RSS

Atlet Oh Atlet

24 Nov

Perhelatan SEA Games 2011 baru aja berakhir. Regardless persiapannya yang menuai banyak kontroversi karna fasilitasnya yang mepet jadinya (karna dikorupsi kali ye), saya ikutan syeneng donk kalo Indonesia jadi juara umum. Penantian yang lama jadi juara umum lagi. It’s been more than 10 years!!

Karna jadi juara umum, banyak atlet Indonesia yang dijanjiin dapet bonus. Saya ga ngerti tepatnya bonusnya berapa ya. Tebakan saya bonus sekitar puluhan ampe ratusan juta rupiah. Moga-moga aja pemerintah beneran ngasi bonus itu dan bukan sekedar janji manis.

Banyak media yang ngasi berita mantan atlet hidupnya beda 180 derajat saat mreka jaya. Misalnya nasib Ellyas Pical yang jadi security pas pensiun. Bahkan dia ngelarang anaknya jadi petinju soalnya masa depannya ga menjajikan. Kebetulan pas mo nulis ini, ada berita ini. Saya ikut prihatin akan nasib mreka yang habis manis sepah dibuang.

Kek para pejuang kemerdekaan, seharusnya atlet patut dihargai oleh pemerintah. Mreka kan juga mengharumkan nama bangsa. Kalo emang mreka lagi di masa puncak prestasi layak dapet hadiah atow bonus, ya dikasi beneran donk. Janji manis tanpa realisasi tuh menyakitkan taukkk. Jangan sampe mreka tanding/lomba pake modal sendiri. Iya kalo mreka dari keluarga ekonomi mampu, lah kalo ga kan kasian padahal sebenernya dia bagus banget keampuannya.

Slaen itu, pemerintah sebaiknya membekali pengetahuan atow skill laennya setelah pensiun. Artinya kalo dia dah bertambah umurnya dan ga jadi atlet lagi, apa yang kudu dilakukan supaya survive. Salah satunya diikutin edukasi financial planning. Perlu juga loh soalnya kadang ada atlet yang jadi OKB (orang kaya baru) trus jadi biasa hidup mewah tanpa mikir masa pensiun. Trus kalo pensiun nuntut pemerintah minta diperhatiin. Kalo emang dah pensiun kan setiap individu kudu mampu me-manage kehidupan termasuk penghasilannya sendiri. Jadi seharusnya ada balancing antara pemerintah apresiasif dengan atlet yang mampu mandiri.

PS:
Selama tiga taun lebih saya ngeblog, baru kali ini saya nyetak hattrick. Nyadar ga hari ini saya nulis tiga postingan?πŸ™‚

 
4 Comments

Posted by on November 24, 2011 in happening, thoughts

 

4 responses to “Atlet Oh Atlet

  1. Asop

    November 24, 2011 at 7:44 pm

    Mari kita terus meratapi nasib bangsa ini.😐

     
    • Wina Dahlan

      November 28, 2011 at 8:03 am

      then act for better lifeπŸ™‚

       
  2. Allhands

    November 26, 2011 at 10:43 am

    Kalo dulu atlet “padamu negeri” Win, sekarang “padamu negeri, mana masa depan kami?”…
    Jaman sekarang sudah bukan waktunya “padamu negeri” doang…πŸ™‚ Lihat aja mal di kawasan tertentu di Jakarta yang biang kemacetan, karena yang punya merasa udah sangat berjasa banget sama negeri ini sehingga nggak diatur oleh generasi penerus…πŸ™‚

     
    • Wina Dahlan

      November 28, 2011 at 8:04 am

      “Padamu negeri” jaman sekarang kan relatif banyak jadi bisa aja tafsirnya macem-macemπŸ˜€

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: