RSS

Prihatin MBA

16 Oct

Saya jarang nonton acara infotainment. Namanya berita seleb ya cyin apalagi yang menyangkut aib pasti dibritain gede-gedean jadinya eike tau. Brita muncul di tv, koran, media elektonik, dsb. Yang bikin saya prihatin akhir-akhir ini banyak berita seleb yang MBA (married by accident) aliyas hamil dulu baru nikah. Parahnya jaman sekarang keknya udah biasa ajah gitu. Kecelakaan kek gitu bukan aib lagi.

Saya masih menghargai kalo ada artis yang nikah siri duluan.  Well, semoga emang beneran nikahnya bukan untuk maenan supaya legal berhubungan se* atau bukan karna udah punya istri/suami. Sesuai dengan syariat Islam (bagi orang muslim) kan kalo belum mampu nikah dan untuk menghindari zina adalah puasa. Menurut saya sih kalo emang bener-bener ga kuat nahan nafsu emang mending nikah secara sederhana. Salah satu caranya nikah siri (yang beneran loh).

Karna artis, otomatis dia jadi idola masyarakat awam. Ini nih dampaknya lebih luas. Orang awam jaman sekarang ajah banyak yang MBA. Saya sendiri shock banget dan prihatin ama temen-temen (acquaintances to be exact) di daerah-daerah (beberapa di remote area) MBA. Yang bikin ga respek lagi nih, pestanya besar-besaran cyin. Bandingin ama jaman dulu yang kejadian kek gini aib banget jadi nikahnya diem-diem. Yang lucu nih, ada yang jelas-jelas MBA tapi nunggu nikah pas tanggal cantik padahal perutnya si cewek gede pas pre-wed apalagi pas resepsi. Aduhh duhhh aya-aya wae.

Yang ga semua orang tau sebenernya wanita dalam keadaan hamil ga boleh dinikahi. Saya bukan ahli agama. Saya juga ga ngerti dalilnya. Kalo penasaran, sila googling sendiri yak. Saya pernah denger Mama Dedeh dan ustadz-ustadz laen di pengajian bilang kek gitu. Menurut saya masuk akal juga secara wanita hamil yang ditinggal mati oleh suaminya aja ga boleh nikah (masa iddah). Kalo pun jaman sekarang banyak yang MBA, itu kan bisa-bisanya manusia nutupin aib. Secara agama Islam sih nikahnya tetep ga sah. Kalo nikahnya lanjut tanpa pembaruan nikah ya tetep dianggep zina.  Solusinya setelah si wanita lairan, ya nikah sama bapaknya anaknya. Jangan sampe nikah ama cowok laen yang mau dijadiin tutup aib. Kalo dah terlanjur nikah pas hamil, ya nikah lagi setelah lairan.

For those of you yang dah tau masalah ini, tentunya wajib ngingetin orang atow kluarga yang bersangkutan supaya nikah ulang. Itu pun kalo kebetulan ada orang di sekeliling kita yang kek gitu. Jangan sampe ya amit-amit naudzubillah. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal kek gitu. Seandenya ada pelaku MBA yang baru tau, sebaiknya juga nikah ulang deh.

Sebelum mengakhiri postingan ini, saya ngajak para pembaca (kek ada yang abca ajah) buat berdoa. Semoga kita, keluarga, anak cucu dan keturunan kita someday dijauhkan dari hal-hal yang menjurus maksiat dan zina. Amin.

 
Leave a comment

Posted by on October 16, 2012 in happening, thoughts

 

Leave a Reply

 
