RSS

Pencairan JHT di Makassar

18 Nov

Kemaren hari Kamis tanggal 17 November 2011 saya berhasil cairin dana JHT (Jaminan Hari Tua) saya dari kantor lama saya. Kantor saya dulu itu tuh Kantor Akuntan Publik dua huruf heheh *gag penting*. Meskipun kantor saya dulu di Jakarta (otomatis kedaftar di Jamsostek Jakarta), saya bisa cairin di Cabang Makassar. Syaratnya kita kudu jadi anggota Jamsostek minimal lima (5) taun plus masa tenggang satu (1) bulan. Slaen itu, kita kudu dah resign dari kantor lama itu.

Kantor Cabang jamsostek di Makassar yang ngelayanin pencairan ini ada di Jl. Urip Sumoharjo. Patokannya siy Gedung Graha Pena agak timur dikit, sebelahnya Toyota. Supaya dapet pelayanan yang cepet ga pake antri, mending kita kudu dateng pagi jam 8.

Saya berangkat dari kantor jam 8 lebih. Nyampe jam setengah sembilan tapi belum rame kok🙂 Saya masuk disambut ama pak satpam. Saya bilang keperluan saya dan saya dikasi formulir pencarian JHT untuk diisikan data. Ada data yang berhubungan ama kantor lama kek gaji terakhir sebagai dasar pemotongan premi JHT, nama dan alamat kantor lama juga ada. Alamat lengkapnya siy saya lupa kavling berapa. Saya tulis BEI Tower Jl. Jend. Sudirman Jaksel aja gpp kok🙂

Formulir Pencairan JHT

Formulir ini dikasi asalkan kita bawa lengkap dokumen lampirannya. Dokumen yang dibutuhkan dalam kasus saya yang dah resign adalah kartu asli Jamsostek, fotokopi KTP, KK, dan surat keterangan resign atow pernah kerja di perusahaan terdahulu. Dokumen aslinya kudu dibawa loh yah buat verifikasi. Sedangkan kalo pencarian JHT karna dah pensiun, meninggal dunia, cacat tetap, dan meninggalkan Indonesia selamanya bisa dicek di sini. Di link itu tadi juga bisa donlot sendiri formulir pencairan supaya lebih well prepared sebelum sampe di kantor Jamsostek.

Saya cuman duduk antri bentar. Pas giliran saya maju, saya disuru ngeluarin dokumen persyaratan baik asli maupun fotokopinya. Saya salut verifikasinya detil juga. Mbak cs-nya teliti banget nyocokin data saya. Kadang dia tanya biodata saya. Mungkin tujuannya nyocokin data apa bener saya orang yang asli berhak nyairin, bukan orang yang malsu data demi dapet duit. Verifikasinya cepet kok. Trus saya disuru geser nunggu antri di kasir sebelah.

Oia, saya sempet tanya-tanya. Yang pertama, kalo kartu asli Jamsostek ilang kita tetep bisa ngeklaim dengan surat keterangan kehilangan dari polisi yang nyebutin no kartu anggota. Kedua, seandenya peserta Jamsostek meninggal apakah ada time limit pencairan untuk ahli warisnya. Saya pernah denger cerita di kantor ada ahli waris yang nyairin Jamsostek almarhum suaminya tapi ditolak karna dah telat. Ternyata jawaban mbak cs, ga ada time limit aliyas kapan aja nyairin bisa kok. Saya juga baca persyaratan ga ada time limit begitu. Jadi, kita sendiri kudu lebih aware dan kritis kalo ada petugas Jamsostek yang resek atow mempersulit.

Ruang Tunggu Kasir & Bank


Ngantri di kasir justru yang lumayan lama. Saya itung ada sekitar lima orang sebelum saya. Pas giliran saya maju ke kasir, saya cuman disuruh tanda tangan. Duitnya diambil dari Bank Mandiri yang kasirnya ada di sebelah juga. Saya emang sengaja ambil pilihan ambil cash sekaligus. Kalo duitnya minta ditransfer bisa juga sih cuman saya pernah denger butuh beberapa hari. Saya kan butuh duitnya sekarang :p

Saya itung duitnya pas juga. Sebelum berangkat ke sana, saya liat saldo di sini dan cocok tuh. Malah nambah soalnya bunga bulan November belum diperhitungkan. Saya juga mengapresiasi Jamsostek dan Bank Mandiri dalam hal ini soalnya recehan pecahan terkecil pun dikasi. Maklum aja, jaman sekarang duit seratus atow dua ratus kan biasanya diganti ama permen hehehe…..

 
3 Comments

Posted by on November 18, 2011 in experince

 

3 responses to “Pencairan JHT di Makassar

  1. Zimam

    November 29, 2011 at 7:29 pm

    makasih infonya..soalanya saya juga mau nyairin di kantor makassar..

     
    • Wina Dahlan

      December 1, 2011 at 9:12 am

      senang bisa membantu🙂

       
  2. intan

    December 28, 2011 at 10:05 am

    woy..
    saya baru bisa bulan mey tahun depan ini ihiiii 5 bulan lagi🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: