RSS

Shaf Jamaah

23 Aug

Ramadhan membawa berkah. Dalam bulan Ramadhan, orang yang ga bisa stop makan jadi bisa puasa selama satu bulan. Orang yang pelit jadi rajin sedekah. Orang yang males shalat jadi rajin shalat malah berjamaah. Orang yang jarang ngaji jadi tiap hari ngaji Alquran. Mudah-mudah orang-orang ini terus istiqamah dalam menjalankan ibadah setelah Ramadhan berakhir. Jangan KTP-nya aja yang Islam😉

Saya paling suka banget suasana shalat jamaah. Secara tersirat emang bener bahwa kedudukan manusia di mata Allah adalah sama. Yang jadi pembeda adalah taqwa. Seorang manajer kek, OB kek, pengusaha sukses kek, presiden kek, fakir miskin kek, pengangguran kek, kalo shalat jamaah dalam satu tempat melakukan gerakan dan bacaan yang sama dalam shaf yang rapat.

Sayangnya, ga semua orang ngerti konsep shaf shalat jamaah kudu rapat antara satu makmum dengan makmum sebelahnya. Well, etlis ini yang sering saya alami di jamaah perempuan. Apakah Anda mengalami hal yang sama dengan saya?

Hampir setiap kali shalat jamaah, jamaah perempuan susah ngatur shaf jamaah yang rapet. Saya coba klasifikasi dua tipe jamaah yang bikin saya gemessss. Yang pertama, tipe perempuan yang sak enak udel’e kalo pas shalat jamaah dimulai, maunya berdiri di tempat yang enak. Enak bisa berarti deket kipas/AC alasannya panas, deket tembok supaya bisa sandar, paling blakang supaya bisa pulang cepet, dan alasan laennya yang bikin dia enggan pindah ke depan buat ngisi shaf yang kosong. Kedua, tipe perempuan yang suka bergerombol. Yang ini ga mau pisah tempat ama gengnya. Mungkin anggota kelompok ini tipe orang yang pedean kalo kudu berdiri sendiri :p

Saya ngerti kalo kondisi shalat jamaah belom mulai, gpp mreka duduknya berjauhan ama makmum laen. Kalo shalat jamaah dah mulai plis donk, mbok yo dengan sadar sendiri maju ngisi shaf yang kosong. Yang ada malah ribut saling nunjuk orang laen buat maju. Ada juga yang males mindah-mindahin sajadah yang lebar. Yesss…. saya amati dalam jamaah perempuan kecenderungannya suka bawa sajadah yang lebar. Lucu juga kalo ngeliat mreka dah menuhin shaf depan tapi jaraknya menyesuaikan sajadah yang lebar😉 Mungkin dalam pikiran mreka definisi shaf rapat adalah satu orang satu sajadah hahahaha. Kebalikan dari perempuan Timteng nih pas ibadah di Tanah Suci. Kalo mreka nih even jarak 30 cm pun pasti ditempatin orang regardless bodinya yang segede gaban. Kalo ini mah malah ngegencet kami-kami yang berbadan kecil (biasanya orang Melayu).

Saya juga gemes kalo sebelum shalat jamaah sebelom mulai, saya ditegur ibu-ibu di shaf depan. Saya sengaja milih agak blakang supaya bebas shalat sunnah. Apa yang terjadi, malah saya disuruh maju. Saya jawab aja “Shalat kan belom mulai. Nanti kalo dah mulai, saya maju kok, Bu” dengan senyum🙂

They should learn from men’s jamaah. Saya salut sekaligus iri ama jamaah laki-laki. Mreka tuh slalu kompak banget. Kalo shalat jamaah belom mulai mreka berhamburan ga masalah. Begitu shalat jamaah mulai, mreka maju dengan sendirinya. Well, emang ada sih beebrapa orang yang kudu diarahin maju ngisi shaf tapi mreka ga nolak kok dan ga nggondok :p

 
4 Comments

Posted by on August 23, 2011 in experince, happening, special occasion, thoughts

 

4 responses to “Shaf Jamaah

  1. rika wardhani

    August 23, 2011 at 1:44 pm

    kayanya emang gitu cyinnn, mars vs venus….pernah yaa, aq ndusel diantara sajadah mereka yang pada lebar2 itu trus aq diliatin…yang ini siy tipe2 ABG 4L4Y si kayanya..klo ibu2 biasane ngerti…

    padahal pan klo di mekkah sono shaf harus bener rapet pet pet…..

     
    • Wina Dahlan

      August 23, 2011 at 3:03 pm

      lah makanya itu, aku kan bilang kalo di sana celah sekecil pun bisa diisi orang segede gaban. seharusnya emang begitu rapet pet pet

       
  2. Asop

    August 24, 2011 at 4:20 pm

    Euh, seingat saya, wanita mengisi shaf yang belakang terlebih dahulu. Jadi bukan seperti pria yang mengisi baris depan duluan. Kalau ada wanita yang sholat di depan, artinya dia terlambat datang.

    Entahlah ya, apakah saya salah. Mohon dibetulkan.🙂

     
    • Wina Dahlan

      August 25, 2011 at 9:04 am

      Masak sih? Gebagai perempuan, ga pernah tuh diajarin kek gitu.
      Mungkin itu buat shalat jamaah yang antara jamaah pria & wanita ga ada pembatasnya. Lah selama ini di masjid2 kan dah ada tabir pembatasnya. Kalo shaf belakang diisi dulu padahal pintu ada di belakang kan repot😉

       

Leave a Reply

 
