RSS

Masuk Taman Surga

11 Jul

Ada suatu tempat mustajabah untuk berdoa di dalam Masjid Nabawi. Namanya adalah Raudhah. Nama lengkapnya Raudhatuljannah (Taman Surga). Tempat ini sebenarnya terletak di antara makam Rasul (dulu adalah rumahnya) dan mimbar masjid. Rasulullah pernah berkata “Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) diantara taman-taman surga”.

Tempat ini laen daripada bangunan Masjid Nabawi pada umumnya. Yup, karna Raudhah ini masih asli bangunannya sejak jaman dulu (kebanyakan bangunan yang laen adalah tambahan dari Masjid Nabawi yang asli). Di situ ada beberapa pilar atow tiang. Sayangnya, saya lupa setiap tiang maknanya apa heheh… Maaf. Daripada bingung ngeliatin tiang, ada yanglebih gampang tandanya. Karpetnya warna ijo. Jangan dibayangin ijo royo-royo tapi ijo pucat malah cenderung abu-abu dari jauh. Pokoknya karpetnya kontras ama karpet merah yang biasanya ada di Masjid Nabawi. Oia kalo diliat dari luar masjid, tandanya makam Rasulullah adalah ada kubah berwarna ijo.

Beruntunglah bagi lelaki karna ga ada batasan waktu masuk Raudhah. Yang jelas tetep berdesakan lah. Yang ada batasan waktu tuh buat perempuan. Lha wong antara jamaah wanita dan pria aja ada lemari penyekatnya. Nah, kalo mo masuk Raudhah kudu nunggu lemari ini dibuka.

Sehari tiga kali wanita boleh masuk Raudhah. Kalo pagi waktu dhuha sekitar jam 7.30-11.00 trus kalo siang ba’da dhuhur sekitar jam 13.30-15.00. Kalo malem ba’da Isya jam 20.00-23.00. Biasanya persiapan sebelum masuk Raudhah, askar wanita ngatur para jamaah berdasarkan negara. Yup, ada khusus Timur Tengah (Iran, Turki, dsb). Ada yang India, Pakistan, dan sekitarnya. Pokoknya yang paling diakhirkan biasanya dari Asia Tenggara. Kenapa? Berbanggalah karna bangsa kita terkenal berbadan kecil dan lebih sabar daripada bangsa laen. Makanya askar wanita ‘mengamankan’ kita supaya ga kesikut, ketendang, keinjek, dan hal-hal yang ga diinginkan deh. Sebelum memasuki area Raudhah ajah ada tulisan peringatan supaya ga terlalu ngoyo masuk yang penting selamat dulu lah.

Malem adalah waktu ideal untuk masuk Taman Surga IMO. Apalagi masuk antrian jam sebelas kurang. Yang penting dah antri di dalem lah. Perkara antrinya lama kan bisa dipake buat dzikir & doa. Biasanya orang Asia Tenggara kan paling terakhir masuk. Hikmahnya kita ga buru-buru diusir soalnya kan ga ada antrian lagi di blakang🙂 Oia, jangan lupa jaga wudhu jangan sampe batal yah. Sayang banget kan kalo wudhu batal (tempat wudhu kan jauh buk) pas masuk Raudhah ga bisa shalat sunnah. Begitu masuk situ, cari tempat kosong buat shalat sunnah.

Shalat sunnah apa aja yang bisa dilakukan waktu itu. Saya sendiri disarankan ama guide (lupa istilahnya apa ya) untuk shalat taubat, hajat, istikharah (kalo ada yang mo dipilih), dan tahajud. Insya Allah orang yang masuk Taman Surga bisa masuk surga. Orang yang berdoa di situ Insya Allah dikabulkan doanya. Oia, kalo berdoa ga usah liat catetan deh soalnya kalo kelamaan pasti diusir. Doa yang paling penting adalah minta ampunan dan doa sapu jagat. Kalo akhirnya diusir ama askarnya, jangan keburu-buru keluar area. Coba cari tempat dalam area Raudhah yang kosong, kita bisa lanjut shalat atau doa di situ🙂

Last but not least, please keep away from syirik. Jangan ikutan bangsa laen yang hobi nyiumin pilar, dinding, kain penyekat sambil nangis-nangis. Beneran loh ada bangsa tertentu yang hobi melakukan ini, padahal dah diingetin ama askar tapi mreka tetep bandel. Bangsa ini sebenernya ga ngakuin Muhammad sebagai Rasul tapi Ali bin Abi Thalib lah nabinya. Kebetulan Ali kan makamnya di dalem rumah Rasulullah situ. Inget prinsipnya, di manapun kita berada doanya kepada Allah bukan kepada benda-benda atau tempat mustajabah🙂

 
8 Comments

Posted by on July 11, 2011 in experince, thoughts, traveling

 

8 responses to “Masuk Taman Surga

  1. nyiell

    July 11, 2011 at 6:00 pm

    jadi pengen umroh lagiiii.. :’)

     
    • Wina Dahlan

      July 14, 2011 at 7:01 am

      pasti nagih ya🙂

       
  2. Truth About Pakistan

    July 11, 2011 at 8:51 pm

    mashallah

     
  3. rika wardhani

    July 12, 2011 at 9:12 am

    eeehhhh sama cyiinnnn aq jg pas di usir askar nya langsung cari tmpt kosong lagi buat “benerin” sholat sunnah nya…kenapa benerin???believe it or not pas lagi tengah2 sholat di raudhah…pas sujud dengan enaknya itu badanku dilangkahi ama bangsa2 berbadan besar itu….tp ndak mangkel, cuman sabarrr aja…

    dan iya bangettt itu tiang dicium2 sampe nangis2 ama bangsa2 tertentu….btw begitu “pintu antrian dibuka” orang2 pada semburat lari2 k arah raudah..jadi yaa gitu dee tetep desek2an..

    ahhh ceritamu jd pgn buat kesana lagi…

     
    • Wina Dahlan

      July 14, 2011 at 7:11 am

      moga2 kita bisa kembali ke sana *AMIN*

       
  4. jeni

    July 13, 2011 at 4:49 pm

    Hello wina salam kenal ya..critamu ttg umroh bener2 ingin membuatku kesana-Amiin -Insya Allah. Merasa tertohok bgt aq krn udh bs jln2 ke LN tp msh mikirin jln2 lg pdhl mestinya mengutamakan yg wajib (umroh &haji)…kecup buat andra

     
    • Wina Dahlan

      July 14, 2011 at 7:14 am

      Salam kenal juga Jeni🙂 Syukurlah kalo ceritaku dah bisa membuka mata hatimu. Ganti travel planning yukz!😀

       
  5. Okki Saras

    April 29, 2012 at 6:19 pm

    saya baru pulang hari kamis kmaren. subhanallah ya😥 pngin brgkat lagi😥 waktu antri masuk raudhah pertama kali saya nangis terus😦. alhamdulillah saya bisa masuk lebih dari sekali k sana :’)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: