RSS

Category Archives: thoughts

Akhirnya Ambil Asji

Dua taun yang lalu dengan penuh pertimbangan akhirnya kami (saya dan suami) sepakat untuk ambil asji (asuransi jiwa, red). Kesepakatannya cuma ambil satu asji doank sih atas nama pak suami. Pertimbangan utama karena dia tulang punggung keluarga yang paling utama.

Saya hunting berbagai macem asji yang TL (term-life, red) dan kalo bisa yang syariah. Entah kenapa hati ini nyantol di asuransi syariah. Saya suka aja konsepnya TL syariah. Kalo premi tidak diklaim sampe jangka waktu akhir kontrak, premi bisa kembali jika ada laba korporasi (gue lupa istilahnya apa). Masalahnya setelah deal ama asuransi T ini, layanan purna-jualnya buruk.

Nah akhir taun 2012 tiba-tiba saya kepikiran ambil asji atas nama saya sendiri. Saya kan sempet itung-itungan kalo santunan yang didapet dari kantor berapa, eh ternyata kecil banget cyin. Ples mumpung usia belum kepala 3 neikkk. Kalo udah kepala 3 pasti mahalnyooo.

Setelah dapet approval dari suami, saya langsung hubungi asuransi M. Saya terpaksa ninggalin asuransi syariah T karna kapok ama servisnya yang buruk. Kebetulan, dulu sempet iseng-iseng tanya asuransi M untuk produk TL-nya ok (baca: murah dengan UP tinggi). Yang penting agennya ga reseh, ga berusaha ngenalin produk unitlink. Agen-agennya malah support dan nyaranin banget buat yang suka traveling. Nahhh cocok banget kan saya kan pengennya traveling terus (meski kebanyakan ga kesampean hehe). Branch manager-nya malah cerita dia juga ambil asji yang jenis ini.

Alhamdulillah jadi juga polis asji atas namaku sebagai proteksi keluarga, khususnya anak-anak. Semoga kami sekeluarga diberi kesehatan dan panjang umur. Semoga juga kami diberi rejeki terus untuk bayar premi taunan asji dan autodebet-autodebet untuk kepentingan lain-lainnya. AMIN.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on May 17, 2013 in experince, finance, thoughts

 

Save It For Rainy Day

Katanya mo konsisten nulis, tapi kok udah beberapa bulan vakum? I’ve got carried away in office jadi ngilangin mood nulis. Jangankan nulis, blogwalking aja udah males. Mumpung agak longgar dan ada mood nulis yuk mari baca postingan saya.

Harus saya akui saya mudah nabung tapi kalo ditanya berapa rata-rata nabung sebulan, pasti saya susah nyebutnya. Saya emang suka narget nabung berapa tapi itu cuma awang-awang ajah. Kalo direkon ama rekening tabungan keknya banyak selisihnya heheh….

Untung aja punya suami yang bisa saling ngisi kekosongan. Dia ini tipenya amat sangat rapi melebihi saya, termasuk soal keuangan. Sekitar satu taun blakangan kita bener-bener nerapin saving first after pay day. Setelah berhasil ngamanin saving ke rekening lain, baru deh kita susun proyeksi pengeluaran sebulan ke depan termasuk tagihan kartu kredit. Alhamdulillah it works! Disiplin nabung dan investasi tanpa ganggu duit operasional dan dana darurat.

Minusnya cuman satu bagi saya, yaitu akhir bulan berasa miskin heheh… Biasanya kan rekening saving dan operasional kan nyatu jadi akhir bulan saldonya aman-aman ajah. Kalo sekarang akhir bulan pasti saldo menipis, bahkan rasanya mo narik rekening saving. However namanya rejeki ga akan ke mana. Biasanya ada suntikan dana dari hasil dinas, bonus, insentif, atau lain-lain terduga. Intinya saving kami per bulan slalu fix 🙂 Saving dipake untuk mencapai target kita beberapa taun mendatang.

 

 
 

Accidentally Trial

Hari Sabtu, 13 Oktober 2012 kita bertiga (saya, Andra, dan mami) jalan-jalan ngemol di TSM. Tumben-tumbennya saya ngajak muter-muter mol. Biasanya saya cuman betah ngunjungi di lantai basement doank particularly Carrefour. Nah, ga sengaja saya digiring ikutan promo opening preschool baru.

Namanya IOP preschool. Bisa ditebak ini preschool anggota dari preschool luar negri, UK lebih tepatnya. Promo ini ngajakin anak-anak sekaligus trial. Awalnya Andra ga mau diajak maenan ke situ. Saya terpaksa turun tangan “nyebur” ke arena permaenan. Saya dampingi terus Andra sampe dia mau maen sendiri. Meskipun dia dikelilingi ama guru-gurunya tapi dia ga respon tuh heheh…

Selagi Andra maenan, saya nyuri waktu minta info tentang sekolah ini. Mami sebagai neneknya Andra juga udah dikasi info tentang program sekolah ini. Konsepnya bagus sih belajar lewat maenan. Apalagi maenannya impor bahkan beberapa perabotnya pun kluaran Ikea cyin. Guru-gurunya juga proaktif dan atraktif.

Yang agak ga sreg adalah bahasa pengantarnya. Sekolah ini pake full english. Saya setuju banget sih sedini mungkin anak diajarin pake bahasa internasional, tapi kita kan orang Indonesia yang tinggal di Indonesia. Kalo sejak kecil terbiasa pake bahasa Inggris, jangan-jangan ntar Andra ngomongnya pake logat cincha lawra. Saya ga rela kalo anak saya ga bisa jadi tuan rumah di negara sendiri. Apalagi konsekuensi dari belajar bahasa asing adalah belajar budayanya juga. Jangan sampe sejak kecil anak terbiasa ama budaya asing tapi ga kenal budaya nasional kita. Buat apa ikrar Sumpah Pemuda donk ya ya ya!!

Resistensi saya soal ini juga didukung ama diskusi di milis. Kebetulan temen saya lulusan Sastra Inggris ngirim link ini. Mayoritas komentator mendukung pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar tanpa dicampur bahasa Inggris supaya bahasa Indonesia ga punah. Nah, kalo gitu sebagai ortu sudah sewajarnya kita dorong anak-anak berbahasa Indonesia yang baik dan benar sejak dini. Kalopun pengen ngajarin bahasa asing, sebaiknya anak diajarin bilingual. It’s just my two cents.

Sejak trial yang ga sengaja itu, saya sering dapet telfon dan sms buat trial lebih lanjut. Sayangnya, jadwalnya slalu ga pas soalnya pas jam kerja sih. Oia, awalnya sekolah ini pasang harga 75k buat trial tumble tots (age 3-5 yo). Entah karna sepi peminat atau gimana, lama-lama free. Aiiiihhh sebenernya kalo gretongan gini, eikeh lumayan sangat berminat. Apa daya waktunya belum cocok. Terakhir saya pesen sih kalo telfon/sms jangan dadakan, minimal 2-3 hari sebelum hari H supaya saya bisa atur ijin bentar kluar kantor heheh 🙂

Beberapa hari yang lalu saya bangun tidur. Saya baru sadar bahwa taun depan Andra bakal umur 3 taun. Waktu yang ideal buat mulai sekolah playgroup, PAUD, preschool, or whatsoever lah. Saya belum survey samsek. Saya cuman tau beberapa preschool yang deket kantor apa aja, termasuk IOP ini tinggal ngesot dari kantor. Kalo preschool deket rumah ga mungkin ada dalam waktu deket. Ada hikmahnya juga ya kemaren ketemu ama IOP, saya jadi lebih waspada.

 

 
Leave a comment

Posted by on November 13, 2012 in experince, kiddos, thoughts

 

Prihatin MBA

Saya jarang nonton acara infotainment. Namanya berita seleb ya cyin apalagi yang menyangkut aib pasti dibritain gede-gedean jadinya eike tau. Brita muncul di tv, koran, media elektonik, dsb. Yang bikin saya prihatin akhir-akhir ini banyak berita seleb yang MBA (married by accident) aliyas hamil dulu baru nikah. Parahnya jaman sekarang keknya udah biasa ajah gitu. Kecelakaan kek gitu bukan aib lagi.

Saya masih menghargai kalo ada artis yang nikah siri duluan.  Well, semoga emang beneran nikahnya bukan untuk maenan supaya legal berhubungan se* atau bukan karna udah punya istri/suami. Sesuai dengan syariat Islam (bagi orang muslim) kan kalo belum mampu nikah dan untuk menghindari zina adalah puasa. Menurut saya sih kalo emang bener-bener ga kuat nahan nafsu emang mending nikah secara sederhana. Salah satu caranya nikah siri (yang beneran loh).

Karna artis, otomatis dia jadi idola masyarakat awam. Ini nih dampaknya lebih luas. Orang awam jaman sekarang ajah banyak yang MBA. Saya sendiri shock banget dan prihatin ama temen-temen (acquaintances to be exact) di daerah-daerah (beberapa di remote area) MBA. Yang bikin ga respek lagi nih, pestanya besar-besaran cyin. Bandingin ama jaman dulu yang kejadian kek gini aib banget jadi nikahnya diem-diem. Yang lucu nih, ada yang jelas-jelas MBA tapi nunggu nikah pas tanggal cantik padahal perutnya si cewek gede pas pre-wed apalagi pas resepsi. Aduhh duhhh aya-aya wae.

