RSS

Kenapa Solo Umroh?

04 Jul

Alhamdulillah saya dah sampe tanah air dengan selamat. Tiga belas hari sudah saya melaksakanan ibadah umroh secara solo. Kenapa solo umroh?

I make it short yah ceritanya. Sejak kelas tiga SMP saya sering mimpi liat ka’bah dalam rangka umroh atow haji. Saya jadi terpanggil buat pergi ke Baitullah. Nah pas saya nginjek dunia kerja, hasrat pengen bekpeking saya gede. Saya jadi berpikir alangkah baeknya kalo sebelum bekpeking, saya umroh dulu ke Tanah Suci (kalo haji mah belum kuat dananya ya bok lagian idealnya haji tuh ama suami). Kebetulan, saya punya hajat dan saya bernadzar kalo hajat itu terwujud saya mo umroh.

Alhamdulillah hajat saya dikabulkan oleh Allah. Dana dah siap. Masalahnya, saya terganjal soal cuti. Kebetulan pas akhir taun 2008 saya pindah kerja ke BUMN. Taun pertama status saya masih dalam pendidikan jadi ga dapet cuti. Taun kedua adalah taun pertama juga bagi saya yang baru diangkat sebagai permanent employee. Artinya, saya masih belom dapet cuti juga.

Seiring waktu berjalan, suami juga pengen umroh. Rencananya taun depan aja (2012) soalnya taun ini cutinya mo diabisin pas lebaran. Namun (ceileeehhh bahasanya), ketakutanku masih ada. Saya takut ga berumur panjang sebelum bayar nadzar saya. Yup, who knows about death? Alhamdulillah banget dua taun lebih ini saya masih dikasi panjang umur.

Bulan April kemaren saya dapet ilham. Why didn’t I do it by myself? Tentunya kalo saya dapet ijin dari suami. Fyi, sebelum saya nikah saya dah kasi syarat sih kalo dah nikah tolong saya diijini brangkat umroh sendiri buat bayar nadzar seandenya suami belum siap. Alhamdulillah suami ngerti yasud lah saya hunting travel yang ngurusin soal umroh. Slaen itu, saya ijin sekaligus minta tolong mami untuk ngejaga Andra selama saya pergi melakukan kewajiban. Alhamdulillah bliow juga ngerti dan malah ngedukung banget supaya kewajiban saya lunas.

Sebenernya saya ga tega ninggal Andra dalam waktu yang mayan lama. Saya lebih takut lagi kalo seandenya saya ga bayar nadzar saya, keluarga saya yang bisa jadi korban kemurkaan Yang Kuasa akibat saya lalai. Saya ikhlaskan dan titipkan keluarga saya selama saya tinggal ke Tanah Suci. Dalam hal ini saya meneladani Nabi Ibrahim AS.

Selama di sana saya sempet kepikiran soalnya dapet kabar kalo Andra mencri-mencri ampe drop bb-nya. Sebenernya mami ga mau bilang ama saya soalnya takut saya ga konsen. Akhirnya saya dikasi tau juga soalnya mumpung saya lagi di tempat mustajabah buat berdoa, jadi saya bener-bener berdoa minta kesembuhan buat Andra. Alhamdulillah dalam tiga hari Andra dah sembuh🙂

Umroh adalah pengalaman yang luar biasa. Sesungguhnya ibadah umroh (apalagi haji yak) adalah ibadah fisik banget. Pesen saya kalo kalian yang muslim demen jalan, plis utamakan ibadah umroh (kalo yang dah mampu banget mah skalian haji ajah). Mumpung masih muda dan kuat, bisa aja tiap hari umroh selama di sana. Trus sekali ke sana pasti ketagihan. Slalu ada prasaan rindu terhadap Allah dan Rasulullah jadi pengen mendekat ke Baitullah di sana. Nah, kalo ke sana pas dah tua kan kalo mo ke sana lagi makin berat kondisi fisiknya. Bagi yang dah mampu, plis jangan bilang belom siap berhaji. Ingat, salah satu syarat haji adalah mampu regardless siap atau tidak siap. Sebelum maut menjemput, mari utamakan kewajiban (ibadah) kepada Allah SWT.🙂

 
2 Comments

Posted by on July 4, 2011 in experince, thoughts

 

2 responses to “Kenapa Solo Umroh?

  1. en_me

    July 5, 2011 at 7:39 am

    alhamdulillah sudah selamat kann.. salam ziarah dari seberang buk..

     
  2. Allhands

    July 11, 2011 at 10:44 am

    Syukurlah kalo kamu udah bisa ke Tanah Suci Win🙂 Glad to hear it…
    Aku kayaknya belum bisa Win, uangnya masih buat yang lain dulu….Kecuali kalau Allah nunjukkin jalan, who knows….

     

Leave a Reply

 
