RSS

NICU Memicu Stres

16 Dec

Udah sebulan lebih saya nunda nulis postingan ini. Males banget kalo saya inget-inget jaman Andra di NICU.

Pengalaman nungguin Andra dirawat di NICU selama tiga minggu bikin saya ricuh. Well, saya dapet ilmu dan pengalaman juga di situ tapiii….tetep banyak ga enaknya. Bayangin aja sejak saya melahirkan saya belom ngeliat anak saya sendiri sampe hari keempat. Masalah-masalah yang terjadi sejak melahirkan cukup sukses biki n saya linglung, suka ga nyambung kalo diajak ngomong, dan emosi yang fluktuatif.

Makanya maap-maap aje kalo waktu itu banyak sms dan telfon yang ga saya bales. Kebetulan juga (yang menyengsarakan) hape saya tiba-tiba eror dan SIM card saya keblokir. Saya bener-bener putus ama dunia komunikasi luar. Saya juga memutuskan untuk deactivated akun fesbuk saya. Saya pengennya tenang supaya cepet pulihnya.

In short, masalahnya Andra dibagi dalam tiga minggu. Minggu pertama Andra punya masalah pencernaan. Alhamdulillah ga lama untuk handle masalah ini sesuai dengan fasenya. Saya pikir begitu dia dah stabil dan sanggup mencerna ASI dengan baek bakal dibolehin pulang. Ternyata it wasn’t that simple.

Klimaksnya justru trjadi pas minggu kedua. Bayangin aja tiba-tiba Andra ngalamin apnea tiga kali. Dia ga bernafas dan hampir kehilangan nyawa  Kalo inget kejadian itu saya ngerasa jadi orang paling ancur di dunia. Saya cuman bisa berdiri nangis mandangin baby saya dikrubungin ama ama dokter dan perawat. Ga lupa saya doa supaya dimudahkan kesembuhan Andra kalo emang dia panjang umur. Kalo nyawa Andra dah ditetapkan dalam Lauhul Mahfuz sampe di situ, saya minta supaya dimudahkan juga. Saya dah pasrah dan ikhlas kalo emang yang terbaik gitu. Alhamdulillah yang terbaek adalah Andra survived. Tapi setelah itu dia demam yang menghambat fototerapinya. Belom lagi lendir banyak yang nyebabin apnea, kudu bener-bener diilangin. Masalah bb juga malah drop jadi 1,7-1,8 kg  It was the hardest week for me.

Slaen itu, saya juga mulai agak ga seneng ama para perawat dan koasnya. Gile aje, kalo dah jam 12 malem lebih mreka termasuk dokternya pada tidur. Kadang kalo ada bayi yang nangis ga kedengeran. Makanya saya bela-belain bobok di samping inkubatornya Andra. Tiap hari saya bobok di lante. Kalo pun ada koas (dokter muda yang lagi praktek) yang bangun, itu ngepasin jadwal bayi-bayi di situ untuk mik susu dang anti popok. Gag keren yah, koas praktek kerjaannya cuman bikin susu dan gantiin popok wuahaha…. Kalo perawatnya nyebelin suka ngomentarin saya pake botol kaca buat simpen ASI. Hellowwwwww….emangnya kalian ga tau yah kalo botol kaca justru ga mengandung BPA jadi aman buat nyimpen ASI daripada botol plastic dot. Ada lagi yang mangkelin waktu ngajarin saya PMK (Pengasuhan Metode Kangguru). Mereka nolak ngajarin saya pake kaen baby wrap saya sendiri alesannya bahannya stretch jadi bisa membahayakan newborn. DSA-nya sendiri juga ga nganjurin. Setau saya baby wra kan juga bisa dipake buat preemi. Ujung-ujungnya saya disuru beli kain gendongan khusus PMK bikinan perawat situ. Dohhhhhh!!!

