RSS

Menurun

10 Feb

Sekitar tanggal 20an Januari saya sadar kalo produksi ASI saya menurun. Waktu itu saya pikir mungkin karna stres. Kebetulan waktu itu saya lagi ada pikiran. Sebelomnya saya pernah ngalamin kejadian kek gini. Solusinya, saya lebih rajin minum kacang hijau atow minum suplemen breastmilk booster.

Ternyata kenyataan tak seindah angan-angan. Sampe sekarang produksi ASI saya menurun. Sebelomnya saya udah usaha mati-matian maksimal. Saya rajin minum suplemen, minum aer kacang ijo, minum susu ultra sehari tiga kali, makan sayur terbuat dari daun katuk dan kelor, minum aer anget, menjauhi stres, dan ga lupa berdoa. Walhasil, saya malah menggemuk tanpa peningkatan ASI:p Kebanyakan minum susu kali yeeeee :p

Ampe sekarang pun ASI saya bisa dibilang ga sebanyak dulu. I should take it and face it. Yang penting saya tetep positive thinking dan doa semoga Andra masih bisa nenen saya ampe etlis 6 bulan. Amin. Saya tetep rajin kok merah meski hasilnya ga semelimpah dulu supaya stok ASIP aman dan terkendali bak stok BBM di kala Hari Raya.🙂

 
6 Comments

Posted by on February 10, 2011 in daily, experince, happening

 

6 responses to “Menurun

  1. debi

    February 11, 2011 at 3:57 pm

    sabar mbak..aq juga gitu tapi kalo kita streess tambah kurang asinya (kemaren aq sampe pulang siang terus karena stoknya pas2 aja buat sehari
    btw andra kalo ngisep marah ng kalo kurang?
    karena isapan bayi dengan pompa beda mbak, kalo isapan kan ada LDR nya lagi
    Oh ya aq sekarang ngakali mbak dan alhamdlullah it works
    malam tidur cepat jam 9 (abis bayi tidur) seblum tidur minum yoghurt
    Biasa aq suka bangun jam 12 mompa (dulu udah asinya sekarang dikit bangett katanya asi kan banyak lagi per 3 jam tapi aq kok ndak ada), akhirnya aq pompa aja jam 2 atau jam 3 (pas juga anakkku bangun jam segitu)
    Jadi waktu dia mimik di kanan, aq pompa dikiri alhamdulliah qania kenyang (payudra kanan udah full), kiri pompa deh full juga dpt..100 tiap mlm (ini aq ngejar nya dimlm
    Ntar pas subuh kan mimik lagi tuh dia mimik aq pompa juga yaa dpt 40 udah senang yang penting ada
    Sore pulang kantor dia mimik aq juga sambil pompa
    coba ya mbak

     
    • Wina Dahlan

      February 14, 2011 at 9:21 am

      btw andra kalo ngisep marah ng kalo kurang? –> iya dia ngomel2 kalo isi PD kiriku abis
      malam tidur cepat jam 9 (abis bayi tidur) seblum tidur minum yoghurt –> tiap hari aku tidur jam 8-9an bareng Andra heheh tapi yogurt belm nyoba
      Jadi waktu dia mimik di kanan, aq pompa dikiri –> belom pernah nyoba tapi boljug idenya🙂

       
  2. astrid

    February 11, 2011 at 9:54 pm

    Emang ada masa2nya menurun kayaknya mbak win..Biasanya semingguan sih. Aku walaupun merahnya cuma pas malem, tapi kadang kerasa juga. Produksiku gak banyak2 amat mbak. Sekali merah paling 60-100ml. Kalo pas dikit bgt 40ml. Paling pol 120-130ml.
    Semangat ya mbak win! *jogetpompom*

     
    • Wina Dahlan

      February 14, 2011 at 9:31 am

      Ini mah dah hampir sebulan loh :p Padahal sekarang kondisiku sangat tidak stres. Meski dikit yang penting masih cukup buat anak2 kita, betul kan?!

       
  3. rikawardhani

    February 14, 2011 at 4:08 pm

    alhamdulillah yg penting masih cukup bwt andra ya mama….

    aq jg gitu fluktuatif bak harga saham,kadang naek kadang turun…yang penting cukup aja bwt raya *ayahe ngalah sek wkwkwkwk*

    kmrn bar ngelmu di inet,dpt resep yg mayan manjur bwt aq…jus pare tnp gula tnp aer,bole dikasi melon dikittt aja bwt ngurangin paitnya *tp sek tetep pait seee,blahhh*

    cemangat mama….

     
    • Wina Dahlan

      February 16, 2011 at 6:44 am

      Serius nampol??? Butuh kebranian untuk nyoba tuh wkwkwk

       

Leave a Reply

 
