RSS

Tips Milih Financial Planner

25 Feb

Akhir-akhir ini saya rajin baca artikel tentang financial planning. Maklum, saya kan punya jabatan sebagai mentri keuangan dalam keluarga kecil saya jadi kudu pinter ngatur keuangan. Kebetulan saya sendiri kerja di bagian keuangan perusahaan. Prinsip saya kalo mo ngatur keuangan sendiri (including keluarga) aja ga bisa apalagi mo ikutan ngatur keuangan kantor. Betul ga sih cuy?

Setelah saya bersemedi “berguru” pada beberapa financial planners. Basically ilmu yang mreka kasi sama ajah. Yang menarik bagi saya adalah latar blakang pendidikan dan pengalaman kerja (termasuk organisasi) mreka. Honestly, saya ga terlalu kagum ama orang lulusan perguruan tinggi luar negri soalnya banyak orang Indonesia yang kuliah asal di luar negri kliatannya keren padahal kampusnya ga terkenal wkwkwk…Kasiannnnn dehh. IMHO orang Indonesia yang patut diacungi jempol adalah orang yang bisa kuliah etlis kampus top ten di negaranya. Slaen itu, pengalaman kerja dan organisasi juga ngaruh pada jam terbang.

Nah begitu baca artikel blognya Bang Aidil Akbar di sini, saya membenarkan tipsnya dia. Saya rangkum gini yah:

1. Sudah berapa lama Perencana Keuangan berkecimpung dibidang keuangan atau menjadi seorang Perencana Keuangan? Tipsnya jangan silau dengan pengalaman bekerja sebagai bankers tahunan atau agen asuransi tahunan, tapi yang penting berapa lama mereka sudah menjadi Perencana Keuangan Independen. Jangan juga panik kalau Perencana Keuangannya baru lulus, tanyakan apakah mereka di supervisi oleh senior yang sudah berpengalaman?.

2. Apakah Perencana Keuangan anggota dari asosiasi. Asosasi dan gelar profesional keuangan menunjukan tingkat kompetensi dari konsultan? Btw hati-hati karena ada Asosiasi yang standard International ada juga asosiasi yang “ngaku-ngaku” Internasional.

3. Seberapa besar biaya dan bagaimana cara kerja dan pembayarannya? Nah ini penting… jangan lupa ada harga ada rupa. So kalau bujet anda terbatas ya do not complain dengan service yang didapat tho? tetap masih lebih baik daripada salah investasi atau penempatan dana atau bayar komisi terlalu banyak tanpa extra benefit dan layanan.

4. Apakah Perencana Keuangan ini pernah cacat hukum. Informasi konsultan yang cacat hukum dapat dilihat disitus asosiasi tempat mereka bergabung (poin no. 2). Lihat kembali di poin no 2 karena ada asosiasi yang abal-abalan hehehehe

5. Apakah latar belakang Pendidikan formal Perencana Keuangan? Kadang perlu kadang nggak juga sih… tergantung jam terbang mereka melayani nasabah atau klien secara independen.

6. Apa saja ijin dan pendidikan professional yang mereka miliki? (asuransi & pasar modal). Punya ijin akan sangat membantu apabila Perencana Keuangan anda seorang independen… tapi kalau mereka sales dari sebuah perusahaan tersebut yaaaaa… siap-siap dijual produk.

7. Sudah berapa lama Perencana Keuangan tersebut melayani nasabah? Apabila belum lama apakah ada pendamping yang berpengalaman? Diperlukan sedikitnya 3 tahun pengalaman. Nah ini berhubungan dengan no. 1 diatas….baca balik no 1 ya

8. Jasa apa yang dapat diberikan? Komprehensif, per kasus, adakah rekomendasi produk yang diberikan? Berdasarkan pengalaman saya selama lebih dari 15 tahun (jalan 16 tahun) sih… lebih baik diawal mulai dari komprehensif dulu… anda keliatannya bayar lebih mahal, tapi benefit yang anda dapatkan saya jamin lebih dari nominal yang anda bayarkan

9. Seberapa banyak Perencanaan Komprehensif tertulis yang telah dilakukan ?…. ini berhubungan dengan no. 1, no. 7 dan no. 8 neh… jam terbang jam terbang jam terbang. Kita ini seperti dokter, semakin banyak pasien yang kita pegang semakin matang kita dalam menghadapi kasus “penyakit” keuangan seseorang. Anda tidak mau donk disuntik oleh seorang dokter yang jago teori atau jago ngajar tentang ilmu kedokteran dan talkshow tentang penyakit dimana-mana tapi tidak pernah nyuntik pasien sama sekali…????

Setelah baca tips itu, saya jadi bertanya-tanya emang sebenernya berapa siy tarif jasa financial planners? Ada yang punya pengalaman?

 
7 Comments

Posted by on February 25, 2011 in announcement, happening, thoughts

 

7 responses to “Tips Milih Financial Planner

  1. Allhands

    February 25, 2011 at 8:57 am

    Semakin besar dana yang harus diatur sama financial planner, biaya atau fee atau apapun istilahnya buat dia yah semakin gede. Dia kan hidup dari konsumen…Perhatikan pula apa sang financial planner udah jadi selebritis atau belum? Kalau udah jadi selebritis biaya selebritisnya itu makin bikin mahal. Pengalaman kawanku, bukan aku…Kalau aku sih ndak butuh jasa financial planner, mending uangnya buat melayang di angkasa dan menjelajahi Nusantara🙂

     
    • Wina Dahlan

      February 25, 2011 at 9:28 am

      Cuman pengen tau besarnya berapa persen ajah.
      Aku nulis begini bukan berarti aku mo hire financial planner kok hohoho….

       
  2. jessti

    March 1, 2011 at 3:57 pm

    biayanya sekitar 13 juta untuk family financial business standar, ga termasuk home office business.

    mahal yaa.. belajar sendiri aja mbak, mereka kan udah beber tips2nya, kita tinggal tentuin tujuan, itung budget, pilih produk dan MInya..🙂

     
    • Wina Dahlan

      March 2, 2011 at 7:15 am

      Owyah? Emang dirimu pernah pake jasanya? FP yang mana tuh?😉
      Iyo otodidak aja blajarnya toh ilmunya basically sama aja as I wrote before😉

       
  3. Fitry

    October 14, 2011 at 4:01 pm

    iya mba, belajar sendiri jg bisa kok. aku udah 7 tahun dalemin financial planning, belajar otodidak. udah bbrp kali bikinin fin plan utk temen2/sodara2 jg. no charge. krn aku seneng belajar dan seneng share ilmu yg aku punya ke orang lain..🙂 kebetulan dulu waktu kuliah, dpt pelajaran finance dan ekonomi teknik jg, jd ga ribet lagi ngitung2 yg pake time value of money.. sukses ya mba…🙂

     
    • Wina Dahlan

      October 25, 2011 at 12:56 pm

      good :-bd

       
  4. yessi

    February 21, 2014 at 4:39 pm

    buat bantu hitungan time value of money bisa pake kalkulator investasinya http://www.mandiri-investasi.co.id.. lumayan banyak bantu bikin plan sendiri🙂

     

Leave a Reply

 