Eniwei, memasuki minggu ketiga saya agak lega. Alhamdulillah kabel dan selang yang nempel di sekujur badannya Andra dah dilepas semua  Saya lebih leluasa gendong dan kasi nenen. Yang jadi perhatian utama adalah naekin bb-nya. Waktu itu bb back to basic 1,9kg. Saya cukup stress soalnya dalam seminggu itu naeknya dikit paling banter jadi 2050 gram. Itu pun naek karna dikasi HMF (Human Milk Fortifier) dari DSA. Alhamdulillah akhirnya Andra diijinin pulang karna saya dah bisa PMK dan DSA nilai saya stress jadi pengaruh banget nenenin Andra (gimana ga stress kalo kasi susu dijadwal dan ditakar trus kalo nenenin di ruang menyusui kadang ada bapak-bapak di situ yang malah bikin rusuh ajah). Lagian saya punya stok HMF sendiri. Thanks to Astrid atas sumbangan HMF sebanyak 15 sachet yang khusus dikirim buat Andra dari Surabaya (soalnya di Makassar belom ada yang jualan). Eh pake ditambahin tiga jumper newborn lagi. Huhuhu brotherhood of preemi emang erat. Semoga Andra bisa playdate ama Ganendra yak 

 
7 Comments

Posted by on December 16, 2010 in announcement, experince, kiddos, thoughts

 

7 responses to “NICU Memicu Stres

  1. debi

    December 16, 2010 at 10:03 pm

    bukk..selamat yaa udah lahiran maaf aq udah jarang blog walking paling ngetik buat diri sendiri di blog sendiri, abis kalo blog walking suka lupa..
    jadi lahiran di makassar ya?? selamat yaw ah aq ndak bisa bayangin tegangnya kamu pas andra kena apnae ya..itu penyebabnya apa?
    dulu waktu lahir qania kuning (dipadang ng ada panas pula) berat badan turun mnm susu mls akhirna fototerapi tapi kayaknya kamu di rumah sakit umum yha
    aq ndak mau…abis maaf yha perawat ama dokter koas bikin sakit hati,
    aq malah masuk rumah sakit katolik yng emang beda,..tiap 2 jam aq disuruh mimik in qania..waktu darahnya diambil aq ndak tega banget…
    moga andra cepat naik lagi yaa BB nya btw HMF itu apa yha

     
    • Wina Dahlan

      December 17, 2010 at 4:03 pm

      Hihihi emang di negara ini namanya RS punya pemerintah mesti pelayanan & fasilitas kurang memuaskan dengan alasan klise, ga ada dropping dana. Andra terpaksa dirujuk di situ soalnya satu2nya NICU di KTI. Semua DSA di KTI slalu ngerujuk newborn yang bermasalah ke situ. Emang fasilitas & SDM khusus disiapkan di situ. Kebetulan ini merupakan program pemerintah yang resmi berdiri pertengahan 2010 di KTI. AKu mah bersyukur kalo di sini dah ada gitu. Kalo ga, bisa2 Andra dirawat dalam inkubator jadul.

      HMF tuh penambah kalori untuk ASI. Ini diberikan kepada premi yang beratnya susah naek.

       
  2. endahhh

    December 17, 2010 at 9:17 am

    salut sama kamu win…

     
    • Wina Dahlan

      December 17, 2010 at 4:04 pm

      thanks

       
  3. Efi

    December 20, 2010 at 12:49 pm

    Hey bu, salam kenal…
    Semangat utk cute babynya..everything will be ok. keponakanku jg ada yg prematur lahir 7 bln (1,2kg)…sempet di ikubator. alhamdulillah sekarang udah 11 thn…and she’s good. salah satu kuncinya: hindarkan dia dari udara yg jelek, klo bisa yg deketin dia jg harus pake masker.

    semangat selalu ya bu.

     
    • Wina Dahlan

      December 28, 2010 at 10:46 am

      Salam kenal juga
      Ok makasi buk🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: