RSS

Why I Love Makassar

10 Feb

Sejak awal saya emang prefer dapet penempatan di Makassar kalo kudu luar Jawa. Alasannya saya dah pernah ke sana hehehe… Menurut saya kotanya cukup maju. Maksud saya kan mending skalian tinggal di kota metropolitan di luar Jawa daripada di kota kecil laennya.

Terbukti setelah dua taun saya di sini saya bersyukur banget. Iya lah secara Makassar kan merupakan gerbang masuk ke KTI. Kalo mau ke kota-kota di Sulawesi, Maluku, dan Papua pastilah pesawatnya transit di sini. Apalagi ada rute baru direct flight Makassar-Singapura. Moga-moga rute ke Filipina langsung dari Sulawesi dibuka lagi ya neik. Trus moga-moga low-cost airlines juga banyak rute dari/dan ke sini ya *doa khusus para perantauan*.

Fasilitas umum di sini juga lumayan komplit. Di sini banyak berserakan ATM, kantor pos, jasa pengiriman (including kontainer dan kargo), bank, lembaga keuangan, tempat rekreasi, warkop (yang merakyat maupun elit ada deh), mall, money changer, hmmm….. trus apa lagi. You name it lah keknya dah ada di sini semua.

Contohnya bank di sini macem-macem. Bank Indonesia ada (rumah dinesnya bagus di daerah Alauddin heheh). Semua bank BUMN dah ada. Bank swasta dalam negri ada kek BCA, Panin, CIMB Niaga, OCBC NISP, Mutiara, Danamon, Bumiputera, Mega (di sini berkuasa juga soalnya pemegang saham kan termasuk putra daerah sini)dan BTPN. Bank daerah slaen Bank Sulawesi, ada juga BJB loh. Bank syariah macem Bank Muamalat, Bank Syariah mandiri, dan beberapa bank syariah dari bank swasta juga ada. Bank asing lumayan komplit kek Standard Charter, Commonwealth, dan ANZ. Sayangnya Citibank dan HSBC belum ada. Rabbobank pun ada (bank swasta atow asing sih?).

Waktu saya butuh asuransi, banyak juga macem-macem perusahaan asuransi yang dah ada cabangnya. Bahagianya diri ini pas survey kan ga perlu bingung (regardless of mostly kurang ramah dan tanggapnya pelayanan dari orang-orang sini). Asuransi spesialis syariah ada Takaful. Sayangnya Mubarakah dah ga ada lagi. Asuransi punya pemerintah macem Askes, Taspen, Jasindo, Jamsostek, dan Jasa Raharja. Asuransi umum (baek lokal mopun asing) ada Zurich, Allianz, AXA, Manulife, Prudential, Avrist, Bumi Asih Jaya, Ramayana, ACA, Garda Oto, Sinar Mas, Adiran, dan kalo ga salah Dayin Mitra pun ada. Itu belum termasuk perusahaan asuransi yang satu grup ama banknya kek Mega, Panin, Bumiputera, dsb.

Yang demen investasi reksadana mopun saham ga usah kuatir. Di sini ada cabang IDX aliyas BEI. Ada juga perusahaan sekuritas macem E-trading, Mega Capital Indonesia, Trimegah, Batavia, dan MNC (sayangnya asset management belum ada). Yang demen reksadana bisa inves langsung ke MI kek Mega Asset Management, Batavia, Trimegah, Danareksa, Manulife. Kalo ga ada MI-nya kan bisa via bank kek pada umumnya.

Tempat perbelanjaan dan tempat makan di sini juga cukup. Ada yang konsep mall, grosir, kebutuhan rumah tangga, IT center, dsb. Kalo tempat makanan juga relatif lengkap loh. Ada makanan padang, palembang, jawa, makanan lokal beberapa daerah di SUlawesi juga ada, ambon, kalimantan. Maichi aja ada loh di sini hihihi. Kalo makanan fast food so pasti ada lah.

Tempat rekreasi banyak juga. Kalo pantai dan pulau-pulau kecil banyak. Daerah sejuk macem Puncak juga ada. Wisata alam dan buatan banyak. Bahkan di sini lagi giat bangun waterboom. Sebenernya beli rumah buat inves di sini juga okeh. Kalo saya pribadi belum tergugah soalnya prioritas punya rumah inves di Surabaya where I intend to retire someday.

Media informasi banyak. Yang jawara di sini (menurut saya sih) adalah harian Fajar yang merupakan Jawa Pos grup. Gedung Graha Pena di sini juga ada loh. TV lokal di sini cuman satu yang dah berafiliasi ama Kompas TV. Radio juga banyak. Radio yang punya network nasional adalah Delta, Smart, I Radio, dan Prambors.

Supermarket macem-macem di sini. Supermarket yang guede Giant aja yang belum masuk sini. Kalo Hypermart, Carrefour, Lotte Mart dah ada. Minimarket mulau taun 2011 dah masuk sini macem Alfa Mart, Indomaret, dan Circle K.

Hotel dan Rumah sakit juga lagi giat dibangun. Hotel yang punya network nasional mopun internasional ada Sahid, Aryaduta, Aston, Mercure, Santika, trus apa lagi ya bingung heheh. Swiss-bell lagi dibangun kalo ga salah. Rumah sakit yang punya network paling baru Awal Bros. Lagi progress pembangunan adalah Siloam. harapan saya sih makin banyak RS yang profesional soalnya selama ini RS yang ada pelayanannya di bawha standar (saya).

Lembaga pendidikan yang merupakan fasilitator dengan universitas luar negri lumayan loh. Yang ngetop ada IDP, Alfa Link, dan Edu World. Sering loh di sini diadakan pemeran pendidikan luar negri dari Cina, Australia, Swiss, Amerika, dsb.

Soal entertainment komplit juga. Saya ga ngomongin soal red district mopun dugem ya. Lebih spesifik saya ngomongin soal artis-artis yang manggung di sini banyk juga. Dalam sebulan pokoknya adalah artis ibukota yang ke sini. Kalo artis luar yang pernah manggung di sini ada Mr. Big, Christian Bautista, Firehouse, trus apa lagi yahhhh… Yang upcoming events sih 3 boiben mo manggung di sini. Ada A1, Blue, dan 98 Degrees bersamaan manggung. Saya mah dah beli tiketnya, itung-itung sebagai obat ga nonton NKOTBSB wkwkwk :p

 
2 Comments

Posted by on February 10, 2012 in announcement, daily, experince, thoughts

 

2 responses to “Why I Love Makassar

  1. Ade Chandra

    February 10, 2012 at 4:16 pm

    kuantitasnya udah beragam ya, semoga dibarengi dg kualitas juga. btw aq masih blm nemu banyak tempat ngopi + wifi yg murmer hehehe…😀

    sempat bahas tt rumah di SBY, jadi kangen juga sama kota tercinta hehehe😀
    sejauh-jauh burung terbang pasti akan kembali ke sarangnya…yuksss😛

     
    • Wina Dahlan

      February 13, 2012 at 1:57 pm

      Ada kali tapi ada yang males jauh2 dari rumah😛

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: