RSS

PPh 21

07 Mar

Mumpung bulan Maret adalah bulan deadline pelaporan pajak (PPh 21 khususnya), saya mo nulis singkat ahhhhh. Buat yang belum gitu ngeh, PPh 21 (pajak penghasilan pasal 21 UU Perpajakan) adalah potongan pajak atas penghasilan atau gaji seseorang. Saya ga mau njlentrehin cara perhitungannya kok soalnya saya dah lupa teorinya. Lagian jaman sekarang kan dah pake sistem. Kalo gajian mah otomatis kepotong pajaknya.

Kembali ke laptop nih, fasilitas PPh 21 seharusnya dijadiin salah satu pertimbangan kalo nyari kerja di perusahaan bonafid. Eh ini berlaku bagi yang bermental pegawai kek saya loh yah :p Kalo perusahaan kecil mah pasti PPh 21 dibayar sendiri oleh pegawai. Kalo perusahaan besar (kebanyakan BUMN selama ini yang saya tau) ada yang ngasi fasilitas PPh 21 ditanggung perusahaan.

Misalnya nih gaji Mawar (bukan nama sebenernya, emangnya korban perkosaan??) 10 jeti per bulan dan PPh 21 yang dipotong sebesar 1 jeti (misalnya loh yah, gag boleh protes soalnya itungan disetaunkan kan lebih ribet cyin). Gaji per bulan net (bersih) yang diterima Mawar per bulan cuman 9 jeti. Itu kalo kantornya ga nanggung PPh 21. Kalo ada fasilitas PPh 21 ditanggung, maka Mawar tetep nerima gaji per bulan 10 jeti. Pilih mana cobak? Kalo saya mah pastinya yang kedua donkkkk…..

Mulai paham kan maksud saya? Kalo kantor ga ada fasilitas itu, lumayan loh bayar PPh 21 sendiri (mana hasil bayar pajaknya gag jelas juga kan, banyak yang dislewengkan). PPh 21 sifatnya progresif juga cmiiw. Makin gede gaji, makin gede pajaknya. Kalo kita gajinya 20 jeti tapi kena pajak 2 jeti kan mayan to. Apalagi kalo liat laporan SPT Tahunan jadi 24 jeti bisa menohok keuangan pribadi/keluarga nih.

Kesimpulannya sih kalo boleh milih, pilihlah perusahaan yang ngasi tunjangan PPh 21, baik gaji maupun bonusnya. Heheheh gag mau rugi banget yah. Soalnya saya juga tau ada yang ngasi tunjangan itu buat gaji doank. Kalo ada bonus, pajaknya ga ditanggung kan mayan bok. Apalagi kalo bonusnya delapan digit, bisa dibayangin kan bayarnya sebrapa gede. Syukur-syukur lagi kalo perusahaan juga ngisiin laporan SPT Tahunan. Makin maknyuss kan🙂

Kantor kamu ada tunjangan pajak kah?

 
Leave a comment

Posted by on March 7, 2012 in office

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: