jangan kebanyakan kupu-kupu yang ditangkep dan dijadiin suvenir macem gantungan kunci dan hiasan dinding hiks2.

Kecewa banget deh. Saya jadi ngerasa ketipu ama promosi tempat wisata itu. Bahkan di dalem museum kupu-kupu, yang dipajang pun kupu-kupunya banyak yang rusak dan ilang. Lah wong tempat nyimpennya cuman dikasi kaca. begitu lacinya dibuka, dengan mudah siapa aja ngambil kupu-kupu yang diawetin. Hiks..hikss… sedih deh.

Seharusnya pemerintah setempat memulihkan keadaan alam concerning kupu-kupu. Saya pernah liat tayangan di Trans7 yang ngeliput di Bantimurung. Katanya di situ ada konservasidan tempat pengembangan  kupu-kupu. Bagus emang itu tapi kok yah yang dibiakkan cuman lima amcem kupu-kupu. Kok bisa kupu-kupu yang laen punah??!!😦

 
5 Comments

Posted by on April 20, 2010 in experince, thoughts, traveling

 

5 responses to “Ternyata Bantimurung

  1. Asop

    April 20, 2010 at 2:14 pm

    Aaaaaaaaaaaaaaaaaah ga ada fotonya..!!😦
    Penasaran pengen lihat seperti apa….. hiks…😥

     
    • Wina Dahlan

      April 20, 2010 at 2:17 pm

      Pengen liat foto yang mana? heheh

       
  2. Allhands

    April 20, 2010 at 9:47 pm

    Kamu salah waktu datangnya Win…Makanya nggak ketemu kupu-kupu🙂

     
    • Wina Dahlan

      April 21, 2010 at 7:05 am

      Waktu yang tepat kapan donk?

       
  3. Wina Dahlan

    May 14, 2010 at 9:53 am

    Ada berita yang baru ngakuin ragam kupu-kupu Bantimurung berkurang niy http://sains.kompas.com/read/2010/05/14/09021188/Ragam.Kupu-kupu.Bantimurung.Menyusut-5

     

Leave a Reply

 
