RSS

Latian Sikat Gigi

19 Jan

Bulan lalu saya dah beliin Andra sebuah sikat gigi ama odol. Niatnya emang saya mo ngajarin lebih dini sikat gigi. Waktu itu giginya Andra dah empat.

Saya beliin sikat gigi yang paling kecil ukurannya. Lumayan banyak pilihannya dan lucu-lucu tapi saya pilih yang cocok buat cowok. Pilihan jatuh pada sikat gigi mungil warna biru ini. Kalo milih odol, saya agak bingung sih soalnya kebanyakan buat anak-anak. Kalo liat kandungannya keknya terlalu berat buat Andra. Untungnya ada satu odol yang tinggal satu biji. Saya lebih yakin soalnya tulisannya buat bayi 6 bulan ke atas. Rasanya pisang

Niat mo ngajarin sikat gigi belum terlaksana juga. Kalo saya baca petunjuk odolnya kan anak kudu diajarin kumur dulu supaya ga tertelan. Gara-gara itu saya males lupa deh. Saya cuman sukses ngajarin gimana cara sikat gigi. Alhamdulillah Andra sekali diajarin langsung ngerti. Kalo ada sikat gigi trus dia ditanyain gimana sikat gigi. Dia pasti masukin sikat gigi ke dalem mulut sambil senyum-senyum unjuk gigi heheh🙂

Beberapa hari lalu ada hal yang maksa saya disiplinin Andra sikat gigi. Saya kok ngerasa Andra punya bau mulut yah. Ini dibenerin ama sodara yang bantu ngasuh Andra. Yang bikin kaget nih, ada noda kuning dikit di gigi atasnya. Wahhhh gawat banget nih. Jangan sampe giginya rapuh gara-gara ga disikat sejak dini. Apalagi sekarang giginya Andra nambah dua lagi. Saya liat pinggir-pinggir giginya juga ada tanda mo tumbuh gigi-gigi brikutnya.

Saya sendiri sejak kecil dah disiplin sikat gigi. Alhamdulillah saya ga pernah ada masalah ama gigi. Pernah sih palingan gigi bolong tapi ditambal dikit trus ga pernah masalah lagi. Kalo gigi agak ga rata sih wajar tapi ga parah kok. Saya ga pernah kepikiran pake behel gigi buat ngerapiin apalagi buat gaya-gayaan doank. Saya pengennya anak-anak minimal kondisi giginya kek emaknya gitu deh.

Akhirnya malem itu juga, sebelum tidur Andra saya kasi contoh sikat gigi. Dia excited banget pengen niru. Saya kasi odol dikit banget di sikatnya trus saya sikatin giginya Andra pelan-pelan. Kadang dia pegang sendiri tapi saya pegang tangannya juga. Kalo kumur saya pake air minum yang direbus supaya hangat. Saya ga terlalu kuatir dia nelen air dan odolnya sih. Kebetulan kalo dia minum dari gelas kan suka disemburin tuh airnya heheh. Ada untungnya kalo buat kumur. Lama-lama kan dia bakal ngerti juga sikat gigi tuh gimana dan buat apa.

Sekarang Andra punya jadwal rutin sikat gigi sehari tiga kali. Yang pertama bangun tidur pas mandi pagi. Kedua pas mandi sore. Ketiga sikat gigi sebelum tidur. Alhamdulillah dia ga bau mulut lagi. Moga-moga saya juga konsisten ngelatihnya. Amin.

PR saya brikutnya adalah toilet training. Sebenernya pas Andra umur satu taun saya dah mulai ngelatih. Saya beberapa kali ngedudukin dia di potty seat. Saya juga beliin pispot kecil buat alternatif laen. Lah tapi kok dia malah nangis kalo didudukin gitu. Jadinya saya males dan kurang konsisten lagi. Ntar aja kali yah kalo umur 1,5 taun deh. Saya niat konsisten lagi😀

 
Leave a comment

Posted by on January 19, 2012 in daily, experince, kiddos

 

Leave a Reply

 
