RSS

Buat Apa TOEIC?

21 May

Taun lalu (sekitar bulan April 2010) saya dapet panggilan buat ikutan tes TOEIC. Sifatnya mandatory bok dari kantor. Dalam hati ini bertanya-tanya buat apa? IMO lebih bermanfaat TOEFL. As I know TOEFL bisa buat apply universitas di luar negri. Kalo pun tujuan tes bahasa Inggris ini bukan buat kepentingan aplikasi, etlis para karyawan bisa ngukur kemampuan bahasa Inggrisnya, apalagi buat yang niat mo kuliah abroad.

Saya konfirmasi maksud dan tujuan tes ini ke HR setempat. Jawabannya sesuai ama yang saya googling waktu itu heheh… Si Mas HR bilang untuk ngukur kemampuan bahasa Inggris buat kepentingan training (just in case and I doubt it ;)) dan pertimbangan jenjang karier pada akhirnya. Intinya hasil TOEIC bakal bermanfaat buat intern perusahaan.

Well, tujuannya mulia baik. Apakah tidak lebih baek kalo tes bahasa Inggris tuh bisa digunakan buat kepentingan yang lebih luas buat karyawan yang berkepentingan sekarang dan beberapa taun ke depan. Waktu itu saya sering denger keluhan dari para bapak dan ibu karyawan yang usianya ga muda lagi malah ada yang hampir memasuki usia pensiun. Mreka ngerasa ga bermanfaat lah wong kerjaan sehari-hari ga pake bahasa Inggris yang advance dan grammatical. Lagian kasian mreka jadi ‘dipaksa’ mikir pas tes. Kasian juga. Lagian as I know, di KPI ga ada tuh yang nyebutin poin pemakaian atow penguasaan bahasa Inggris😉 Eh tapi ada positifnya bagi karyawan yang di daerah kecil buat dines ke ibukota provinsi😀 Oia ada perbedaan juga kalo harga TOEIC lebih murah daripada TOEFL hohoho😀

Setelah tes, TOEIC ya menguap gitu aja dari kehidupan sehari-hari.

Ga dinyana-nyana, tanggal 29 April 2011 saya terima email dari yang nyelenggarain tes TOEIC. Isinya ngasi tau hasil TOEIC caya yang saya ikutin tanggal 13 April 2010. Woowwww it’s been a year!!! Trus ke mana aja para panitianya yak? Masak hasil dari ETS-nya yang lama. Saya yakin ETS ini lembaga profesional kok. Masak butuh waktu 1 taun buat emailin hasil-hasil tes ini? Heheheh….

Eniwei, lumayan lah hasil yang saya dapet. Alhamdulillah saya ga lupa-lupa amat ama bahasa internasional ini. I got 835 of 990. Kalo diterjemahin saya ini masuk level advanced working proficiency. Etapi, itu hasil taun lalu lohhhh. Coba taun ini kalo dites lagi. Kira-kira jeblok ga ya? hehehe :p

 
2 Comments

Posted by on May 21, 2011 in announcement, experince, office

 

2 responses to “Buat Apa TOEIC?

  1. Asop

    May 21, 2011 at 1:20 pm

    Wah, tinggi juga ya, hebat.😀

     
    • Wina Dahlan

      June 10, 2011 at 8:20 am

      Thanks🙂

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: