RSS

Kiblat Baru

29 Aug

“Menghadap ke arah mana kalau kita shalat?” Itulah salah satu pertanyaan ulangan pas ulangan kelas 3 SD. Saya ngisi jawaban dengan “Barat/Kiblat”. Jawaban benar. Ada teman saya yang jawab “Barat” aja tapi disalahin ama guru agama Islam saya waktu itu.

Tindakan Pak Taslim, guru itu, bener donk. Meskipun pas jaman kecil saya diajarin patokan arah kiblat adalah barat tapi logika saya berkata kurang tepat. Yang paling tepat adalah arah barat miring kanan alias arah barat laut. Saya kalo shalat slalu miringin sajadah lebih ke kanan alias ngadep barat laut. Saya mayan sering dikomentarin soal terlalu miringnya arah sajadah saya. Saya mah tetep keukeuh kalo arah barat laut lebih tepat kiblatnya. Itu pun juga tergantung di kota bagian mana saya berada. Kenapa? Liat aja di peta! Di mana coba arah negara Arab Saudi kalo diliat dari Indonesia?

Sebelumnya, kita kembali ke definisi kiblat. Saya ga tau deskripsinya kalo menurut kamus besar bahasa Indonesia. Menurut saya kiblat adalah arah patokan kaum muslimin menghadap pada saat shalat which is dilambangin dengan ka’bah yang berada di negri Arab Saudi. Kalo ada yang kurang tepat, tolong dikoreksi😉

Nah….makanya menurut saya salah kalo ada orang tua yang ngajari kiblat = barat. Secara geografis Indonesia ga pas di sebelah timurnya Arab. Trus trus yang jadi pertanyaan brikutnya adalah gimana kalo kita ke luar negri, arah kiblatnya di mana hayo? Belakangan saya tau, di Suriname yang banyak keturunan Jawa ada dua tipe masjid berdasarkan arah kiblat. Yang pertama, kiblatnya ke arah barat sesuai dengan ajaran nenek moyangnya (orang Jawa yang migrasi ke sono). Kedua, masjid baru yang arah kiblatnya dah dibenerin sesuai dengan letak geografis Suriname terhadap Arab Saudi😀

Akhir-akhir ini MUI ribut soal pembenahan arah kiblat bagi kaum muslim di Indonesia. Menurut saya lucu. Kok baru sekarang MUI benerin arah kiblat yang bener adalah barat laut. Ada juga himbauan masjid-masjid benerin arah kiblatnya. Setau saya himbauan ini juga ga terlalu populer untuk dituruti padahal isu ini akhir-akhir ini santer. Kodong….

 
2 Comments

Posted by on August 29, 2010 in announcement, experince, happening, thoughts

 

2 responses to “Kiblat Baru

  1. Asop

    August 29, 2010 at 8:21 pm

    Kalo mau tahu kiblat yang benar, bisa pakai google earth. Pokoknya menghadap ke ka’bah.😉

     
    • Wina Dahlan

      August 30, 2010 at 7:54 am

      Ga cuman google earth, yang penting ada peta so arahnya bisa ditentuin sendiri kan😉

       

Leave a Reply

 
