RSS

Hampir Terpengaruh Mitos

30 Dec

Ini cerita tentang mitos-mitos seputar kehamilan saya dulu. Sebenernya saya mo post pas lagi hamdun dulu tapi keburu ilang mood nulisnya. Yang saya bahas ini khusus mitos yang ada di current place.

Namanya mitos ga berlaku universal. Selama saya hidup di Jawa saya ga kenal mitos ini. Adalah ibu-ibu rekan di kantor yang bilang kalo bumil kudu pake xxx (sori lupa gw namanya soalnya pake bahasa sini) yang ditaruh di balik celana. Tujuannya adalah untuk melindungi si janin dari gangguan makhluk halus. Dipercaya bahwa makhluk halus di sini demen gangguin calon manusia penghuni bumi.

Akal sehat saya pas lagi dibilangin gitu otomatis berontak. Otak saya sampe bongkar-bongkar ingatan lama apa bener di Jawa ada kepercayaan itu dan gimana menurut ajaran Islam. Beneran saya hampir terpengaruh pas saya disuru beli benda xxx itu. Katanya benda itu dijual di pasar tradisional loh hihihi… Kalo ga salah emang bahannya dari empon-emponan *nah lohhh apa gag tambah aneh tuh*.

Saya buru-buru curhat ke mami dan temen-temen. Syukurlah mreka ‘sealiran’ ama saya yang ga percaya mitos. Saya punya keyakinan kalo mo berlindung dari godaan syaitan yah berdoa minta kepada Allah. Bukankah itu arti dari bacaan ta’awudz?๐Ÿ™‚

Nah, pas jalan cerita saya lairan ternyata unpredictable and a li’l bit painful ibu-ibu itu mulai deh ngait-ngaitin *keknya siy kalo diliat dari gesture dan arah pembicaraannya*. Ceritanya abis Andra pulang dari RS, temen-temen kantor pada jenguk di rumah. Mreka ngeliat Andra’s little kingdom (sebutan saya buat kasur kecilnya Andra). Ehhhh..saya dibuat bengong begitu saya ditanyain ada Al-Qur’an, tasbih, sisir kecil, dan cermin ga. Sumpe de saya tercengang dan memberanikan diri tanya “Buat apa ya?”. Ternyata menurut kepercayaan di sini benda-benda tersebut bisa nolak bala juga kalo ada makhluk halus yang ganggu. Kalo Al-Qur’an dan tasbih okelah saya bisa mentolerir tapi alangkah baeknya kalo dua benda itu juga dipake (buat ngaji dan dzikir). Kalo sisir dan cermin buat apa coba???????

Kebetulan ada Al-Qur’an dan tasbih deket situ. Mreka taruh di tepi little kingdom. Slanjutnya mreka tanya lagi soal benda xxx apa beneran saya pake selama hamil. Saya dipaksa jawab pertanyaan itu dan saya jawab jujur “ENGGAK”. Untung mreka ga komen lebih lanjut lagi, tapi saya tau mreka saling melirik dan body language-nya menandakan bahwa sepulang dari rumah saya pasti mreka bakal ngerasani saya :p

Who cares bout the myth? Pokoknya saya percaya sama ketentuan Allah. Kalo manusia dah berusaha semaksimal mungkin dan ternyata hasilnya ga sesuai harapan atow malah dapet cobaan, apakah itu karna ga nurutin mitos? I don’t think so.

 
4 Comments

Posted by on December 30, 2010 in experince, kiddos, office, thoughts

 

4 responses to “Hampir Terpengaruh Mitos

  1. Astrid

    December 31, 2010 at 12:05 am

    mbake, bukannya aku percaya mitos ya.. tapi emang bener kalo makhluk halus suka gangguin bumil dan anak kecil. Percaya atau enggak “ilmu” disana masih ada. Banyaklah yang aku tau dari sodara2ku. tapi setuju kok nanggepinnya dengan logika aja, banyak baca2 al-quran. jangankan di sana, disini aja aku bolak-balik “diomelin” book sama orang2. pas ke salon kebetulan yg punya wong jogja, huwaduuuh, diomelin abis2an gara2 aku potong rambut. Gilee.. aku bales aja, wong di Al-Qur’an gak onok kok! wekekek..
    mitos itu kalo orangnya percaya ya pasti kejadian rata2 kalo enggak selama kita gak aneh2, Insya Allah selamat. hehehehe

     
    • Wina Dahlan

      December 31, 2010 at 6:31 am

      Oh kalo kepercayaan-kepercayaan sebenernya ga masalah buat aku tapi cara ngadepinnya itu loh. Menurutku selama ga ada di dalam Al-Quran yah buat apa. Senjataku cuman shalat, doa, ngaji, dan percaya Allah.
      Soal “ilmu” di daratan Sulawesi emang macem-macem. Katanya masi ada daerah dan suku tertentu yang “ilmu”nya sangat mempan dan bisa jadi ga bisa ilang seumur hidup. Pokoknya kalo aku kembalikan ke logika dan ajaran Islam. Yang penting we do our best and let Allah do the rest๐Ÿ˜€

       
  2. Sukmadityasari

    January 8, 2011 at 12:20 pm

    I Like It ^^

     
    • Wina Dahlan

      January 10, 2011 at 7:32 am

      Tengkiu moja :-*

       

Leave a Reply

 
