RSS

Ramadhan dan Lebaran Taun 2010

18 Sep

Ramadhan taun 2010 saya alami dalam keadaan hamdun pertama kalinya. Ga ada persiapan khusus. Saya sendiri dah niat ikutan puasa tapi diselingi juga ga puasa. Pokoknya kalo kondisi ga enak dibatalin aja. Di luar Ramadhan saya harus bayar utang puasa wajib itu. Walhasil, saya itung-itung saya utang 10 hari puasašŸ˜¦

Terus terang Ramadhan taun ini saya ngerasa agak ga enak. Awalnya saya excited as usual mo nyobain buka sekaligus traweh di masjid-masjid terkenal di Makassar. Inceran pertama pastinya Masjid Raya Makassar. Apa daya beberapa hari pertama puasa, saya justru kudu dinas di Jakarta. Bisa ditebak kan kalo trawehnya saya ga full di masjid.

Balik ke Makassar, keadaan fisik saya keknya kurang bisa diajak bercapek-capek ria. Walhasil, saya cuman sehari doank traweh di masjdi deket kosanšŸ˜¦ Itu pun saya ngerasa capek dan sedikit sakit pada kaki. Tau sendiri kan kalo shalat jamaah tergantung imamnya. Kalo kecepetan, I could’t follow the pace. Kalo kelambatan, perut saa tersiksa terutama pas sujudšŸ˜¦ Saya traweh sendiri di kosan. Itu pun ga tiap hari. Kalo saya kudu pulang agak malem aja saya dah kecapekan hiks…hiks.

Dua kebiasaan itu terlewat sudah tapi syukur alhamdulillah masih ada yang bisa saya pertahanin. Alhamdulillah saya masih bisa khataman Alquran selama satu bulan Ramadhan itu. Well, malahan ngajinya ga sampe sebulan soalnya saya mulainya setelah balik dari Jakarta.

Kalo lebaran pasti ada yang beda. Kali ini saya pertama kali punya dua keluargašŸ˜€ Ada tambahan dari misua kannnnn. Malem takbiran saya nginep di rumah mertua. Saya sempet liat anak-anak sekitar situ maenan mercon. Kiddos keknya ga terlalu suka keramaian deee soalnya bergejolak terus dalem peyut saya.

Shalat Ied saya lakukan bersama mama mertua di masjid deket situ. Adek ipar lagi kedatengan ‘tamu’ jadi gag shalat. Papa mertua dan Gentleman suka dateng terakhir siy….Kalo jamaah wanita takut ga kebagian tempat. Setelah itu, ada sungkeman maaf-maafan. Believe it or not, ini sungkeman pertama kali dalam seumur hidup saya kali yaaaa… Soalnya kalo tradisi Surabaya asli kalo maaf-maafan ga pake acara bersimpuh gitu. Kalo pun ada orang Surabaya yang pake sungkeman, percaya deh pasti tetuanya ga murni arek Suroboyo asli. Pasti ortunya atow eyangnya ada yang dari daaerah laenšŸ˜‰

Karna rumah mertua deketan ama keluarga besarnya mama mertua, kita unjung-unjung dulu ke tetangga sekaligus sodara. Kita sendiri juga banyak kedatengan tamu kokšŸ˜€

Agak siangan baru deh saya dan Gentleman capcus. Kita menuju ke Sidoarjo. Ini acara halal bi halal Keluarga Hamanda as usual. Kali ini yang jadi shahibul bait adalah Om Farid. Acara kali ini yang dateng ga sebanyak taun lalu tapi cukup ngobati kangen lah ama Keluarga Hamanda. Acara puncaknya ya bersalaman maaf-maafan. Oia, kali ini ga ada yang bagi-bagi angpauw. Kalopun ada ga ngefek kaliiiiiiiii secara saya dah nikah, malah saya diharepin ngasi angpauw buat adek-adek sepupu yang kecil :p

 
Leave a comment

Posted by on September 18, 2010 in daily, experince, special occasion, thoughts

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: