RSS

Tentang Ibadah Umroh

08 Jul

Sebenernya apa yang dimaksud dengan umroh sih? Saya coba jelasin dengan bahasa yang ringan ye, ga kek pelajaran agama Islam jaman sekolah dulu. Heheheh…soalnya saya yakin sebagian besar orang masih ga ngeh rangkaian ibadah umroh itu gimana.

Umroh adalah serangkaian ibadah yang dilakukan sesuai dengan rukunnya. Rukun umroh wajib dilaksanakan. Kalo ada yang kelewatan maka ga sah. Rukunnya terdiri dari kegiatan yang berurutan dari:
1. niat ihram di miqat
2. thawaf
3. sa’i
4. tahalul
5. dilakukan secara tertib
Simpel bukan? Yup, makanya bisa dilakukan setiap hari tuh.

Pertama kita bisa berangkat menuju Miqat. Tujuannya adalah berniat dan berpakaian Ihram di Miqat. Tempat Miqat ada beberapa, misal Bier Ali (yang dari Madinah), Tan’im dan Hudaibiyah (dari Mekah), dan sebagainya. Di dalam masjid tempat miqat kita shalat sunat ihram 2 rakaat jika memungkinkan. Trus melafazhkan niat Umroh (Labbaik Allahuma Umrotan). Trus kita menuju ke Mekah (Masjidil Haram), dengan membaca Talbiah sebanyak-banyaknya dan mematuhi larangan saat ihram.

Sampe di Masjidil Haram, melakukan thawaf sebanyak 7 putaran. Setelah itu kita melakukan Sa’i antara Bukit Safa – Bukit Marwah sebanyak 7 kali. Last but not least tahalul (menggunting rambut). Udah deh ibadah Umroh selesai.

Bagian yang paling berkesan bagi saya adalah sa’i. Menurut saya ini nguras tenaga banget. Padahal jamaah haji dan umroh jaman sekarang kalo sa’i enak loh ga kepanasan soalnya merupakan bagian dalam Masjidil Haram. Sekarang jalurnya juga satu arah Shafa ke Marwah dan satu arah juga dari Marwah ke Shafa. Ada juga jalur khusus buat yang duduk di kursi roda. Asli cape deh melakukan sa’i padahal kebanyakan ga lari-lari kecil tapi jalan cepet bahkan jalan biasa. Udah gitu di tengah-tengah banyak kran air zam-zam. Kalo cape bisa singgah bentar minum air. Yang bikin saya khusuk tuh saya bayangin gimana dulu awalnya Sitti Hajar yang lari-lari kecil dalam keadaan kontraksi mau melahirkan anaknya di padang yang gersang tanpa siapa pun. Setelah putaran ketujuh baru deh mata air zamzam muncul. Subhanallah….. Jadi menurut saya kalo pas sa’i coba deh konsisten lari-lari kecil dan nahan ga minum sama sekali. Insya Allah you feel Sitti Haja’r struggle a moment before having a baby. Saya sangat berempati dan salut sama beliau. Makanya saya melahirkan sendirian, saya meneladani ketegaran beliau dan memasrahkan pada Allah.

Oia, umroh sendiri tuh enaknya ga perlu lama-lama pake ihram. As you know, ihram bagi laki-laki adalah kain putih tanpa jaitan untuk menutupi auratnya. Artinya, ga boleh pake daleman. Kalo buat perempuan sih asal pake baju putih nutup aurat doank (pake daleman gpp) ok. Larangannya itu loh yang agak berat. Larangan selama pake baju ihram adalah:
1. Tidak boleh menggunakan parfum, termasuk parfum yang ada pada sabun –>perempuan nih biasanya yang susah
2. Tidak boleh bertengkar
3. Tidak boleh bermesraan –> kalo suami istri sempet sekamar lama pake ihram was-was juga kali ye
4. Tidak boleh berhubungan suami isteri
5. Tidak boleh berkata yang tidak baik, berkata porno
6. Tidak boleh menikah atau menikahkan
7. Tidak boleh berburu atau membantu berburu
8. Tidak boleh membunuh binatang (kecuali mengancam jiwa), memotong atau mencabut tumbuhan dan segala hal yang mengganggu kehidupan mahluk.
9. Tidak boleh ber make-up –> gw biasa polosan sih hihi
10. Pria tidak boleh : memakai penutup kepala, memakai pakaian berjahit dan tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki
11. Wanita tidak boleh : menutup wajah dan memakai sarung tangan sehingga menutup telapak tangan
12. Tidak boleh memotong kuku
13. Tidak boleh memotong dan/atau mencabut rambut
Kalo ada yang dilanggar berati bayar dam. Bayar dam berupa menyembelih hewan kurban kek kambing.

Eniwei saran saya kalo umroh sendiri (maksudnya pas di Mekah dan sering acara bebas dari penyelenggara aliyas travel-nya) mending dilakukan setelah shalat subuh. Abis subuh, balik hotel dulu bentar buat sarapan. Trus mandi besar ihram, baru menuju ke miqat, trus balik Masjidil Haram. Waktu dhuha pagi adalah ideal untuk thawaf dan sa’i soalnya belum terlalu rame. Kalo mo shalat sunnah di Maqam Ibrahim (ada jejak kakinya Nabi Ibrahim bukan makamnya loh) dan Hijr Ismail jadi bisa agak tenang. Yang paling penting adalah ada mahram yang asli (baca: cowok yang merupakan muhrimnya asli) supaya kalo naek taxi ke miqat feel secure. Jangan kek saya yang serba terbatas di Arab soalnya kagak ada mahram yang asli😦

 
7 Comments

Posted by on July 8, 2011 in experince, thoughts, traveling

 

7 responses to “Tentang Ibadah Umroh

  1. Catur W

    July 8, 2011 at 4:20 pm

    wah siip win tips-tipsnya…ntar kalau mau umroh tak tanya-tanya langsung aja kali ya…
    btw emang ada ya mahram palsu, wkwkwk

     
    • Wina Dahlan

      July 9, 2011 at 12:34 pm

      Iya Tur, daripada bekpeking ke mana2 jauh lebih baek pergi haji/umroh.

       
      • Wina Dahlan

        July 9, 2011 at 4:51 pm

        Oia, mahram palsu tuh sebenernya perempuan ga ada muhrimnya tapi dimuhrim2kan ama laki2 laen hehehe

         
  2. andhy sarjono

    July 8, 2011 at 8:57 pm

    cerita siti hajar yg saya dengar adalah stlh melahirkan ismail dia kebingunan cari air, lalu lari2 dari safa ke marwah dan si bayi ismail menjejak2an kaki ke pasir lalu dengan izin Allah muncullah sumbar air zam zam itu, anyaway apapun versinya meaning di balik itu memang awesome. Dan poin paling menarik adalah bagian closingnya soal taxi, kayaknya pas kalo wini baca buku yg tadi pagi resensinya di post di twitter ama si wina yg lain alias mrs.hananto, salah satu dampaknya ya yg wina alami soal taxi itu🙂

     
    • Wina Dahlan

      July 9, 2011 at 4:46 pm

      Wuahhhhh iya yah gitu crita yang seharusnya yak heheheh…. MUngkin pas aku ngaji & dicritain dulu lagi ngantuk banget wkwkwk…. Sama beratnya kan abis nglairin bawa nuborn baby yg rapuh lari2 di padang pasir sekitar 3 km tanpa air.

       
  3. andhy sarjono

    July 8, 2011 at 8:58 pm

    ralat wini=wina (kok bisa tadi salah ngetik padahl a dan i jauh letaknya)

     
    • Wina Dahlan

      July 9, 2011 at 4:49 pm

      wini tuh gbetanmu kaleeee wkwkwk

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: