RSS

Jam Kerja

19 Mar

Memasuki dunia kerja, saya punya pengalaman beberapa kali soal jam kerja. Pada umumnya kantor punya jam kerja eight-to-five. Jam 8 pagi masuk dan pulangnya jam 5 sore. Slaen itu, ada beberapa kantor yang agak unik penentuan jam kerjanya.

Kantor saya sebelumnya punya jam kerja 8.30-17.30. Unik bukan? Enaknya saya ga perlu bangun terlalu pagi (maksudnya abis shalat subuh bisa molor lagi). Ga enaknya kalo pas bukan busy season, pulangnya mau ga mau kudu abis maghrib. Sebenernya kantor ini fleksibel kok jam kerjanya soalnya ga ada absennya. Yup, enak banget kannnn. Maklum dulu sifat kerjaannya suka ngendon di tempat klien baek dalam mopun luar kota. Tiap minggu kita kudu submit time sheet yang isinya summary kerjaan kita selama seminggu. Time sheet ini sebagai gantinya absen. Kalo telat ngumpulin time sheet, kita cuman terima gaji pokok doank. Uang lembur ama uang tambahan buat ke klien tertunda donk.

Yang saya suka dari jam kantor beginian nih, kalo pas ga ada kerjaan bisa ngabur. Apalagi depan kantor saya baru jadi Pacific Place, it’s a perfect place for li’l escape. Lebih ekstrem lagi, saya kadang-kadang suka ngilang hehehe… Saya bisa ga ngantor karna males ga ada kerjaan or emang ada keperluan laen such as tes kerja di tempat laen or blanja ke Tanah Abang wkwkwk… Sebenernya ini ajaran dari senior saya yang suka ngilang entah ke mana kalo lagi nganggur (bahkan lagi busy pun dia suka ngilang heheh). Saya mah maklum kalo suka ngilang soalnya kemungkinan ada panggilan interview di tempat laen kali yeee😀

Setelah saya resign dari kantor itu, saya masuk BUMN. Kantor sekarang ini juga unik jam kerjanya, yaitu 7-13.30. Sebenernya agak males saya kudu adaptasi pagi-pagi dah siap brangkat kerja setelah dua taun kebiasaan masuk kerja siang. Enaknya kan hari masih panas pun kita dah bisa pulang🙂

Malahan pas awal-awal saya pindah di Makassar, absensi yang berlaku masih tanda tangan secara manual. Kebiasaan orang-orang baru masuk efektif jam 7.30. Saya sendiri gara-gara ngliat kebiasaan orang-orang itu brangkat dari rumah baru jam 7 heheh :p Malah kalo puasa bisa-bisa orang-orang masuk jam 8an. Kalo pulang tetep tenggo, ga mau ngulang kesalahan lagi hihihihi… Yang penting kerjaan saya beres dan okeh🙂

Deep down inside of me I knew it was wrong. Saya sadar ketidakdisiplinan ini termasuk korupsi waktu *tsaaaahhhh*. Makanya begitu ganti GM di kantor, GM baru netepin absen finger print saya mah okeh-okeh ajah. Yang penting toleransi untuk ijin kluar kantor masih ada😉 Malah saya lebih disiplin manfaatin waktu sebelum brangkat kantor. Sejak peraturan ini diterapin, saya bisa mandiin ama nyuapin sarapan Andra. Kadang-kadang saya sempet masak juga loh.

Mulai Maret ini peraturan itu diubah dikit. Sekarang jam kerja mundur setengah jam jadi 7.30-16.00. Banyak yang protes suka telat kali ye heheh. Saya ga masalah toh dateng kantor tetep sebelum jam 7 *sombongggg* soalnya kudu cari parkiran yang enak wkwkwk😀

Jam berapapun jam kerjanya, yang penting kerjaan selse dengan baek. Yang penting diusahakan ga pake lembur soalnya waktu di luar kantor buat kluarga tuh penting banget. It’s priceless🙂

 
Leave a comment

Posted by on March 19, 2012 in experince, office

 

Leave a Reply

 
