RSS

Ngatur Duit

23 Aug

Sejak masuk dunia kerja, saya nulis pengeluaran sehari-hari saya. Emak-emak banget ye heheh… Emang saya diajarin nyokap. Awalnya saya nulis manual di kertas. Masalahnya, kalo lagi dines suka lupa nyatet. Lagian setiap closing akhir bulan, saya ga pernah review. Walhasil, ga ngerti juga pos-pos mana aja yang bikin pengeluaran gendut. Untungnya saya bukan tipe pemboros jadi soa far saving accounts aman😀

Setelah saya punya anak, saya makin rajin nyatet pengeluaran. Tujuannya supaya duit yang kita kluarin ga sia-sia dan bisa ke-trace larinya buat apa ajah. Kali ini agak canggih soalnya saya pake format excel bikinan financial planner yang nama panggilannya sama kek gue😀 Enaknya, format ini dah nge-link dan ada rumus buat bikin summary-nya. Ga enaknya, saya suka lupa ngopy nih file kalo lagi dinas atow wiken di rumah. Pada saat itu lah kecenderungan saya lupa nyatet expenditure lebih gede.

Ga lama pake itu, saya dah pindah ke laen hati. Sampe sekarang saya pake web ngatur duit bikinan idola saya Aidil Akbar. Keunggulannya berbasis web, jadi ke mana pun saya pergi asal konek inet jadi bisa update expenditure. Pos-pos expenditure bisa diedit sesuai kebutuhan. Web ini juga mengamodir monitoring investasi reksandana. Kita bisa liat update NAB tiap produk reksadana yang ada di Indonesia. Summary transaksi juga automatically generated. Transaksi juga nge-link ama aggaran ama account bank & cc kita. Asyiknya nih, account bank dan cah on hand ada fitur tarik tunai yang otomatis lari ke COH (cash on hand, red).

Saya seneng banget saldo bank kan bisa kepantau terus. Sayangnya, saya jarang ngeprint buku tabungan jadi kadang saya bikin rekonsiliasinya di web sering ga update heheheh :p Jadinya, sekarang saya ga utak-atik fitur account bank & COH. Saya cuman nyatet khusus pengeluaran (produktif mopun konsumtif) dengan cash basis instead of accrual.

Fitur reksadana, honestly jarang-jarang saya pake. Emang sih saya centang fitur monthly transaction buat autodebet reksadana, tapi keknya kok ga ke-update yah ke summary? Saya yang ga ngerti caranya atow emang belom ada sarana untuk itu? Well, maklum aja ini web juga slalu ngalamin progress. Mudah-mudahan makin diperbaikin dan diperluas fitur-fiturnya🙂

Pokoknya web ini ngebantu banget bikin summary transaksi. Kebetulan, di keluarga kecil kami ada form financial monitoring made by my beloved hubby😀 Dari summary transaksi di NgaturDuit, saya pindahin ke form sendiri. Pas akhir bulan, kita bisa tau cash flow, saldo bank ama investasinya. Ini ngebantu banget buat perhitungan zakat taunan dan yang pasti anggaran ga jebol.

Ada satu keinginan saya yang belom terwujud. Saya pengen bikin laporan keuangan sederhana buat keluarga kecil kami. Yang simpel-simpel aja kok tapi bisa terbaca rapi. Yup, saya pengennya punya form yang integrated ada neraca, laporan laba/rugi, dan cash flow. Kalo laporan modal gak usah layawww. Masalahnya, saya males mulai bikin wakakak mentang-mentang form yang ada selama ini dah cukup.

Oia for those of you yang kesulitan ngontrol pengeluaran, web NgaturDuit cocok deh buat nyatet. It’s paperless yet useful for mobile person😀

 
5 Comments

Posted by on August 23, 2011 in daily, experince

 

5 responses to “Ngatur Duit

  1. Asop

    August 24, 2011 at 4:28 pm

    Saya juga mulai menyusun pengeluaran saya sejak tahun lalu.
    Semua struk belanjaan saya simpan, sampai rumah saya catat. Untuk belanjaan yang tanpa bon (semisal di warung) akan saya ingat2, sampai di rumah saya catat.
    Akhir bulan, saya jumlahkan berapa pengeluaran saya. Dan ternyata, pengeluaran pria itu fluktuatif.:mrgreen:

     
    • Wina Dahlan

      August 25, 2011 at 9:07 am

      Bagoessss :-bd

       
  2. novel blog

    August 24, 2011 at 8:17 pm

    coba aja email adminnya ngaturduit, siapa tau dia mau bikinin form otomatisnya..😀

     
    • Wina Dahlan

      August 25, 2011 at 9:12 am

      Betul juga yah heheh
      Thanks

       
  3. ngaturduit.com (@ngaturduit)

    August 28, 2011 at 5:14 pm

    Wah.. senang sekali ada yang review tentang NgaturDuit.com🙂
    Memang kami masih seumur jagung (5 bulan) sehingga masih banyak pengembangan / perbaikan.
    Kalau ada masukan atau komplain, tolong mention account twitter @ngaturduit
    atau kirim email ke contact “at” ngaturduit “dot” com.

    Terima kasih sudah mencoba NgaturDuit.com🙂

     

Leave a Reply

 
