RSS

Deteksi Dini Osteoporosis

24 Nov

Lagi-lagi saya nulis pengalaman tentang kesehatan. Berhubung hari Senin tanggal 20 November 2011 di kantor saya diadakan cek tulang untuk deteksi osteoporosis, saya ga mau ketinggalan donk. Mumpung masih muda kan bisa dideteksi secara dini berpotensi osteoporosis atow ga.

Agak kecewa sih ternyata program ini diselenggarakan ama produsen effervescent Pro****l. Ujung-ujungnya kalo mau dipriksa ya kudu beli produknya. Cincai lah beli produknya dua strip yang harganya goceng. Dengan modal goceng (dan ternyata dibayarin temen pula), bisa ngecek keadaan tulang.

Sebelah tumit diolesi jelly. Terserah mo pake kaki kiri atow kanan. Biasanya kaki kiri hasilnya lebih jelek. Sebaliknya, kalo yang kidal biasanya kalo pake kaki kanan biasanya hasil tulang lebih jelek. Trus telapak kaki ditaruh dalem alat khusus cek tulang. Dalam beberapa menit keadaan tulang kita dibaca ama alat.

Hasilnya muncul dalam grafik dan tulisan. Saya sih lebih seneng liat grafiknya. Dalam grafik kliatan ada tiga zona, yaitu warna hijau paling atas (normal), warna kuning di tengah (gejala osteoporosis), dan warna merah paling bawah (tulang keropos). Hasil print out bisa skalian diambil kok. Alhamdulillah hasil tulang saya masih normal di zona hijau🙂

Orang usia 40 lebih dibilang normal kalo masuk kategori kuning. Faktor U (umur) pastinya yang bikin tulang keropos. Untuk mengurangi resiko itu, disarankan minum susu kalsium tinggi dan/atow effervescent mengandung kalsium.

Surprisingly banyak temen yang semurun ama saya tapi dah kena gejala osteoporosis. Penyebabnya jelas kurang kalsium dan kemungkinan kurang olahraga. Rata-rata pola hidup temen saya yang seumuran emang gitu. Ternyata ada poster yang menyatakan 2 dari 5 orang Indonesia emang beresiko kena osteoporosis. Pantesannnn….. Solusinya, makan makanan yang mengandung kalsium (ikan mairo di sini katanya kalsium tinggi) dan minum susu kalsium atow effervescent kalsium. Kalo mau kita bisa minum vitamin kalsium dengan konsultasi dokter dulu. Jangan lupa juga olahraga ya neikkkk, minimal jalan kaki lah🙂

 
Leave a comment

Posted by on November 24, 2011 in experince, office

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: