RSS

24 Oktober 2010 Ketika Melahirkan Si Kembar Sendirian

28 Nov

Manusia cuman bisa berencana tapi Allah yang menentukan. Kalimat kek gitu sering kita denger. Kita semua pasti juga tau emang Allah The Almighty yang punya hak privilege untuk menentukan peristiwa terjadi atau ga.

HPL saya seharusnya tanggal 28 November 2010. Bala bantuan yang terdiri dari mami dan seorang ART rencana dateng sebulan sebelumnya, yaitu tanggal 27 Oktober 2010. Rencana persiapan lairan pun dah disusun rapi. Sebenernya ada juga temen kantor, Tara, yang bersedia nginep di rumah selama saya sendirian. Apa daya dia baru nginep semalem tapi kudu dinas ke Jakarta.

Who knows bout tomorrow or even a minute later? Minggu subuh tanggal 24 Oktober 2010 saya bangun tidur dengan perut mules. I thought it was just common symptom of BAB. Saya BAB aja kek biasanya. Setelah shalat subuh pun saya masih mules. Sempet terpikir ini keknya Braxton Hicks soalnya saya itung kontraksinya random kadang 10 menit, kadang kurang, kalo ga direken ya bisa ga kerasa.

Rutinitas wiken di rumah saya batalin. Saya ga mau jalan pagi, bersih-bersih rumah, gardening, bahkan masak pun enggan. Ga lupa saya ajak kiddos ngomong supaya jangan kluar dulu. Jadilah saya bertekat mo jadi anak kos-kosan mode on aliyas beraktivitas cukup di satu kamar ajah. Saya maem sarapan seadanya di kamar. Beranjak dari kasur, eh terjadilah sesuatu yang saya takutkan. Ada flek kecoklatan nembus di sprei sodara-sodara!!!

Panik? Tentu iyah!!! Sempet terpikir ngetuk pintu tetangga asking for help tapi saya telfon mami dulu. Pokoknya don’t panic & be positive thinking. Saya pikir kalo pun kontraksi beneran paling-paling baru bukaan 1 trus kalo bukaan brikutnya lama ya disuru pulang. Pengalaman mami dulu juga gitu. Saya juga telfon Gentleman. Saya minta dia hari ini juga terbang ke Makassar dan minta ijin stay beberapa hari etlis tiga hari sebelom mami dateng. Sayangnya, flight yang ada baru jam 7 sore ntar hiks…hiks.

Saya mandi cepet-cepetan trus pesen taksi. Ga lupa saa bawa satu tas gede yang isinya barang-barang yang sekiranya bermanfaat buat persalinan (ternyata ga komplit-komplit amat). RS yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 10 menit tenyata kudu terhambat. I forgot that it was Sunday. Every Sunday morning car free day in the Losari area. Padahal RS Stella Maris pas di depan anjungan Losari!!!

Beuhhhhh….kalo taksi muter dulu bisa jadi nambah 15 menit lagi itu pun kalo macetnya merambat lancar. Karna pengalaman macet di Jakarta dulu, saya tau bakal makin stres kalo naek kendaraan umum dalam kemacetan. So I decided to walk 300m toward hospital. Banyak yang bilang saya gila karna sempet-sempetnya jalan. Well, saya kan demen jalan kaki dan saya yakin kecepatan jalan saya lebih cepet daripada taksi yang kejebak macet😉

Keputusan untuk jalan kaki tepat lho. Saya bisa jalan pagi di sepanjang jalan Losari melewati kerumunan orang sekaligus cuci mata. Bahkan saya sempet ketemu beberapa temen yang lagi sarapan di sana. Ada Adi Bagus dan beberapa temen laen yang lagi OJT di kantor. Kita sempet say hi. Si Bagus sempet tanya saya mo ke mana dan ama siapa. Saya jawab ajah “Mo ke UGD. Suami gw ntar sore baru ke sini. Udahan yah gw buru-buru”.

Saya langsung menuju UGD. Di sana dokter jaga keknya juga bingung jadi nyuruh aja opname. Saya agak ga suka lha wong belom dipriksa bukaan. Saya kasi aja ‘surat sakti’ dari obgyn saya untuk opname kalo sewaktu-waktu ada kontraksi. Hmmm sebenernya saya udah diperingatkan ama obgyn kalo gemelli aliyas kehamilan kembar dua biasanya lairan pas 36w. Saya waktu itu pas 35w jadi bener-bener unpredictable.

Saya ‘digiring’ ke kamar bersalin dulu. Sebenernya kamar saya dah disiapin. Brubung kamar VIP letaknya di lante paling atas, pojok pula jadinya saya ‘dititipin’ di kamar bersalin sampe keluarga saya dateng.

Di situ saya dipriksa intensif. Saya cuman dibolehin pake sarung sebagai bawahan baju. Saya dipriksa dalem ‘di bawah sana’ (surely uncomfortable) ama bidan dan masih bukaan 1 kek dugaan saya. Setiap 4-6 jam progress bukaan dipriksa lagi. Detak jantung bayi dipriksa tiap setengah jam sekali.

Makin siang kontraksinya makin seru. Saya amati kontraksi tiap 3-5 menit. Saya dah ga kuat lagi ngomong banyak jadi saya ga mau ditelfon, cukup smsan. Brubung nunggu obgyn dateng lamaaaa banget, saya ngusir kebosanan dengan buka fb (sempet apdet status pula!). Saya sempet baca status temen SMA, Johan Asa, yang lagi maen di Makassar. Dia lagi ngider di daerah Losari. Sebenernya mo bilang tapi saya gag tega ngerusak kesenangannya. Lagian saya gag nyaman juga kalo mo bersalin ditungguin cowok yang bukan keluarga saya… LOL

Obgyn ditelfon jam 9 tapi baru dateng jam 12. Begitu dateng saya dipriksa dalem lagi (dohhhhhh!!). Masi bukaan satu tapi kontraksi makin kuat. Dokter sempet bilang ke saya diusahain partus normal. Kalo bukaan dah komplit dia kudu ditelfon lagi. Horrayyyy…saya seneng banget begitu denger itu meskipun sakitnya makin seru. Durasi setiap kontraksi dah mencapai 25 detik. Kata salah satu bidan kalo deket lairan malah duraasinya bisa 40-60 detik. Oucchhhhh…kuat ga ya? Wis bismillah ae all the best buat kiddos. Makanya, saya disuru makan banyak. Nafsu makan sih iya tapi ga nyaman banget tiap kali kontraksi dateng, perut kaku jadi ga bisa ngunyah, bisanya meringis kesakitan.

Hari makin sore pun kontraksi makin kenceng. Saya yakin progress bukaan makin nambah. Saya sempet kebelet pipis trus turun dari kasur. Eh ternyata pas di toilet saya BAB juga. Pas mo slesein ritual di toilet tiba-tiba saya ngerasa ada gumpalan darah yang banyak kluar dari ‘bawah sana’. Fyi, waktu itu perdarahan saya cuman flek kecoklatan yang makin banyak belom warna merah segar blas. Pas ‘gumpalan’ itu kluar saya pegang kok berasa bentuknya kek kue perut ayam?! Saya inget dulu pernah mimpi kek gini, tali pusat baby kluar duluan. Kebanyakan mimpi saya jadi kenyataan loh. Lagian tadi malemnya saya juga mimpi ‘riding solo’ aliyas kudu jadi single fighter ngadepin peristiwa besar. Oh oh…sepertinya ini tanda buruk. Sebelum saya tarik kluar, saya buka pintu toilet dan dengan lantang tanya bidan “Mbak, ini darah beneran atau sesuatu yang laen” sambil nunjuk bawah. Si mbak bidan bilang “Ibu, itu tali pusat anakny kluar. Cepet kembali ke kasur!!”

Bidan yang laen telfon pak dokter obgyn. Yang nuntun saya kembali ke kasur tanya ketuban saya dah pecah belom. Saya ga ngerasa ketuban pecah tuh. Pas dah baring, saya dipasangin oksigen dan disuru lebih teratur nafasnya.

Bak disambar gledek rasanya begitu saya dikasi tau kudu sectio caesar saat itu juga. Saya disuru hubungi keluarga atow temen yang bisa tanda tangan persetujuan oprasi. Sebenernya ada sodara sepupu Gentleman di Makassar tapi rumahnya jauh. Lagian saya ga tega dia kan baru punya anak umur 6 bulan pula. However saya telfon dia. Keknya dia ngutus suaminya dan papinya dateng. Perkiraan setengah jam lagi dateng. Ternyata eh ternyata ga guna juga telfon keluarga soalnya saya disuru tanda tangan sendiri karna ga bisa ditunda oprasinya😦

Feeling saya bener dari awal kehamilan kalo saya kudu berjihad sendiri tanpa ditemani keluarga dan teman satu pun. Saya coba rileks dan banyak dzikir doa. Alhamdulillah tensi saya stabil 130/90. Sectio pun bisa dilaksanakan secepatnya. Dokternya pun dah muncul loh padahal siangnya kan dia dateng dua jam setelah ditelfon.

Pas sectio berlangsung sempet terbersit pikiran kehilangan nyawa. Lah wong di situ saya bener-bener ga berdaya. Bius lokal di perut dan kedua tangan saya diikat. Tangan kiri deket monitor memantau heart rate, tensi, dsb. Tangan kanan saya ditempeli alat buat liat monitor itu. Saya menyemangati diri sendiri supaya bertahan soalnya kasian kiddos kalo lair tanpa ibunya. Subhanallah yah rasanya proses jadi ibu makanya bisa dibilang jihad.

Ada yang ganjil di proses persalinan saya. Sempet dokter anastesi keceplosan bilang “Ihhhh kecilnya”. Well, saya tau kalo salah satu kiddos ukurannya jauh lebih kecil jadi saya nyante ajah. Trus waktunya baby left (maksudnya bayi yang ngendon di perut kiri saya) diangkat. Yang ini agak susah soalnya dokter anestesi kudu bantuin dorong dari bagian atas tubuh saya. Keknya nyenggol lambung saya walhasil saya sukses memuntahkan semua makan siang saya. Saya pun ngerasa makin haus dan mulai dehidrasi. Sedihnya, saya malah dikasi tau kudu puasa etlis 24 jam setelah sectio. Kodongggggggg….

