RSS

Masuk Kerja

14 Jan

Hampir lupa saya posting tentang satu ini. Yup, gak kerasa saya udah menginjak minggu ketiga masuk kerja lagi setelah cuti melahirkan. Loh kok cepet? Iya nih, saya masuk satu bulan lebih cepat dari rencana semula.

Saya mulai cuti tanggal 25 Oktober 2010. Rencana Keinginan saya masuk tanggal 25 Januari 2011 supaya pas tiga bulan. Sebenernya keinginan saya ini lemah dasarnya. Saya tau dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 ngatur bahwa cuti melahirkan selama tiga bulan yang terbagi 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan setelah melahirkan. Kalo kenyataannya melahirkannya maju, jatah sisa hari sebelum melahirkannya hangus. Trus dalam PKB tempat saya kerja juga ngatur demikian, bedanya hari cuti 1 bulan sebelum dan 2 bulan sesudah. Karna negara kita nganut azas lex spesialis derogat lex generalis, jelas-jelas saya wajib patuh aturan itu kan.

Kenyataannya, saya denger ada temen yang pengalaman cuti melahirkan tiga bulan pasca-melahirkan. Kebiasaan di kantor emang selama bos ngijinin, hal-hal yang urgent bersifat personal bisa ditoleransi asal ga ngganggu kinerja. Wah, saya seneng banget donk denger itu.

Meskipun ada pekerja (jargon di kantor nyebut pekerja = karyawan permanen dan OS = karyawan outsourcing) yang ngingetin cuti saya cuman 2 bulan, saya mah nyante-nyante ajah. Saya yakin bos ngijinin. Lagian absen di kantor masih manual, jadi bisa lah diatur😉 hihihi.

Seminggu sebelum natal, saya confirm ke sekretaris. Dia ini salah satu ‘kuncinya’ masalah absensi. Dia bilang ternyata cuti saya cuman 2 bulan. Lah saya ga terima donk, jadi saya nunjuk temen-temen sebelumnya yang ambil cuti 3 bulan. Eh, ternyata dengan santenya dijawab “Dia kan OS, mbak jadi ga terikat aturan perusahaan”. Trus saya nyoba ngerayu-ngerayu pun tetep ga bisa. Twenkkkkkkkk…saya agak shock denger itu. Artinya, seminggu lagi (tanggal 29 Desember 2010) saya kudu masuk kerja lagi.

Yang saya takutin tuh saya belom punya stok ASIP. Untung aja, saya dah nemu tempat yang jual botol kaca U c 1000 yang murah. Sebelumnya saya hampir pesen di ols loh tapi mikir2 ongkirnya mehong kalo beli banyak. Saya mulai perah susu seminggu sebelum masuk lagi.

Waktu itu produksi ASI saya sempet turun. Well, saya sadar sepertinya saya stres dadakan masuk. Alhamdulillah saya sugesti diri sendiri kalo saya ikhlas masuk lagi. Pertimbangannya solider dan kemanusiaan. Jadi ceritanya gini kan di subdivisi saya kebetulan dua orang yang cuti melahirkan. Pekerja yang tersisa tinggal dua orang saja. Sedangkan kerjaan menjelang dan setelah tutup buku taunan kan kejamnya minta ampun. Nah, kalo mreka berdua aja yang kerja pasti kelabakan dan bisa kacau laporannya *apalagi kalo ada yang dines ga ada yang ‘jaga kandang’*. Saya ga tega, mereka kerja gila-gilaan. Lagian salah satu dari mreka yang tersisa itu, akhir Januari mo nikah. Kebayang kan gimana kepikirannya sebelum nikah sedangkan load kerjaan lagi tinggi-tingginya. Saya pikir-pikir gpp lah masuk toh ini bukan Jakarta yang waktu perjalanannya bisa makan waktu lebih dari satu jam. Rencana saya kalo masuk berangkat jam 7 pagi. Trus jam 12an siang pulang bisa nyusuin. Trus kalo mo pulang tenggo jam setengah empat bisa capcus.

Beneran deh, pas saya masuk kerja dua orang itu senengnya bukan maen. Malah salah satu dari mreka sampe susut bobotnya padahal saya yakin makannya udah gila-gilaan hihihi. Temen saya yang mo nikah itu juga kliatan sering ga konsen *walopun dia nyangkal ga kepikiran*. Saya pikir it’s okay lah ini win-win solution🙂

Alhamdulillah so far everything’s going well. Saya ikhlas masuk kerja lagi tapi masih bisa sering ketemu anak. Thanks to mami yang masih nemenin saya di Makassar. Kerjaan juga ga terbengkalai hanya karna banyak yang cuti melahirkan. Eh beneran loh, karna dua orang yang cuti melahirkan jadinya laporan dan filing agak kacau. Dan awal taun ini juga banyak dines rekon. Saya sendiri kudu siap kalo sewaktu-waktu didinesin.

 
4 Comments

Posted by on January 14, 2011 in announcement, experince, office

 

4 responses to “Masuk Kerja

  1. Sukmadityasari

    January 17, 2011 at 9:39 pm

    Huwaaaa,dah mulai masuk tyt dirimu win? Cepet yo?
    Smg smua selalu aman terkendali!🙂

     
    • Wina Dahlan

      January 24, 2011 at 2:07 pm

      Aminnn🙂

       
  2. Allhands

    January 19, 2011 at 7:41 am

    “Saya sendiri kudu siap kalo sewaktu-waktu didinesin”. Maksudmu siap-siap nambah mileage GFF dan upgrade ke silver?🙂

     
    • Wina Dahlan

      January 24, 2011 at 2:08 pm

      Bapak ini slalu sombong kalo nyangkut GFF & stuffs :p

       

Leave a Reply

 