Yang ga semua orang tau sebenernya wanita dalam keadaan hamil ga boleh dinikahi. Saya bukan ahli agama. Saya juga ga ngerti dalilnya. Kalo penasaran, sila googling sendiri yak. Saya pernah denger Mama Dedeh dan ustadz-ustadz laen di pengajian bilang kek gitu. Menurut saya masuk akal juga secara wanita hamil yang ditinggal mati oleh suaminya aja ga boleh nikah (masa iddah). Kalo pun jaman sekarang banyak yang MBA, itu kan bisa-bisanya manusia nutupin aib. Secara agama Islam sih nikahnya tetep ga sah. Kalo nikahnya lanjut tanpa pembaruan nikah ya tetep dianggep zina.  Solusinya setelah si wanita lairan, ya nikah sama bapaknya anaknya. Jangan sampe nikah ama cowok laen yang mau dijadiin tutup aib. Kalo dah terlanjur nikah pas hamil, ya nikah lagi setelah lairan.

For those of you yang dah tau masalah ini, tentunya wajib ngingetin orang atow kluarga yang bersangkutan supaya nikah ulang. Itu pun kalo kebetulan ada orang di sekeliling kita yang kek gitu. Jangan sampe ya amit-amit naudzubillah. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal kek gitu. Seandenya ada pelaku MBA yang baru tau, sebaiknya juga nikah ulang deh.

Sebelum mengakhiri postingan ini, saya ngajak para pembaca (kek ada yang abca ajah) buat berdoa. Semoga kita, keluarga, anak cucu dan keturunan kita someday dijauhkan dari hal-hal yang menjurus maksiat dan zina. Amin.

 
Leave a comment

Posted by on October 16, 2012 in happening, thoughts

 

Hobi

Hobi adalah hal sepele tapi penting. Karna hobi, seseorang jadi lebih enjoy berteman atau bahkan milih jodoh. Karna hobi, seseorang bisa dapet kerja di perusahaan idaman. Karna hobi, seseorang bisa jadi pengusaha.

Apa hobimu?

Kalo dulu pas saya masih single, hobi saya baca dan dengerin musik. Saya demen baca koran, majalah, cerpen, novel-novel yang bagus ceritanya menurut saya tapi gag ketebelen halamannya heheh…. Saya juga suka baca buku-buku yang knowledgeable alias bisa nambah wawasan secera general.

Soal dengerin musik, saya lebih suka dengerin radio sih lebih tepatnya. Enaknya dengerin radio kan lagu-lagunya macem-macem so ga ngebosenin. Tujuan utama sih update lagu-lagu tapi biasanya ada stasiun radio yang bikin acara lagu-lagu 80-90’s misalnya atow tema love song. Yang penting juga radio yang didengerin ga kebanyakan cuap-cuap penyiarnya heheh… Lama-lama bosen kan dengerin cuap-cuap ga penting penyiar.

Now I’m a mother of a son. Kalo ditanya hobi, keknya saya kudu mikir. Abisnya saya ngerasa ga punya hobi hihihi… Intensitas baca saya menurun donk. Saya palingan update berita dengan baca koran atow buka koran online di kantor *gag modal*. Nonton TV aja jarang soalnya TV di rumah cuman satu di ruang tamu sekaligus ruang keluarga. Kalo malem kan banyak nyamuknya jadi saya males la yaw kalo diciumin nyamuk :p Beli buku buat bacaan aja jarang. Lha wong saya beli buku GMAT 2008 aja sampe sekarang belon khatam *ada unsur mikirnya sih*. Blakangan aja saya pinjem buku kakak saya. Lumayan buat bacaan kalo malem pas Andra dah bobok 😀

Dengerin musik pun jarang. Saya update lagu palingan kalo abis baca berita lagu apa yang lagi happening hahah…berasa jadi kuper ya cyin. Trus baru cari lagunya di YouTube kalo pas di kantor *lagi-lagi gag modal, mampus juga gw kalo diblokir terus situs macem gini* Yang menggelikan, saya biasanya update lagu juga kalo pada ada temen yang punya selera musik sama ama saya upload video terbaru di fb wkwkwkw… Kalo ikutan seneng lagu itu, saya pasti download lagunya plus nyari teksnya. Bahkan, saya jadiin ringtone 🙂

Sejak jadi ibu juga, sebenernya saya lumayan rajin masak. Masakan saya standar masakan rumahan sih. Saya biasanya kalo nemu resep yang lumayan gampang (pokoknya bahan ada di dapur deh) saya praktekin. Itu pun saya prakteknya kalo wiken doank. Ples catetan lagi kalo Andra ga nempel kek prangko ama saya hihihi… Brubung saya ga punya bakat pamer di blog, saya pun jarang bisa update macem-macem resep yang saya coba. Lagian, penampilannya biasanya masih kurang menarik (padahal rasanya pasti maknyusss). Yang penting saya usahain masakan rumahan yang bebas vetsin buat keluarga kecil saya. Saya aja juga lebih suka bawa bekal dari rumah karna slaen lebih sehat, hemat, masakan dan rasanya pun lebih enak daripada masakan kantin *takut digebukin orang satu kantor* Suami pun lebih respek dan demen ama masakan saya. Nah, itu merupakan kenikmatan tersendiri jadi perempuan 😀

 
Leave a comment

Posted by on February 22, 2012 in experince, thoughts