Baby left berhasil diangkat. Saya pun seneng denger tangisannya. Dia langsung dibawa bidan keluar. Nah, ini yang ga saya senengi. Masak saya ga dikasi kesempatan IMD. Saya cuman ngerasa jadi orang lemah ajah😦 Saya cuman bisa ngeliat kakinya doank pas digendong bidan.

Trus dokter bilang sekarang waktunya dijait. Wot?! Kok cepet…Prasaan tangisan bayi cuman satu. Jangan-jangan…. Kalo pun beneran baby right ga selamat saya dah pasrah dan ikhlas. Yang bikin mangkel dokter-dokternya ga mau ngabarin. Mungkin mreka jaga prasaan saya siy tapi saya yakin emosi saya waktu itu bener-bener stabil ga menye-menye.

Setelah dijait, saya dibawa ke recovery room. Ada bidan yang nyamperin saya. Saya tanya-tanya keadaan kiddos loh. Saya mangkel lagi gara-gara ini bidan ga punya sopan santun. Masak saya tanya “Gimana mbak dua-duanya sehat kan?” Ehhh…dia langsung nylimur dan ngacir!! Pengen rasanya maki-maki dia. Saya jadi heran apa dokter, perawat, bidan di sini ga diajari juga soal sopan santun mengabari berita duka? Saya jadi inget film ER yang ada episode dokter baru wajib diajari gimana cara ngasi tau ke pasien soal berita duka secara sopan.

Untung aja Om Yus dan Anto dateng juga dan boleh masuk ke dalem recovery room. Dengan jujur dan straight to the point dia ngabari kalo salah satu baby meninggal. Saya cuman bisa tersenyum dan bilang “Sudah kuduga”. No overwhelming tears. See Doc….I’m stable enough to hear bad news.

Pas maghrib saya dipindah ke ruang ICU. Mungkin karna saya masi gag boleh bangun dan kudu puasa etlis 24 jam setelah oprasi, jadi saya ditaroh di sana. Saya sempet sms beberapa temen termasuk Mbak Yuli, sekretaris di kantor, yang akhirnya hubungi temen-temen kantor lainnya. Selama nunggu keluarga dateng saya cuman bengong dan mikir kejadian hari itu. Subhanallah…. It made me quite shock til I didn’t wanna be called by anyone. Yang bikin saya sedih dan nangis sendiri tuh I hadn’t even seen my kiddos😦

Jam 9 malem baru dateng Gentleman bersamaan ama temen-temen kantor. Bos-bos saya pun dateng. Otomatis saya crita kejadian hari itu. Ending-nya saya agak terpatah-patah ceritanya. It was like my cry finally shed for the first time.😦

Dohhh…saya lagi nulis ini aja jadi males inget-inget waktu itu. In short, mami beserta MIL, PIL, dan SIL brangkat pake flight paling malem. Jadwalnya jam 11 malem tapi delay jadinya saya baru bisa ketemu mreka jam 3 dini hari. I guess I was born to be a single fighter. Whatta day!!!!!!!

 
7 Comments

Posted by on November 28, 2010 in announcement, experince, kiddos, thoughts

 

7 responses to “24 Oktober 2010 Ketika Melahirkan Si Kembar Sendirian

  1. intan

    November 29, 2010 at 9:24 am

    mewek bacanya..
    dasar Intan cengeng..
    tapi apapun itu.. proud of u mama wina..
    *hugs*

     
    • Wina Dahlan

      November 30, 2010 at 11:19 am

      selama hamil sampe melahirkan aku jarang mellow heheh
      thanks intan🙂

       
  2. astrid

    November 29, 2010 at 8:31 pm

    Astaghfirullah.. Aku nangis banget baca cerita ini. Ya Allah mbak.. Gak bisa bilang apa2. Semoga Allah selalu menguatkan kita.
    Jadi inget,aku jg mimpi sebelum lahiran itu, kalo aku mimpi pas jalan dihalangi ular besaaaar banget terus tiba2 ada cowok asing yg megang lenganku terus bilang “ayo, saya tuntun bu. Kita pasti bisa lewat”
    Dan yes, aku sempet males nulis krn rasanya males bgt inget2 kejadian kmrn. Sampe skrg pun kalo liat foto Ganendra pas dipakein baju mau plg dari RS, aku selalu nangis..
    Be tough mommy.. Maaf ya mbak belum sempet kirim paket kedua hari ini. Aku sakit abis blk dr jkt..

     
    • Wina Dahlan

      November 30, 2010 at 11:25 am

      Serius nangis??
      Sebenernya pas nulis ini prasaanku dah jauh lebih mending makanya ga sepiro’o melas, masih ada bumbu2nya heheh..
      Aku mo nulis ttg pengalaman di NICU tp iki jauh lbh males

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: